Cara Mengatasi Insomnia Dengan Langkah Yang Sehat

image: spectrum.vcu.edu
Mengatasi masalah insomnia dengan langkah alami, menjadi solusi paling aman bagi anda yang mengalami masalah ini. Gangguan tidur atau insomnia tidak hanya terjadi ketika seseorang terlalu banyak mengonsumsi minuman berkafein di saat malam hari. Namun, kebiasaan yang kurang sehat juga menjadi pemicu terjadinya insomnia. Dengan demikian, kita harus menerapkan gaya hidup sehat dalam melakukan pencegahan serta mengatasi insomnia dengan baik. Kebiasaan yang tidak baik akan memperburuk kesehatan kita dalam jangka waktu lebih lama.

Perlu anda tahu, Kesehatan tubuh dipicu dari gaya hidup terutama makanan yang dikonsumsi. Sehingga nutrisi di dalam makanan harus bisa memenuhi kebutuhan tubuh dengan baik. Pasalnya, Kekurangan nutrisi di dalam tubuh,  akan menyebabkan anda kurang fit sehingga dalam melakukan aktifitas bisa terganggu. Selain itu, pada saat nutrisi di dalam tubuh berkurang, maka beberapa gangguan kesehatan akan muncul, seperti gangguan sulit tidur atau insomnia. Mengatasi susah tidur atau insomnia dengan langkah sehat dapat dilakukan tanpa harus mengkonsumsi obat-obatan kimia. Terapi dengan cara alami akan lebih aman dan juga lebih hemat biaya.

Setiap orang bisa saja mengalami insomnia, baik usia muda maupun tua. Umumnya, pengidap insomnia ini akan kesulitan untuk tidur, namun mereka cenderung bangun lebih awal pada pagi harinya. Dengan demikian, sebelum masalah tersebut berlarut-larut, maka terapkanlah langkah alami berikut ini dalam mengatasi insomnia tersebut :

- Olahraga
Dalam mengatasi gangguan tidur, pertama adalah dengan membiasakan diri melakukan olahraga secara rutin. Beberapa jenis aktifitas olahraga bisa dilakukan di waktu sela, jika anda setiap harinya selalu sibuk. Misalnya bersepeda, lari pagi, sepak bola, ataupun yoga dengan tujuan utama untuk merileksasikan peregangan otot. Sehingga hal tersebut mampu membuat tubuh tetap fit, dan tidak mudah mengalami gangguan tidur.

- Kurangi merokok
Jika anda perokok, alangkah lebih baik jika anda menghentikan merokok supaya kesehatan tubuh tetap terjaga dengan baik. Perbanyak konsumsi sayur dan buah supaya kebutuhan nutrisi di dalam tubuh bisa terasupi secara optimal.

- Hindari minuman berkafein atau bersifat stimulan di malam hari
Hal tersebut karena bisa menjadi pemicu utama terjadinya insomnia. Misalnya kopi, teh, dan beberapa jenis minuman lainnya.

- Gunakan teh pala
Bahan alami ini mampu mengatasi masalah susah tidur dengan aman. Di dalam teh pala mengandung senyawa aromatik yang mampu meningkatkan rasa ngantuk. Sehingga ketika mengkonsumsi ramuan dari bahan ini, seseorang bisa merasa ngantuk serta cepat tertidur.

- Biji adas
Biji adas merupakan bahan tradisional yang juga mampu mengatasi insomnia. Di dalam biji adas ini mengandung beberapa senyawa alami yang akan menormalkan syaraf ketika kondisi tubuh sulit untuk tidur.

- Seledri dan biji pala
Bahan alami tersebut bisa digunakan sebagai ramuan alami untuk mengatasi insomnia. Cara penggunaannya cukup dengan merebus seledri dan biji pala menggunakan 3 gelas air. Biarkan sampai rebusan tersebut mendidih dan volume airnya berkurang menjadi 1 gelas. Untuk mengurangi rasa pahit dari rebusan tersebut, anda bisa menambahkan 1 sendok teh madu ketika akan mengkonsumsinya.

Disamping melakukan beberapa langkah di atas, seseorang juga perlu menerapkan kebiasaan hidup sehat. Yang mana seseorang harus mencukupi asupan gizi yang tepat, dan merubah kebiasaan buruk menjadi lebih baik yakni rutin berolahraga, dan tidur secara teratur.

Orang yang mengalami insomnia seringkali disertai dengan sakit kepala. Penyebabnya adalah terlalu banyak jumlah radikal bebas di dalam tubuh, sehingga hal itu menghambat proses peredaran darah yang menuju otak. Untuk itu bergeraklah menuju hidup sehat supaya tidak mudah mengalami insomnia.
Artikel Terkait

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar