Awas, 6 Hal Ini Bisa Merusak Kesehatan Mata Anda

Keindahan mata memang suatu anugerah yang harus dijaga oleh setiap insan. Dimana mata yang termasuk organ penting bagi kehidupan manusia ini, memiliki peran penting untuk menjalankan berbagai aktifitas yang ada. Apalagi adanya gaya hidup yang kurang sehat, akan terus menerus menjadi faktor utama timbulnya kesehatan mata anda mulai terganggu. Sehingga membuat segala aktifitas yang anda jalani menjadi terhambat, bahkan bisa juga menggerogoti pruduktifitas kerja anda. 

Dan bila kesehatan mata anda ini terganggu, maka tidak semudah bagi anda untuk menjadikan mata menjadi sehat kembali seperti sediakala. Oleh karena itu, pentingnya anda untuk menghindari segala penyebab yang menjadikan kesehatan mata ini bisa terganggu. Dengan menjalani gaya hidup sehat, memang merupakan solusi yang terbaik demi menjaga kesehatan anda, terutama pada organ mata anda. 

Pernahkah anda melakukan hal atau kebiasaan yang secara tak terduga menjadikan kesehatan mata anda mengalami gangguan..? Nah, dari situ tentunya anda harus menghindari beberapa penyebab tersebut. 

Dan inilah 6 penyebab yang menjadikan kesehatan mata anda terganggu. Dan mengetahui beberapa sebab tersebut sangatlah penting, agar anda bisa mengaplikasikannya, sehingga kondisi mata anda bisa selalu sehat dan terjaga dengan baik.

1. Alkohol
Dengan adanya asupan alkohol dalam tubuh ini, memang sangatlah membahayakan bagi kesehatan tubuh, termasuk pada organ mata yang anda miliki. Bahkan alkohol bisa juga menjadi penyebab mata mengalami gangguan secara keseluruhan. Yang mana pada alkohol akan bisa menjadikan sensitifitas kontras mata mengalalami penurunan, mata menjadi kemerahan, sering migraine, reaksi pipil menjadi lambat, yang semuanya itu akan berdampak buruk bagi kinerja visual. Alhasil, hendaknya anda bisa menhindari konsumsi alkohol yang bisa merusak kesehatan mata anda.

2. Sinar UV
Perlu anda ketahui, bahwa sinar ultraviolet yang berasal dari matahari ini, juga menjadi faktor penyebab yang menjadikan kesehatan mata anda terganggu. Yang mana sinar UV ini bisa juga membakar kornea mata, sehingga menyebabkan lensa mata atau retina mengalami kerusakan. Oleh karena itu, bila dirasa cuaca terlalu panas atau sinar UV telalu menyengat ketika anda pergi keluar rumah, maka anda bisa memakai kaca mata hitam sebagai pelindung mata anda. Selain itu, dampak sinar UV ini juga bisa menjadikan katarak pada mata kesayangan anda.

3. Merokok
Kebaiasaan tidak baik ini memang juga dapat menyebabkan kesehatan pada mata anda mengalami gangguan. Selain memiliki dampak buruk bagi kesehatan seluruh tubuh, zat yang terdapat pada rokok ini juga bisa menyebabkan rusaknya pada bagian sensitif retina. Yang mana hal demikian sering juga disebut makula. Sehingga menjadikan kebiasaan merokok akan mengganggu kesehatan pada mata yang anda miliki.

4. Mata lelah
Mata lelah yang tanpa anda sadari, memang bisa menjadikan kesehatan mata mulai terganggu. Dimana ketika anda terlalu sering di depan layar computer, bermain game, menonton tv dan lainnya, maka secara tidak langsung akan menjadikan mata anda terasa lelah.

Hal demikian karena menjadikan mata anda mengalami terlalu banyak tekanan, Sehingga membuat kesehatan mata pun bisa melemah. Oleh karena itu, bila anda menjalani aktifitas yang terlalu menekan akan kinerja mata anda, maka hendaknya anda bisa membatasinya secara tepat, dan tidak terlalu terus-menerus menekan kinerja mata secara berlebihan.

5. Tekanan darah tinggi
Mengalami tekanan darah tinggi ini, memang bisa menjadikan kesehatan mata mengaalmi gangguan. Hal itu karena tekanan darah juga bisa merusak pembuluh darah yang ada di retina. Yang tidak lain penyakit ini dikenal dengan sebutan retinopati hipertensi. Oleh sebab itu, perlunya penanganan yang tepat dan efektif memang sangatlah dibutuhkan, agar tidak sampai membahayakan pada kondisi mata.

6. Diabetes
Penyakit diabetes ini memang bisa menjadi sebab terganggunya kesehatan pada mata. Dalam hal ini biasanya akan memicu seseorang terkena penyakit mata glaucoma dan retinopati diabetes. Yang mana semuanya itu akan bisa menjadikan retina mata mengalami kerusakan yang cukup serius. Oleh karena itu, penyakit ini setidaknya bisa segera diatasi secara tepat dan efektif, agar tidak berdampak buruk bagi kesehatan tubuh, terutama mata.
Artikel Terkait

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar