Hilangkan Gatal-gatal Pada Kulit Dengan Bahan Alami Ini

image: mayoclinic.org
Gatal-gatal merupakan masalah kesehatan yang menyerang pada kulit tubuh. Penyakit ini bisa muncul karena berbagai penyebab, Dan setiap orang bisa saja mengalami masalah ini. Selain itu seseorang yang mengalami gatal-gatal, tentu akan merasa tidak nyaman dan tidak percaya diri, Terlebih ketika kulit yang gatal itu berada di bagian vital. Tidak hanya pada kulit tubuh, gatal-gatal juga bisa muncul di area wajah yang disertai bintik-bintik merah. Mengingat gatal-gatal ini sangat mengganggu, maka setiap orang perlu mengetahui cara untuk menyingkirkan gatal-gatal dengan cara alami dan juga mudah. Perlu diketahui, jika di sekitar kita terdapat berbagai bahan alami yang mampu menghilangkan gatal-gatal secara aman dan tidak menimbulkan efek samping.

Secara garis besar, gatal-gatal muncul akibat jamur ataupun bakteri yang menginfeksi pada bagian kulit. Biasanya bagian yang sering berkeringatlah yang paling mudah mengalami rasa gatal. Gatal pada kulit juga bisa meninggalkan bekas, sehingga warna kulit bisa berubah menjadi aneh, bahkan teksturnya juga mengalami perubahan akibat bakteri yang berkembang pada kulit. Menghilangkan gatal pada kulit, sebenarnya bisa diatasi dengan mudah. Sehingga seseorang bisa melakukan terapi yang alami, supaya gatal-gatal ini benar-benar hilang. Menghilangkan gatal-gatal dengan bahan alamilah menjadi solusi yang paling aman dan efektif untuk mengatasi masalah tersebut. 

Munculnya rasa gatal juga bisa disebabkan oleh beberapa faktor seperti gigitan serangga, kulit kering, terkena ulat bulu, kemudian terjadinya kadas ataupun kurap yang bisa memunculkan rasa gatal, disertai dengan rasa panas. Untuk mengatasi hal tersebut, terapkanlah beberapa cara menghilangkan gatal-gatal secara alami dengan bahan tradisional berikut :

- Cuka Apel
Mungkin tidak pernah disangka jika cuka apel bermanfaat sebagai penghilang gatal. Penggunaan bahan yang satu ini cukup mudah, dimana anda hanya meneteskan cuka apel di atas kertas, kemudian tempel pada bagian kulit yang merasa gatal. Lakukan cara ini secara rutin hingga gatal di kulit anda bisa hilang.

- Lidah buaya
Lidah buaya ternyata juga berkhasiat sebagai penghilang gatal-gatal pada kulit. Cara penggunaannya tidak sulit, cukup dengan memotong lidah buaya kemudian oleskan ke bagian kulit yang terasa gatal. Diamkan hingga terasa kering, kemudian cuci menggunakan air hangat. Aloe vera di dalam lidah buaya ini juga mampu membuat kulit menjadi terasa lebih dingin.

- Ketimun
Ketimun tidak hanya bermanfaat untuk menurunkan tekanan darah tinggi saja, namun juga bermanfaat untuk mengatasi masalah kulit gatal ataupun ruam. Cara pemanfaatannya cukup dengan memarut ketimun ini hingga halus, kemudian tempelkan di bagian kulit yang gatal. Dengan rasa dingin yang ditimbulkan dari ketimun tersebut, maka rasa gatal akan berkurang secara sedikit demi sedikit.

- Kulit pisang
Bahan yang satu ini memang terdengar cukup aneh. Banyak orang yang tidak menyangka jika kulit pisang itu berkhasiat dalam mengatasi masalah gatal-gatal. Penggunaannya cukup mudah, tempelkan kulit pisang yang bagian dalam pada kulit yang terasa gatal. Dengan cara menempelkan kulit pisang tersebut, Sambil lakukan pemijatan halus hingga rasa gatal berkurang. 

- Lemon
Lemon merupakan salah satu bahan alami yang mampu menghilangkan gatal-gatal pada kulit anda. Caranya menerapkannya, Belah buah lemon menjadi dua, kemudian gosokkan pada kulit yang terasa gatal. Efek perih yang muncul dari cairan lemon tersebut, akan mengurangi rasa gatal pada kulit anda.

Beragam tips mengatasi gatal-gatal secara alami tersebut, bisa anda jadikan sebagai solusi terbaik supaya anda bisa terhindar dari gatal-gatal yang serius. Langkah-langkah alami tersebut, akan membuat kulit anda menjadi sehat kembali dan terawat tentunya.
Artikel Terkait

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar