Ini Akibatnya Jika Menyeduh Teh Terlalu Lama

image: java-breeze.com
Pada dasarnya, khasiat teh memang cukup dikenal akan keampuhannya bagi kesehatan tubuh. Sehingga menjadikan teh banyak digemari oleh kebanyakan orang sebagai minuman favorit. Namun, untuk mendapatkan khasiat yang terdapat di dalam seduhan teh tersebut, hendaknya anda bisa mengkonsumsinya dengan menggunakan cara yang tepat pula. Sehingga seluruh kandungan yang terdapat di dalamnya mampu memberikan efek yang luar biasa bagi kesehatan tubuh. Hal demikian karena kandungan yang terdapat pada teh, memang sangat berguna bagi tubuh. Yang mana di dalam seduhan teh, tentunya terdapat kandungan polifenol sebagai antioksidan bioflavonoid, kafein, Essential Oil, dan lainnya, yang semuanya itu bisa anda manfaatkan untuk memenuhi kebutuhan tubuh anda. Namun bila dalam menyeduh minuman teh ini terlalu lama, maka hal demikian malah berdampak buruk pada kesehatan tubuh. Lalu mengapa bisa demikian…?

Perlu anda ketahui, bahwa di dalam menyeduh minuman teh ini, berbagai aturan pun perlu untuk anda ketahui, mulai dari jumlah teh itu sendiri, jumlah air, suhu pada saat anda menyeduh, dan tak lupa akan durasi ketika anda mengkonsumsi atau menyeduh teh tersebut. Hal ini karena semua aturan tersebut, pastinya akan sangat berpengaruh terhadap khasiat yang terdapat di dalam teh bagi tubuh. Apalagi jika dalam mengkonsumsi teh tersebut, anda terlau lama mendiamkanya. Alhasil, seduhan teh tersebut justru malah akan memberikan dampak yang negatif bagi kesehatan tubuh. 

Berdasarkan penjelasan seorang pakar teh yang sekaligus menjadi bagian promosi di Dewan Teh Indonesia, yakni Ratna Somantri, menunjukkan bahwa jika dalam mengkonsumsi teh terlalu lama didiamkan, nantinya rasa dari seduhan teh tersebut menjadi lebih pahit dan pekat. Sehingga dari situ pastinya kebanyakan orang akan menambahkan gula pada seduhan teh tersebut. Padahal, dalam mengkonsumsi minuman teh ini, sebenarnya lebih baik bila tanpa dicampur dengan gula.

Akan tetapi tidak hanya itu saja, bahkan bila seduhan teh terlalu lama didiamkan atau tidak langsung dikonsumsi, Hal itu akan bisa menjadikan manfaat yang terkandung di dalam teh tersebut berubah. Yang mana bila seseorang minum seduhan teh secara rutin dengan aturan yang benar, maka bisa menjadikan metabolisme tubuh semakin lancar. 

Namun bila durasi dalam mengkonsumsi teh tersebut kurang anda perhatikan, atau terlalu lama anda mendiamkan seduhan teh tersebut, maka malah bisa menjadi sebaliknya.  Hal demikian karena  bila daun teh yang terdapat di dalam seduhan teh tersebut didiamkan telalu lama, maka akan bisa mengeluarkan zat-zat yang kurang baik bagi tubuh. Hal tersebut memang sesuai dengan apa yang telah diungkapkan oleh ibu Ratna.

Sehingga perlu anda ketahui, bahwa  teh yang terlalu lama didiamkan atau tidak segera langsung diminum, nantinya akan bisa menyebabkan banyaknya kafein yang keluar dari serbuk teh tersebut. Dan dari terlalu banyaknya kafein yang keluar dari serbuk teh yang berpindah ke cangkir teh, maka akan bisa meningkatkan tekanan darah dalam jangka pendek. Yang mana hal demikian akan mengganggu kesehatan pada seseorang yang terkena penyakit hipertensi. Hal itu karena jumlah kafein yang terlalu banyak dikonsumsi, akan bisa memberikan kemungkinan besar terhadap terjadinya tekanan darah.

Oleh karena itu, agar kandungan kafein pada seduhan teh tidak terlalu berlebihan, hendaknya anda bisa mengkonsumsi minuman teh dengan segera, tanpa harus mendiamkannya dengan durasi yang terlalu lama.

Untuk menjadikan agar seduhan teh yang anda konsumsi tidak terlalu banyak mengandung kafein, ibu Ratna juga menganjurkan pada langkah awal anda bisa menyeduh teh selama 30 detik dengan mengaduknya, kemudian meminumnya. Atau anda juga bisa membuang seduhan pertama dari teh tersebut. Hal demikian karena disitulah seduhan teh mengandung banyak kafein. Kemudian seduh kembali teh tersebut sampai aromanya bisa keluar, sehingga kafeinnya banyak berkurang, lalu barulah anda bisa mengkonsumsinya.
Artikel Terkait

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar