Beragam Manfaat Buah Jeruk Dalam Menjaga Kesehatan

image: oranges.lv
Buah jeruk ternyata memiliki banyak manfaat untuk menjaga tubuh agar tetap lebih sehat. Kandungan nutrisi di dalam buah jeruk ternyata bermanfaat untuk menjaga  kesehatan tubuh dari berbagai serangan penyakit. Dengan demikian seseorang sangat dianjurkan untuk mengkonsumsi buah jeruk dalam kehidupan sehari – hari. Terdapat berbagai khasiat dalam buah jeruk yang mampu menjaga kesehatan, karena memiliki nutrisi baik di dalamnya. Tidak hanya rasanya yang segar, kandungan nutrisi di dalamnya sangat baik untuk menjaga kesehatan.

Jeruk memang buah yang banyak disukai oleh semua kalangan. Seseorang yang mengkonsumsi jeruk akan mendapatkan asupan vitamin C yang cukup, sehingga tubuhnya akan tetap sehat dalam melakukan aktifitas sehari-hari. Di Indonesia, jeruk sangat mudah ditemui di berbagai penjuru daerah. Artinya buah ini tidak bersifat musiman yang hanya bisa ditemui waktu tertentu saja. Ketahuilah, antioksidan di dalam buah jeruk juga akan membuat tubuh tetap sehat, dan tidak mudah terserang penyakit. Ragam manfaat yang terdapat pada buah jeruk inilah, menjadikan buah tersebut semakin dicari-cari banyak orang.

Jika anda ingin sehat dan tidak mudah sakit, sangat disarankan untuk mengkonsumsi buah jeruk, baik dalam bentuk buah ataupun diolah menjadi jus. Untuk lebih jelasnya simak beberapa manfaat dan khasiatnya buah jeruk dalam menjaga kesehatan berikut ini :

1. Mencegah Penyakit Kanker
Kandungan D-Limonene di dalam buah jeruk mampu mencegah berbagai penyakit kanker, seperti kanker payudara, kanker kulit, kanker paru – paru, dan usus besar. Senyawa ini mampu menangkal radikal bebas di dalam tubuh yang menjadi penyebab utama penyakit kanker.

2. Mampu Menurunkan Kolesterol
Di dalam buah jeruk mengandung hesperidin dan pectin yang mampu menurunkan kadar kolesterol di dalam darah. Sehingga bagi anda yang mengalami kadar kolesterol tinggi, sangat dianjurkan untuk mengkonsumsi buah jeruk secara rutin. Dengan kadar kolesterol yang turun, hingga dalam jumlah yang normal, maka risiko terserang penyakit jantung dan stroke akan lebih rendah.

3. Menormalkan Tekanan Darah Tinggi
Kandungan hesperidin di dalam buah jeruk tidak hanya mampu menurunkan kadar kolesterol. Namun ternyata mampu menurunkan tekanan darah tinggi. Dengan demikian buah jeruk sangatlah baik untuk dikonsumsi penderita tekanan darah tinggi. Selain hesperidin, buah jeruk juga mengandung magnesium yang mampu menurunkan tekanan darah di dalam tubuh.

4. Menjaga sistem imun
Kandungan vitamin C di dalam buah jeruk mampu menjaga kekebalan tubuh. Hal ini karena Vitamin C pada buah jeruk bisa merangsang produksi sel darah putih dalam tubuh, sehingga sangat baik untuk meningkatkan sistem imun. Dengan sistem imun yang terjaga dengan baik, maka kita tidak akan mudah terserang berbagai virus atau penyakit, sehingga tubuh akan lebih sehat.

5. Mengatasi Radang Sendi
Dalam hal ini, bagi anda yang mengalami peradangan di bagian sendi, maka konsumsilah buah jeruk secara rutin. Hal tersebut karena Anti-inflamasi di dalam buah jeruk mampu mengurangi masalah peradangan pada persendian.

6. Baik Untuk Perkembangan Otak
Mungkin banyak yang belum mengetahui jika buah jeruk ini mampu merangsang perkembangan otak. Yang mana di dalam buah jeruk mengandung asam folat yang mampu meningkatkan perkembangan otak anda.

7. Menjaga Kesehatan Kulit
Buah jeruk mengandung zat antioksidan dalam jumlah tinggi, sehingga bisa membantu dalam melindungi kulit dari kerusakan akibat zat radikal bebas. Hal tersebut karena antioksidan yang terkandung pada buah jeruk, mampu menangkal radikal bebas dalam tubuh Anda. Dengan demikian kulit tubuh Anda akan tetap awet muda dan lebih sehat.

Beberapa khasiat dan manfaat yang terdapat pada buah jeruk di atas, membuat buah yang memiliki rasa segar ini semakin digemari oleh banyak orang. Selain itu, buah ini sangat mudah diolah dalam berbagai minuman segar.
Artikel Terkait

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar