Tips Mudah Hilangkan Panu Dengan Bahan Tradisional

image: medicinenet.com
Pada dasarnya, menghilangkan panu bisa dilakukan dengan menggunakan bahan-bahan yang alami atau tradisional. Panu merupakan penyakit kulit yang sangat mengganggu penampilan seseorang. Terlebih jika muncul pada bagian wajah, akan sangat mengganggu penampilan sehingga perlu diatasi dengan baik supaya bisa tampil lebih percaya diri. Panu ini termasuk penyakit kulit yang disebabkan oleh jamur, Dimana jamur yang menyebabkan penyakit ini biasanya berasal dari keringat. Jadi, ketika seseorang kurang menjaga kebersihan kulit, maka penyakit panu akan muncul.

Secara umum, panu bisa menyerang bagian – bagian tubuh yang menghasilkan banyak keringat seperti dada, lengan, leher, punggung, ketiak, lipatan paha hingga pada wajah. Tanda – tanda kulit yang terserang panu bisa dilihat dari adanya warna bercak putih, coklat, ataupun merah, tergantung dari warna kulit dan disertai rasa gatal. Jamur yang menyebabkan panu pada kulit tubuh tidak hanya karena jarang membersihkan kulit saja, namun bisa juga karena pakaian yang lembab sehingga dihinggapi jamur, yang mana jamur tersebut menempel pada kulit tubuh. Menghilangkan panu dengan bahan alami menjadi solusi yang paling aman, dan mampu membuat anda lebih percaya diri.

Cara merawat kulit  yang disertai panu, tidak harus dilakukan dengan menggunakan obat berbahan kimia. Pasalnya, di sekitar kita terdapat beragam jenis bahan yang berkhasiat untuk membunuh jamur kulit penyebab panu. Bahan alami atau tradisional, juga tidak akan menimbulkan efek samping selama penggunaan. Untuk itu, Berikiut ini terdapat beberapa cara untuk menghilangkan panu secara alami dengan menggunakan bahan – bahan tradisional.

1. Bawang putih
Tidak hanya berkhasiat sebagai pengusir jerawat saja, tapi bawang putih juga mampu membunuh jamur penyabab panu. Caranya mudah, cukup mengambil 1 siung bawang putih kemudian iris tipis-tipis dan tempelkan pada bagian kulit yang ditumbuhi panu. Cara ini bisa dilakukan 2 hingga 3 kali dalam sehari supaya panu bisa mengering, dan mengelupas dengan sendirinya.

2. Belerang dan jeruk nipis
Bahan-bahan tersebut digunakan untuk mencuci bagian kulit yang terkena panu supaya jamur teratasi oleh zat aktif di dalamnya. Penggunannya, Cukup dengan merendam belerang di dalam air hangat, dan anda gunakan untuk mencuci kulit. Selain itu, anda juga bisa membuat campuran bubuk belerang dengan minyak kelapa serta perasan air jeruk nipis. Aduk sampai rata ketiga bahan tersebut, kemudian balurkan pada kulit yang ada panunya. Lakukan secara rutin untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

3. Belimbing wuluh dan kapur sirih
Kedua bahan tersebut, memiliki kandungan vitamin C yang berkhasiat untuk membunuh bakteri penyebab panu. Caranya, dengan mencampur belimbing beserta kapur sirih, lalu oleskan pada bagian kulit yang ditumbuhi panu. Diamkan hingga mengering, dan cuci menggunakan air bersih.

4. Lengkuas
Lengkuas tidak hanya dimanfaatkan sebagai bumbu dapur, namun juga bermanfaat untuk kesehatan kulit. Ini termasuk cara yang sedikit kasar, meskipun hanya menggunakan lengkuas, ternyata bahan ini lebih ampuh jika dibandingkan dengan bahan-bahan lainnya. Caranya dengan memarut lengkuas kemudian oleskan pada kulit yang berpanu. Diamkan hingga air lengkuas benar – benar masuk ke dalam pori – pori kulit. Setelah itu, Cuci kulit yang ditumbuhi panu dengan menggunakan air hangat.

5. Daun pare dan kapur sirih
Kedua bahan alami ini bisa ditumbuk secara bersamaan sebelum digunakan sebagai obat pembasmi panu. Jika sudah ditumbuk halus, kemudian oleskan pada kulit yang berpanu. Diamkan selama beberapa menit, kemudian cuci hingga bersih. Lakukan tips ini secara berulang hingga panu anda benar-benar hilang.

Dari kelima tips untuk membasmi panu yang telah dijelaskan di atas, anda bisa memilih salah satunya untuk bisa dilakukan secara rutin, hingga jamur penyebab tumbuhnya panu benar-benar hilang. Selain itu, Bahan-bahan alami yang digunakan di atas juga akan mengembalikan kesehatan kulit anda.
Artikel Terkait

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar