Cara Ampuh Memutihkan Baju Dengan Bahan Alami

image: baysidejournal.com
Setiap warna baju yang kita gunakan akan mampu mencerminkan suatu kepribadian dan jati diri bukan…?. Layaknya baju putih yang mampu menampakkan eloknya penampilan bagi orang yang memakainya. Sayangnya, memiliki baju putih ini juga cukup rentan sekali akan keberadaan noda maupun kotoran yang menempel jika tidak dijaga kebersihannya dengan baik. Apalagi bila kotoran atau noda tersebut susah sekali untuk dihilangkan, hingga sampai menjadikan warna baju pun menjadi kecokelatan dan bernoda. Tentunya hal yang semacam ini kerap kali membuat diri merasa jengkel di saat mencuci baju tersebut. 

Biasanya bagi kebanyakan orang  menggunakan pemutih baju yang telah banyak dijual di pasaran saat ini. Namun dalam menggunakan produk pemutih pakaian juga harus memperhatikan akan cara pemakaiannya secara tepat pula. Dan itu pun tidak semua jenis kain bisa dibersihkan dengan pemutih tersebut. Selain menggunakan pemutih baju, ada juga cara memutihkan baju dengan memanfaatkan bahan alami yang berada di sekitar kita.

Yang mana semua rentetan bahan alami ini juga tidak kalah ampuh dari jenis pemutih baju lainnya. Karena selain dapat digunakan untuk memutihkan baju dari noda biasa seperti zat garam, minyak, dan bekas keringat tubuh, Anda juga dapat memutihkan baju dari jenis noda yang susah sekali dihilangkan.

Inilah beberapa cara yang mampu memutihkan pakaian, serta terhindar dari noda yang membandel :

1. Menggunakan Kentang
Perlu anda ketahui, bahwa kentang merupakan makanan enak lagi menyehatkan bagi tubuh anda. Karena kandungan serat alami di dalamnya juga baik untuk membantu program diet anda bukan…?. Namun di sisi lain, kita juga bisa menggunakannya sebagai pemutih alami yang cukup efektif untuk  pakaian yang berubah warna karena noda. 

Cara Penggunaannya : Sediakanlah satu butir kentang, kemudian jus hingga halus. Rendamlah baju ke dalam bak yang sudah terdapat jus kentang selama 30 menit saja. Setelah itu anda bisa membilasnya dengan air hangat sampai bersih. Namun bila noda di baju cukup membandel, anda bisa menerapkan cara tersebut beberapa kali, hingga dapat memutihkannya seperti warna semula.

2. Manfaatkanlah Lemon
Lemon memang memiliki senyawa alami yang berkhasiat cukup kompleks untuk membantu kebutuhan manusia. Selain memberikan efek positif untuk kesehatan tubuh dan perawatan kecantikan, bahan alami ini juga mampu memutihkan kembali baju putih yang berubah warna karena noda membandel. Oleh karena itu, anda juga bisa menerapkan lemon untuk dijadikan rendaman yang efektif untuk membersihkan pakaian.

Cara Menggunakannya : Siapkan beberapa buah lemon dan irislah menjadi beberapa bagian, Kemudian masukkan ke dalam air panas. Tunggu beberapa saat, lalu tuangkanlah air tersebut ke dalam bak. Masukkan baju putih yang kotor ke dalamnya, dan diamkan selama 2 jam agar mendapat hasil maksimal saat memutihkan pakaian tersebut.

3. Gunakanlah Baking Soda
Baking soda memang termasuk bahan populer di kalangan masyarakat. Dan begitu pula manfaat yang terkandung di dalamnya, memang dapat memenuhi kebutuhan rumah tangga. Yang salah satunya sebagai bahan pemutih pakaian.

Untuk memutihkan pakaian putih yang berlumuran noda, maka anda bisa menggunakan secangkir baking soda, Kemudian campurkanlah ke dalam 4 liter air. Setelah itu rendamlah pakaian yang kotor selama beberapa saat, maka keberadaan noda akan mampu diangkat dengan mudah. 

4. Dengan Menggunakan Cuka Putih
Selain dapat memutihkan baju putih  yang bernoda, kegunaan cuka putih juga dapat mencerahkan sekaligus memberikan efek lembut pada pakaian. Dengan adanya itulah, banyak sekali manfaat yang anda dapatkan ketika menggunakan bahan alami ini untuk mencuci baju kotor di rumah.

Cara Penggunaannya : Sediakan cuka putih sebanyak 250 ml, dan campurkan ke bak yang berisi air di dalamnya. Anda pun bisa menambahkan sabun cuci, dan barulah merendam baju putih di dalam bak tersebut. Tunggu selama beberapa saat, hingga kondisi pakaian dapat putih alami seperti sediakala. 

Hal yang perlu diperhatikan : Setelah menerapkan cara di atas untuk memutihkan baju karena noda membandel, Maka perlu juga memperhatikan cara yang tepat saat menjemur pakaian tersebut. Sebaiknya keringkan baju di tempat yang tidak terkena sinar matahari secara langsung.
Artikel Terkait