Awas, 6 Makanan Ini Bisa Sebabkan Penuaan Dini

image: globe-views.com
Munculnya kulit keriput, Tentu akan menjadi masalah besar terutama bagi kaum wanita. Semua orang pastinya tak ingin mengalami kulit yang keriput ini. Karena kulit keriput merupakan proses atau tanda tanda tubuh kita mengalami proses penuaan. Akan tetapi, Ada hal lain yang justru membuat kulit kita terlihat cepat keriput sebelum waktunya. Ada banyak faktor pemicu timbulnya kulit keriput yang perlu kita ketahui. Di antaranya seperti paparan sinar matahari, faktor genetik, penggunaan make-up yang tidak cocok, dan terutama faktor makanan. 

Sementara tidak sedikit seseorang di zaman sekarang ini yang mengalami penuaan dini. Hal itu disebabkan karena makanan yang dikonsumsi mengandung unsur-unsur tidak baik untuk kesehatan kulit. Nah, Untuk mencegah masalah kulit keriput pada diri kita, Ada beberapa hal yang harus kita perhatikan untuk menjaga pola makan agar terhindar dari penuaan dini.

Di bawah ini adalah beberapa jenis makanan yang bisa menimbulkan efek kulit keriput di usia muda. Nah.., agar terbebas dari penuaan dini akibat kulit keriput, kita harus mengurangi beberapa jenis makanan seperti berikut ini :

1. Gula
Tentunya kita harus waspada akan bahayanya gula jika dikonsumsi berlebih, yakni dapat mengganggu kesehatan tubuh kita, bahkan bisa menimbulkan ragam penyakit. Ada beberapa efek yang ditimbulkan dari konsumsi gula berlebih, salah satunya adalah gejala penyakit diabetes. Selain itu kerusakan kolagen kulit juga dapat disebabkan dari efek gula yang terlalu banyak. Bahkan gula yang berlebih dalam tubuh juga dapat menghilangkan elastisitasnya kulit kita.

2. Garam
Garam merupakan salah satu bahan masakan yang tak mungkin kita tinggalkan. Tetapi garam juga mempunyai efek terhadap kesehatan kulit jika kita mengonsumsi dengan kadar berlebihan. Lantas mengapa bisa demikian?, Pada dasarnya garam itu mengandung banyak sodium yang baik untuk tubuh kita. Namun apabila kita mengonsumsi garam terlalu berlebih, maka zat sodium di dalam tubuh kita akan meningkat. Sehingga bisa menimbulkan efek yang kurang baik bagi tubuh, terutama pada kesehatan kulit kita.

3. Gorengan
Kita sudah pasti mengenal tentang kolesterol yang berbahaya. Kolesterol biasa disebabkan karena penderita sering memakan gorengan, tanpa membatasi jumlah yang dianjurkan. Banyak sekali gejala yang ditimbulkan akibat lemak berlebih yang terdapat pada gorengan. Layaknya penyumbatan arteri, jantung koroner, stroke, dan lainnya. Efek dari lemak berlebih juga dapat mengganggu kesehatan kulit, seperti kulit wajah berminyak, serta kulit menjadi lebih mudah keriput atau mengalami penuaan dini. Untuk itu kita harus mengurangi makanan yang berjenis gorengan, ataupun yang mengandung minyak.

4. Alkohol
Kebiasaan buruk meminum alkohol sangat berbahaya bagi kesehatan tubuh, terutama pada jantung dan kesehatan paru-paru. Selain membahayakan organ dalam tubuh, Alkohol juga dapat mengganggu tekanan syaraf. Sehingga dapat mengakibatkan emosional yang tidak terkontrol. Selain itu timbulnya kulit keriput akan cepat muncul jika seseorang sering meminum minuman beralkohol. Ada baiknya jika kita mulai sekarang menjauhi minuman yang mengandung alkohol. Dengan begitu kita akan hidup lebih sehat, Tanpa adanya gangguan kesehatan yang ditimbulkan dari minuman tersebut.

5. Makanan Yang Diawetkan
Makanan yang telah menjadi olahan dan diawetkan, Tentu saja kurang baik jika dikonsumsi berlebih. Karena selain mempunyai efek bagi pencernaan, Ternyata makanan yang diawetkan juga sangat mempengaruhi kesehatan kulit tubuh kita. Layaknya kulit akan menjadi berkerut, keriput, dan mudah kendur. Hal tersebut karena makanan olahan cenderung zat gizi alaminya banyak terbuang, Terutama terdapatnya kandungan zat kimia pengawet pada makanan.

6. Kafein
Sering kali manfaat kafein kita gunakan untuk kebutuhan kita sehari-hari. Misalnya saat kita kerja lembur, biasanya sering minum kopi agar dapat menghilangkan rasa kantuk saat bekerja. Namun selain mempunyai manfaat, Nyatanya kafein juga memiliki efek samping bagi kesehatan jika berlebih dalam mengonsumsinya. 

Perlu kita ketahui, Jumlah asupan kafein yang harus kita perhatikan adalah maksimal 400 miligram per hari. Jika kita mengonsumsi minuman yang mengandung kafein lebih dari 400 miligram sehari, Maka akan menimbulkan efek samping yang dapat mengancam kesehatan tubuh kita. Banyak dampak buruk yang ditimbulkan dari kafein yang berlebih, seperti tekanan syaraf, tekanan darah, dan merusak jaringan sel kulit. Nah.., Maka disarankan bagi kita untuk mengonsumsi kafein dengan batas maksimal 400 miligram dalam sehari, Sehingga tidak sampai menimbulkan dampak buruk bagi tubuh kita.
Artikel Terkait