6 Khasiat Hebat Daun Mangga Untuk Pengobatan Tradisional

image: thehealthyarchive.info
Senyawa alami pada daun mangga yang cukup beragam, Memang berkhasiat untuk membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Sementara hanya sebagian kalangan yang memanfaatkan daun mangga ini sebagai bahan pengobatan tradisional.

Masih banyak di antara kita yang belum mengenali akan kegunaan dari daun mangga ini, karena kita kerap kali terfokus mengonsumsi bagian buahnya saja. Padahal jika kita perhatikan, banyak sekali manfaat dan khasiat daun mangga untuk mencegah dan mengobati ragam penyakit yang menyerang tubuh.

Pada daun mangga terdapat berbagai nutrisi yang bisa bermanfaat bagi tubuh, diantaranya vitamin C, B, A, dan berbagai nutrisi lainnya. Bahkan di dalam daun mangga juga mengandung zat antibiotik yang cukup kuat, layaknya flavonoid dan kandungan fenol di dalamnya. 

Sehingga dari situ semua, menjadikan alasan yang kuat mengapa daun mangga ini bisa diracik menjadi obat tradisional, serta mampu mengatasi berbagai penyakit pada tubuh. Oleh karena itu, mengetahui akan berbagai cara mengolah daun mangga ini, memang sangat diperlukan. Dan untuk menemukan daun tersebut pun tidaklah sulit, karena daun mangga sudah tersebar luas di berbagai pelosok Nusantara. Dan inilah manfaat atau khasiat daun mangga, untuk dijadikan sebagai obat tradisional dalam menangkal berbagai macam penyakit.

1. Untuk mengobati penyakit asma
Dengan menggunakan daun mangga ini, akan berguna untuk menyembuhkan sekaligus mencegah terjadinya penyakit asma. Caranya pun juga cukup mudah, yakni hendaknya anda bisa mengambil daun mangga secukupnya saja, kemudian bersihkan dengan air, dan potonglah daun mangga tersebut menjadi ukuran kecil-kecil. Setelah itu, jemurlah potongan daun mangga tersebut hingga kering. Jika sudah kering, ambilah sekitar 2 sendok teh daun mangga yang sudah dikeringkan tadi, untuk dijadikan sebagai seduhan atau minuman. 

2. Menurunkan tekanan darah tinggi
Pada pasien yang menderita atau  mengalami tekanan darah tinggi, bisa mengkonsumsi teh yang terbuat dari serbuk daun mangga ini. Yang mana kandungan yang terdapat pada daun mangga, memang bisa mengontrol desakan darah tinggi hingga menjadi pulih kembali. Dan perlu anda ingat, bahwa agar bisa memperoleh hasil maksimal, maka konsumsilah secara teratur.

3. Mengobati asam urat
Dengan mengambil beberapa lembar daun mangga, kemudian bersihkanlah dengan air, lalu tumbuk daun mangga tersebut hingga halus. Selanjutnya sajikan tumbukan daun mangga menjadi seduhan dengan air panas. Lalu barulah  anda bisa mengkonsumsinya secara rutin dan teratur untuk mengobati asam urat.  Dan perlu anda tahu, banyak pasien yang terkena asam urat pada zaman sekarang. Maka menggunakan daun mangga sebagai obat herbal, memang merupakan salah satu langkah yang cukup efektif. 

4. Sebagai ramuan kesuburan
Daun mangga bisa juga dimanfaatkan untuk obat kesuburan sepasang suami istri. Langkahnya pun juga cukup mudah, yakni hendaknya anda menyiapkan beberapa lembar daun mangga, dan dua siung bawang merah. Kemudian cucilah kedua bahan hingga bersih. Selanjutnya tumbuklah kedua bahan tersebut hingga halus, dan jadikan seduhan untuk diminum. Seduhlah dengan menggunakan setengah gelas air panas, dan lakukan secara teratur. Dengan begitu anda bisa merasakan akan khasiatnya.

5. Memecah batu empedu atau batu ginjal
Perlu anda ketahui, bahwa pada daun mangga ini juga bisa  digunakan untuk pengobatan batu ginjal atau batu empedu secara alami. Caranya yakni, hendaknya anda bisa menyediakan  daun mangga yang sudah ditumbuk, kemudian keringkanlah dalam naungan yang teduh. Lalu giling hingga halus, kemudian  campurlah beberapa sendok bubuk daun mangga tersebut ke dalam satu gelas air, dan simpan selama satu malam. Selanjutnya barulah anda bisa meminum ramuan daun mangga tersebut untuk memecahkan dan mengeluarkan batu ginjal, atau batu empedu yang mengganggu kesehatan tubuh.

6. Mengobati batuk dan pilek
Daun mangga juga bisa anda manfaatkan untuk mengobati batuk dan pilek yang kerap terjadi. Cara menerapkannya, Hendaknya anda bisa mengambil beberapa lembar daun mangga, kemudian bersihkan dan tumbuk hingga halus. Lalu seduhlah dengan air sampai warna air berubah, barulah anda mengkonsumsinya secara rutin dan teratur. Sehingga batuk dan pilek yang anda alami, bisa tertanggulangi dengan baik atau lekas mereda.
Artikel Terkait