Tips Melancarkan Peredaran Darah Dengan Makanan Sehat

image: brookdalehospital.org
Di dalam tubuh, darah mempunyai fungsi yang amat penting. Sehingga ketika peredaran darah berlangsung secara tidak lancar, maka kita harus segera bertindak untuk memperbaiki hal tersebut. Darah berfungsi sebagai penyedia oksigen, dan juga penyalur nutrisi ke dalam sel-sel di setiap organ yang ada di dalam tubuh. Ketika peredaran darah terganggu, maka bukan tidak mungkin jika fungsi organ di dalam tubuh akan mengalami gangguan. Salah satu cara untuk melancarkan peredaran darah bisa dilakukan secara alami, Sehingga aman bagi kesehatan tubuh, serta tidak menimbulkan masalah lain bagi tubuh kita.

Ketika peredaran darah di dalam tubuh kurang lancar, maka akan menimbulkan beberapa gejala tersendiri. Biasanya, ketika sirkulasi darah berjalan kurang ancar maka tangan maupun kaki anda akan merasa dingin, meskipun pada saat cuaca panas. Kemudian, energi ataupun stamina akan berkurang, sehingga tubuh anda akan terasa lemas dan malas untuk beraktifitas. Lebih parahnya, peredaran darah yang tidak lancar juga akan menimbulkan sesak nafas, serta denyut jantung yang tidak teratur. Untuk mencegah terjadinya penyakit akibat peredaran darah kurang lancar, seseorang harus menerapkan gaya hidup sehat, seperti makanan dan minuman yang sehat serta olahraga teratur.

Meskipun terlihat sepele, melancarkan peredaran darah bukanlah sebuah hal yang mudah. Seseorang membutuhkan waktu yang cukup  untuk menormalkan sirkulasi darah di dalam tubuh. Tingginya kolesterol di dalam darah juga bisa memicu terjadinya peredaran darah yang tidak lancar. Nah, untuk mengatasi semua masalah ini anda bisa menerapkan beberapa tips agar peredaran darah bisa berjalan dengan lancar dan normal, dengan cara alami berikut:

- Bawang putih
Rempah-rempah yang satu ini memang menyimpan beragam manfaat. Ketahuilah, bawang putih ternyata mampu membantu mereggangkan pembuluh darah dan meningkatkan produksi hidrogen sulfida pada pembuluh darah anda. Hal tersebut bisa membantu anda dalam melancarkan peredaran darah di dalam tubuh. Dalam penggunaannya, anda bisa mengkonsumsi bawang putih tersebut dalam kondisi mentah.

- Jahe
Jahe termasuk tanaman herbal yang berkhasiat untuk mengobati beberapa gangguan kesehatan. Mengkonsumsi jahe secara rutin, mampu membantu melancarkan sirkulasi darah di dalam tubuh anda. Cara mengkonsumsinya tidaklah sulit, anda cukup mengambil air dari jahe tersebut atau menjadikan jahe ini sebagai wedang / seduhan.

- Cabe dan paprika
Kedua bahan tersebut mampu membantu pemompaan peredaran darah di dalam tubuh. Dengan cara mengkonsumsi cabe ataupun paprika, peredaran darah akan kembali menjadi lebih lancar dan normal.

- Coklat
Ternyata, coklat juga mampu membantu melancarkan peredaran darah di dalam tubuh. Di dalam coklat mengandung flavonoid yang sangat bagus bagi kesehatan jantung. Dengan jantung yang sehat, maka pemompaan darah akan berlangsung secara maksimal.

- Jeruk
Jeruk merupakan buah yang mengandung vitamin C cukup tinggi. Vitamin C di dalam buah jeruk inilah yang mampu bekerja aktif dalam melancarkan aliran darah. Selain itu, vitamin C ini juga mampu mengencerkan darah yang membeku, sehingga dengan mengkonsumsi jeruk peredaran darah anda akan kembali lancar.

- Biji-bijian
Biji-bijian merupakan salah satu bahan makanan alami yang mengandung berbagai senyawa alami, dan mampu melancarkan peredaran darah di dalam tubuh. Dalam hal ini anda bisa mengkonsumsi semua jenis makanan biji-bijian.

Beberapa treatment dalam melancarkan peredaran darah tersebut, akan menjadi langkah alternatif yang tentunya akan memudahkan anda dalam menjaga kesehatan tubuh, serta menjaga sirkulasi darah tetap normal. Disamping mengkonsumsi beberapa jenis bahan makanan tersebut, seseorang juga dianjurkan untuk melakukan olahraga rutin, supaya proses metabolisme berlangsung dengan baik, serta sirkulasi darah tetap berjalan dengan lancar.
Artikel Terkait

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar