Tips Mengatasi Sakit Tenggorokan Dengan Ramuan Alami

image: whatissorethroat.com
Sakit tenggorokan merupakan salah satu gangguan kesehatan yang bisa dialami oleh siapa saja, dan semua umur bisa mengalami masalah ini. Pada dasarnya sakit tenggorokan bisa terjadi akibat berbagai hal. Biasanya seseorang yang akan terserang batuk akan mengalami sakit tenggorokan terlebih dahulu. Ketika anda mengalami gangguan pada tenggorokan, maka jangan pernah menganggap remeh akan hal tersebut. Karena, lama kelamaan akan menyebabkan terjadinya penyakit radang tenggorokan. Salah satu cara mengobati sakit tenggorokan yang aman bisa anda lakukan dengan menggunakan cara alami.

Pada dasarnya terdapat berbagai cara untuk menyembuhkan sakit pada tenggorokan, yang bisa dilakukan menggunakan bahan herbal atau ramuan alami. Sehingga seseorang tidak selalu harus melakukan pengobatan secara medis, yang mungkin membutuhkan biaya mahal. Anda bisa menggunakan ramuan alami yang mampu membuat tenggorokan menjadi lebih sehat, dan terhindar dari efek samping obat kimia.

Sebelumnya perlu anda tahu, Sakit tenggorokan terjadi akibat bakteri streptococcus. Dimana bakteri ini bisa menularkan ke orang lain melalui udara. Jadi ketika ada seseorang mengalami penyakit tersebut, maka sebaiknya harus berhati-hati supaya tidak menular ke orang lain. Gejala-gejala yang muncul dari sakit tenggorokan biasanya suara menjadi serak, kemudian tenggorokan yang terasa sakit untuk menelan, hingga terjadinya demam tinggi pada tubuh seseorang. Untuk mencegah terjadinya serangan yang lebih kronis pada tenggorokan, anda harus segera mengatasinya dengan menggunakan tumbuhan herbal berikut ini :

-  Jahe
Selain mampu menghangatkan tubuh, jahe juga efektif untuk mengatasi sakit tenggorokan. Jahe, merupakan tanaman herbal yang mengandung berbagai senyawa alami yang berkhasiat bagi kesehatan tubuh. Untuk membuatnya sebagai obat sakit tenggorokan, anda cukup memotong jahe menjadi beberapa bagian, kemudian rebus dengan air secukupnya. Biarkan sampai mendidih, selanjutnya anda tinggal mengkonsumsi dalam kondisi hangat. Rebusan jahe ini mampu membunuh bakteri penyebab terjadinya sakit tenggorokan. Supaya mendapatkan hasil yang maksimal, maka konsumsilah ramuan jahe ini secara rutin.

- Lemon dan madu
Lemon dan madu memang sudah dipercaya sebagai obat herbal yang mampu mengatasi sakit tenggorokan. Penggunaannya tidak sulit, Siapkan 2 buah lemon untuk diambil airnya, kemudian campurkan madu dan aduk hingga rata. kemudian anda konsumsi ramuan tersebut 3 kali dalam sehari, sehingga sakit tenggorokan anda mereda.

- Garam
Rasa asin dalam garam ternyata mampu mengurangi rasa sakit pada tenggorokan. Untuk penggunaannya cukup mencampurkan garam dengan 1 gelas air, kemudian gunakan untuk berkumur. Lakukan hingga beberapa kali supaya rasa sakit yang anda alami berkurang. Selain membantu mengatasi sakit tenggorokan, campuran air dan garam ini juga akan membantu berbagai infeksi yang ada di bagian mulut.

- Daun kemangi
Selain terkenal sebagai lalapan, daun kemangi juga berkhasiat sebagai obat sakit tenggorokan. Pasalnya, Di dalam daun kemangi ternyata mengandung senyawa alami yang mampu membunuh bakteri di tenggorokan secara aman dan efektif. Untuk membuat ramuan ini juga tidak sulit. Pertama, anda cukup merebus air dengan beberapa daun kemangi, Kemudian minum air rebusan daun kemangi secara rutin 3 kali dalam sehari. Selain diminum, rebusan air kemangi juga bisa digunakan sebagai obat kumur untuk membunuh bakteri. 

Nah, beberapa ramuan alami yang sudah dijelaskan di atas, akan menjadi solusi paling aman bagi anda yang mengalami penyakit tenggorokan. Di samping melakukan pengobatan alami, seseorang juga harus menghindari makanan berminyak, karena hanya akan memperparah sakit tenggorokan. Hindari juga mengkonsumsi es, karena bisa menyebabkan radang tenggorokan ataupun amandel yang sangat berbahaya bagi kesehatan anda. Jadi, pengobatan harus diimbangi dengan pola makan dan minum yang sehat.
Artikel Terkait

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar