Obati Infeksi Telinga Dengan 8 Bahan Alami Ini

image: emedicinehealth.com
Kerentanan organ telinga pada tubuh, memang terkadang kerap kali mengalami gangguan. Apalagi jika sampai mengalami infeksi akibat virus maupun bakteri yang masuk, maka akan memicu kondisi tubuh menjadi tidak nyaman dan terasa menyakitkan. Pada umumnya infeksi telinga ini sering menyerang pada anak-anak. Namun hal itu juga tak bisa dipungkiri, bahwa orang dewasa juga memiliki kemungkinan untuk mengalami infeksi di bagian organ yang amat rawan ini.

Dibarengi dengan kondisi cuaca yang kurang menentu, maka masuknya bakteri atau virus ke dalam organ telinga menjadi lebih mudah. Jika telinga terkena infeksi, maka gejala yang ditimbulkan pun juga cukup beragam. Di antaranya keluar cairan pada telinga, fungsi pendengaran menjadi menurun, telinga terasa nyeri, serta sakit di bagian kepala. Yang mana semuanya itu memang mengusik kenyamanan pada tubuh Anda. 

Untungnya, Ada cara alami yang dapat Anda gunakan sebagai obat infeksi telinga secara efektif. Di antaranya menggunakan bahan alami yang mungkin sudah tersedia di rumah anda. Sehingga hal demikian akan lebih mempermudah dalam mengobati penyakit infeksi di telinga yang cukup mengganggu ini.

Berikut 8 bahan alami yang bisa anda jadikan obat tradisional untuk mengatasi timbulnya infeksi pada telinga :

1. Daun Kemangi
Cukup kecil ukuran daun kemangi ini, namun tersimpan khasiat yang besar bagi kesehatan tubuh. Di antaranya menangani timbulnya infeksi telinga yang dikarenakan virus maupun bakteri. Nah, Untuk menggunakan daun kemangi ini juga tidak sulit, Cukup sediakan 5 daun kemangi, kemudian basahi permukaan daun dengan air. Setelah itu tempelkan saja pada bagian organ telinga yang terinfeksi virus atau bakteri, dan lakukan secara rutin dan teratur.

2. Cuka Sari Apel
Di dalam cuka sari apel ini memang cukup manjur sebagai obat infeksi, yang disebabkan oleh jamur atau bakteri yang mengganggu kesehatan telinga. Sediakan cuka sari apel secukupnya dan campur dengan air. Lalu ambillah kapas untuk direndam pada cairan tersebut selama beberapa menit. Kemudian tempelkan kapas tersebut pada telinga selama 8 menit, setelah itu lepaskan kembali. 

3. Minyak Pohon Teh
Hasil olahan alami yang berupa minyak pohon teh ini, juga menyimpan sifat Anti-bakteri yang cukup kuat untuk pengobatan infeksi telinga. Sediakan kapas kemudian rendam kapas tersebut ke dalam minyak pohon teh. Lalu taruhlah kapas di telinga dan biarkan selama beberapa menit, setelah itu keluarkan kapas jika sudah selesai.

4. Daun Mangga
Pada ekstrak daun mangga juga tersimpan senyawa alami yang cukup efektif untuk mengobati luka infeksi di telinga. Tumbuk 4 lembar daun mangga hingga halus, kemudian tambahkan sedikit air untuk mengatur kadar kekentalan. Setelah itu balurkan pada bagian telinga yang terkena infeksi. Diamkan selama beberapa menit, maka tak lama kemudian rasa sakit dari munculnya infeksi akan segera mereda.

5. Bawang Bombai
Jenis bawang yang berukuran cukup besar ini, juga menyimpan kandungan hebat untuk menanggulangi infeksi di telinga. Tumbuk bawang bombai hingga halus, Setelah itu tempelkan bawang bombai dengan hati-hati pada bagian telinga yang terinfeksi.

6. Minyak Zaitun
Pertumbuhan jamur yang terdapat pada telinga, memang akan menyebabkan penyumbatan di saluran telinga itu sendiri. Namun tahukah anda, Bahwa dengan mengoleskan beberapa tetes minyak zaitun, maka akan mampu membunuh bakteri yang menjamur lama di organ penting ini. 

7. Bawang Putih
Siapa yang tak kenal akan kandungan Anti-bakteri pada bumbu dapur yang satu ini. Sehingga tidak salah bila bawang putih sering digunakan untuk mengatasi berbagai masalah infeksi yang menyerang tubuh. Untuk mengobati jenis infeksi di bagian telinga, anda bisa menyiapkan 3 siung bawang putih, kemudian tumbuk hingga halus. Setelah itu oleskan secara perlahan pada bagian telinga yang terkena infeksi.

8. Daun Sirih
Untuk menggunakan daun sirih sebagai obat alami mengatasi infeksi di telinga, anda bisa menyiapkan beberapa lembar daun sirih yang masih segar. Kemudian buatlah menjadi jus dan tambahkan sedikit air saja. Lalu tuangkan ke dalam mangkuk, dan oleskan ramuan tersebut pada bagian telinga yang mengalami infeksi.
Artikel Terkait