Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

3 Tokoh Wanita Hebat Sepanjang Sejarah Islam

Dalam peradaban Islam, Memang tak terlepas dengan kiprah dan peran kaum perempuan. Dimana mereka juga memberikan dukungan akan berkembangnya ajaran agama Islam hingga kini menyebar di berbagai penjuru dunia. Bahkan peran mereka pun juga tak sebatas duduk diam di rumah, Namun berbagai bekal keilmuan dan militer pun didalami. Hingga jasa mereka diabadikan di sepanjang sejarah sejak berdirinya agama Islam.

Sebenarnya berdasarkan Ibnu sa’ad pada ''Magnum Opus-nya'' dalam bidang biografi Yakni, “ Ath-Thabaqat al-Kubra”, hanya menyebutkan 629  tokoh perempuan dari 4250 tokoh dalam Islam. Namun hal tersebut tidaklah mengurangi akan jasa-jasa yang mereka lakukan sepanjang sejarah. Sehingga  dari sini, setidaknya kita dapat menjadikan mereka semua sebagai suri tauladan yang baik. Yang mana bertujuan agar kita menegakkan dan melestarikan apa saja yang telah termaktub dalam aturan-aturan yang ada, Agar menjadi sosok umat beragama yang baik. 

Peran penting yang mereka lakukan, Telah memberi simbolis khusus kepada kita semua, agar selalu taat pada Sang pencipta. Dengan melihat jasa-jasa mereka yang telah tercatat dalam sejarah, sudah sepantasnya menjadikan mereka sebagai suri tauladan yang baik. 

Dan inilah 3 tokoh wanita hebat yang tercatat dalam sejarah Islam .

1. Aisyah R.A
Aisyah R.A, Yang merupakan istri Rasulullah SAW, Beliau mendapat julukan sebagai “Ummul mukminin”, yakni Ibunya orang-orang mukmin. Beliau merupakan sosok wanita yang cerdas, hingga ia dijuluki dengan sebutan “Alhumaira”. Beliau merupakan putri dari sahabat Nabi yakni, Abu Bakar as-Shiddiq. Bahkan Aisyah pun  berhasil meriwayatkan sabda Rasulullah hingga kurang lebih 2.210 hadits. Beliau wafat pada tahun 57 Hijriyah, Dan dimakamkan  di kompleks pemakaman Baqi’ yang berada di Madinah. 

2. Rabi’ah Al-Adawiyah
Rabi’ah Al-Adawiyah memiliki nama lengkap yakni Rabi’ah binti Ismail al- Adawiyah, yang merupakan tokoh sufi perempuan. Dimana beliau merupakan tokoh sufi yang terkenal dengan sifat “Zuhud” nya. Sehingga beliau pun mendapat sebutan sebagai “ The mother of the grand master “, yakni ibunya para sufi besar.  Beliau lahir di Bashrah, Irak. Sementara itu, beliau juga sebagai inspirasi di dunia tasawuf, baik itu kalangan Islam sendiri maupun barat. Makam yang terletak di Bukit Thur, Yerussalem, diklaim sebagai makam beliau. Akan tetapi ada juga yang mengatakan bahwa makan beliau berada di Bashrah, yakni tempat kelahirannya. 

3. Siti Zubaidah
Nama asli dari Siti Zubaidah, yakni Zubaidah binti ja’far bin Abi ja’far al-Manshur. Beliau merupakan permaisuri dari khalifah Abbasiyah. Beliau juga dikenal dengan sosok wanita yang dermawan dan memiliki inisiatif sosial yang telah diabadikan, yakni terusan air yang kerap dikenal dengan sebutan ''Mata Air Zubaidah''. Yang mana terusan air tersebut sangat bermanfaat bagi para jamaah haji.  Beliau wafat di Baghdad pada 212 H, Makamnya pun terletak di kompleks pemakaman al-kazhimiyah. Akan tetapi Makam tersebut kurang terawat dan nyaris rusak. 

Selain yang tersebut di atas, tentunya masih banyak tokoh-tokoh wanita yang patut dijadikan panutan dalam kehidupan kita, termasuk beberapa tokoh wanita di Nusantara ini.