9 Penyebab Pori-pori Kulit Anda Melebar

Picture: amoderm.com
Dalam kiat menjaga penampilan termasuk kesehatan kulit, maka seseorang harus memperhatikan mengenai aturan dalam melakukan perawatan kulit. Seperti halnya kondisi pori-pori kulit, yang mana sangat berpengaruh terhadap kecantikan dan keindahan kulit Anda.

Sementara pori-pori yang lebar merupakan masalah bagi kulit karena juga dapat memicu jerawat. Jika Anda merasa pori-pori pada wajah melebar dibandingkan ketika masih remaja dulu, berarti Anda telah melakukan beberapa hal yang dapat menimbulkan melebarnya pori-pori tersebut. 

Selain dapat menimbulkan jerawat, melebarnya pori-pori juga menjadikan kulit kurang menawan bila dipandang. Apalagi jika yang melihat orang di sekitar kita, pastinya akan merasa kurang percaya diri. Nah demi mengantisipasi hal tersebut, Sebaiknya Anda perhatikan beberapa hal di bawah ini yang menyebabkan melebarnya pori-pori kulit Anda.

1. Penggunaan Facial yang Salah
Facial (pembersih wajah) sebenarnya bertujuan untuk membersihkan pori-pori dari kotoran. Namun jika cara serta langkahnya tidak tepat, maka pori-pori Anda yang terkena risikonya yaitu semakin besar. Satu contoh jika Anda mengalami luka ketika proses mengeluarkan kotoran yang dipaksakan, hal tersebut yang dapat mengembangkan jaringan parut dan pori kulit pun semakin tebal.

2. Penggunaan Scrub
Apabila Anda memiliki kulit berminyak atau berjerawat, tidak disarankan untuk menggunakan scrub. Karena hal tersebut dapat melebarkan pori-pori Anda. Untuk segala jenis kulit lebih baik membersihkannya dengan susu pembersih dan toner, serta kapas lembut.

3. Jerawat Yang Timbul Sejak Remaja
Penyebab satu ini paling sering dialami oleh sebagian besar orang. Anda perlu mengetahui bahwa kelenjar sebaceous atau kelenjar minyak yang ada pada wajah akan sulit mengecil jika sudah beranjak dewasa. Maka dari itu, sebaiknya Anda membiasakan diri secara rutin membersihkan kulit wajah.

4. Make Up Sejak Remaja
Menggunakan make up ketika masih remaja sebenarnya tidak perlu, karena hal tersebut juga salah satu yang menyebabkan pori-pori melebar. Perlu Anda ketahui, di dalam bahan make up terdapat bahan kimia yang nantinya akan memicu jerawat dan berakhir dengan pori kulit yang melebar. Jadi, berdandan sewajarnya saja agar kesehatan kulit wajah Anda tetap terjaga.

5. Terlalu Sering Memencet Komedo
Jika Anda memiliki komedo pasti juga risih kan?, Dan akhirnya Anda memilih untuk memencetnya. Yang Anda lakukan tersebut sebenarnya kurang baik, karena dengan Anda memencet komedo, maka pori-pori kulit akan semakin membesar. Jika Anda berkomedo, lebih baik biarkan saja, dan gunakan pembersih komedo yang sudah dianjurkan.

6. Paparan sinar Matahari
Paparan sinar matahari yang mengenai kulit secara langsung dapat membuat pori-pori melebar. Sinar matahari jika mengenai kulit, kulit Anda tersebut akan terlihat kendur dan akan muncul keriput. Dengan hilangnya elastisitas kulit tersebut, secara otomatis pori-pori Anda akan melebar. Sebaiknya Anda menggunakan tabir surya, karena berguna untuk mencegah membesarnya pori-pori kulit karena paparan sinar matahari.

7. Menggosok Wajah Terlalu Keras
Ternyata hal sepele ini juga dapat melebarkan pori-pori kulit Anda. Misalkan, ketika Anda selesai cuci muka kemudian Anda mengeringkannya dengan handuk. Anda berpikir bahwa menggosok dengan keras dapat menghilangkan kotoran pada kulit. Ternyata hal yang Anda lakukan tersebut malah akan membuat pori kulit Anda semakin lebar.

8. Memencet Jerawat
Sebagian besar remaja pada masa pubertas akan mengalami yang namanya wajah berjerawat. Jika Anda berjerawat pasti rasanya ingin terus menekannya, dan mengeluarkan jerawatnya. Jerawat terletak di dalam pori-pori, jika Anda menekannya keluar sudah dipastikan bahwa pori-pori Anda juga akan melebar.

9. Merokok
Pastinya Anda sudah mengetahui bahwa merokok adalah sumber penyakit. Berbagai penyakit dapat dipicu oleh rokok. Begitu pula dengan pori-pori wajah, meski secara tidak langsung merokok dapat menimbulkan kerutan serta menurunnya kemampuan kulit dalam proses menyembuhkan luka. Hal tersebutlah yang akhirnya dapat memperlebar pori-pori.

Selain penyebab di atas, melebarnya pori-pori kulit juga bisa saja disebabkan oleh pengaruh genetik dan hormon.

Pengaruh Genetik
Yang dimaksud di sini adalah faktor keturunan, jika Anda memiliki orang tua yang memiliki pori-pori besar serta berminyak, maka Anda akan cenderung memiliki pori-pori besar lebih tinggi.

Pengaruh Hormon
Perubahan hormon ketika menopause dan selama menstruasi, terutama ketika ovulasi, maka dapat memperbesar ukuran pori-pori pada wajah wanita. Jadi hal tersebut terjadi secara normal, dan Anda tidak perlu khawatir.

Baca Juga: Cara Mudah  Mengecilkan Pori-Pori Di Wajah Secara Alami
 
Artikel Terkait