Manfaat dan Khasiat Sayur Sawi Yang Menakjubkan

image: savingdinner.com
Di telinga kita sudah tak asing lagi terdengar nama sayuran yang satu ini. Sawi merupakan salah satu tumbuhan yang tergolong ke dalam keluarga rumput-rumputan dan memiliki nilai gizi yang paling banyak di antara rumput-rumput yang lainnya. Di negara kita tanaman sawi terbagi menjadi dua jenis yang paling banyak dibudidayakan. Seperti sawi putih dan sawi hijau. Pada umumnya tanaman sawi merupakan tanaman yang paling banyak dibudidayakan oleh petani ladang di pulau Jawa setelah bawang merah. 

Tanaman sawi banyak diolah oleh sebagian masyarakat untuk digunakan sebagai salah satu bahan masakan, yang mana banyak dikonsumsi oleh kita di setiap harinya. Cara penyajiannya pun juga berbeda-beda, ada yang disajikan dalam bentuk tumis, sayur-sayuran, dan juga ada penyajian khusus dimasak setengah matang, seperti digunakan untuk lalapan.

Dalam kehidupan sehari-hari, kita pasti sering menggunakan sawi sebagai bahan masakan untuk lauk pauk, selain itu pengolahan sawi sendiri juga banyak yang dimanfaatkan sebagai jus sayur sayuran. Yang pastinya juga dapat digunakan sebagai minuman penambah asupan gizi ke dalam tubuh kita. Sebenarnya untuk menjaga kesehatan tubuh manusia itu tidak harus selalu rajin pergi ke klinik selama satu Minggu sekali, atau bahkan dengan rutin. 

Sekarang zaman sudah menjadi modern, dan dengan datangnya zaman yang baru, kini kebanyakan masyarakat malah memanfaatkan alat atau jasa orang lain untuk membantu mengontrol kesehatan tubuh kita. Meskipun cara tersebut sudah banyak dilakukan, tetapi alangkah lebih baiknya kita menjaga kesehatan tubuh kita dengan mengubah pola hidup sehat. Seperti yang dibahas pada artikel kali ini, kita akan mengulas ragam kandungan yang ada di dalam tumbuhan sawi untuk menjaga kesehatan tubuh kita.
Kandungan yang terdapat di dalam tanaman sawi hijau yakni :

Beberapa ilmuwan biologi mengatakan, bahwa dalam setiap tumbuhan itu pasti memiliki kandungan tersendiri. Kandungan yang terdapat di dalam tumbuhan tersebut juga pasti akan bermanfaat untuk menjaga kesehatan tubuh kita, terutama pada tumbuhan yang paling banyak dibudidayakan, sebagai contohnya adalah sawi hijau. Sawi hijau memiliki banyak kandungan senyawa yang alami seperti energi 20 kkal, protein 1,7 gr, lemak 0,4 gr, karbohidrat 3,4 gr, kalsium 123 mg, fosfor 40 mg, zat besi 2 mg, Vitamin b1 0,4 mg, Vitamin K, dan Vitamin C 3mg yang bermanfaat sebagai antioksidan yang utuh.

Berikut manfaat dan Khasiat sawi untuk kesehatan tubuh manusia :

1. Meminimalkan risiko penyakit diabetes tipe 2
Penyakit diabetes tipe ini, merupakan salah satu penyakit diabetes yang sudah memasuki masa bahaya. Di mana si penderita tersebut akan mengalami kekeroposan pada bagian kulit yang terdapat luka. Sehingga sampai saat ini, salah satu cara tim medis untuk menyelamatkan penderita dari maraknya luka yang diakibatkan diabetes tipe 2, adalah dengan cara diamputasi. Kebayang bukan.. bagaimana kalau seandainya seseorang mengalami masalah seperti ini.

Nah... bagi anda yang mempunyai teman, sanak famili atau saudara, jika memiliki kadar gula darah tinggi atau melebihi dari batas normal, sebaiknya mencegahnya dimulai dari sekarang. Lantas bagaimana upaya yang baik untuk mengurangi risiko terjadinya penyakit tersebut?

Kita bisa memanfaatkan kandungan senyawa alami yang terdapat di dalam sayur sawi hijau, yakni dikonsumsi setiap hari sebagai lalapan atau masakan sayuran.

2. Mengurangi risiko radang
Manfaat sayuran yang satu ini ternyata juga tak kalah penting dengan manfaat buah-buahan yang biasanya kita konsumsi setiap hari, seperti buah jeruk, buah apel, dan buah naga. Kandungan Quercetin dan Fitonutrien yang terdapat di dalam sayur sawi, sangat baik untuk memerangi bakteri yang ada di dalam tubuh kita.

Sehingga dengan begitu mengonsumsi sayur sawi secara rutin, baik itu dalam bentuk tumis maupun jus, maka risiko terjadinya radang di dalam diri kita secara tidak langsung akan terkurangi. Baik radang tenggorokan maupun radang yang terdapat di dalam usus halus.

3. Membantu program diet
Kandungan lemak yang terdapat di dalam tanaman ini memang tidak banyak. Dengan begitu tanaman sawi juga sangat layak dikonsumsi bagi penderita kolesterol. Selain itu, bagi anda maupun seseorang yang ingin melakukan program diet secara sehat, bisa mengonsumsi tanaman sawi hijau sebagai makanan untuk selingan lauk di setiap harinya.
image: nandyala.org
4. Menjaga kesehatan tulang
Selain nikmat rasanya, ternyata tanaman sawi hijau juga memiliki kandungan senyawa kalsium dan Vitamin K. Yang merupakan asupan penting serta dapat bermanfaat untuk menjaga tulang dalam tubuh kita. Beberapa ilmuwan kesehatan menyatakan, bahwa seseorang yang memiliki kekurangan asupan vitamin K dan kalsium, maka orang tersebut akan lebih rentan berisiko patah tulang jika salah satu bagian tubuhnya terbentur ke permukaan yang keras.

Maka alangkah lebih baiknya kita menjaga kesehatan tulang sejak dini, dengan cara memperbanyak mengonsumsi sayur sawi.

5. Mencegah sel kanker jahat
Dalam tubuh manusia terkadang terdapat sel kanker jahat dan sangat berbahaya jika sel kanker tersebut tidak dituntaskan dengan segera. Suatu pertanyaan telah diajukan oleh sebagian netizen ke salah satu ilmuwan kedokteran. ‘’Kenapa jika di setiap tubuh kita memiliki sel kanker yang jahat tapi badan kita tetap terasa sehat, dan bahkan tidak ada gangguan kesehatan sedikit pun..?

Perlu kita ketahui, di dalam tubuh setiap orang memang memiliki beberapa sel kanker yang jahat, dan juga dapat membahayakan kesehatan tubuh kita jika asupan gizi kurang terjaga. Setiap tubuh seseorang pasti memiliki antioksidan yang kuat, dan karena antioksidan itulah yang membuat sel kanker di dalam tubuh menjadi jinak dan tidak merajalela.

Bagi anda yang takut akan maraknya sel kanker di dalam tubuh, ada baiknya mencegah penyebaran sel kanker tersebut dengan cara mengonsumsi makanan yang mengandung antioksidan tinggi, layaknya sayur sawi.

6. Memberi nutrisi kulit dan rambut
Ternyata sawi hijau juga memiliki manfaat yang lebih baik untuk mengubah penampilan kita supaya bisa terlihat feminin dan menawan. Tanaman sawi diperkaya dengan vitamin A dan juga Vitamin C yang melimpah. Manfaat dari vitamin A sendiri adalah untuk menjaga produksi sebum di rambut tetap normal. Itulah sebabnya rambut kita akan terlihat lebih hitam, lembab, dan tampak berkilau.

Selain itu kandungan vitamin C yang ada di dalam tanaman sawi hijau juga sangat bermanfaat untuk menjaga kesehatan kulit kita. Di mana manfaat dari vitamin C sendiri pada kulit adalah : Untuk membantu mengangkat flek hitam yang terdapat di dalam kulit, akibat bekas luka ringan ataupun lecet.

7. Memenuhi asupan nutrisi tubuh yang baik
Tanaman sawi juga dapat membantu memenuhi kebutuhan nutrisi setiap hari. Di dalam kandungan tanaman sawi terdapat berbagai jenis senyawa yang baik untuk kesehatan tubuh. Seperti nilai gizi, nutrisi, dan vitamin yang mencukupi, menjadikan  tanaman sawi banyak diburu dan dikonsumsi oleh seluruh masyarakat di Indonesia. Selain memiliki harga yang murah, Jenis sayuran sawi ini juga memiliki banyak manfaat, dan bahkan dapat membantu memenuhi kebutuhan nutrisi harian kita setiap hari.

Efek samping tanaman sawi bagi kesehatan tubuh manusia :

Seperti tumbuhan yang lain, tanaman sawi ini tergolong ke dalam keluarga Brassica, dan mungkin akan berpotensi menyebabkan pembengkakan yang terjadi di kelenjar tiroid. Untuk itu, supaya lebih aman dan terbebas dari efek samping sayuran tersebut, disarankan bagi kita untuk mengonsumsi sayuran ini dalam keadaan matang. Dan tidak diperbolehkan mengonsumsi tanaman ini dalam kondisi mentah atau belum dimasak.
Artikel Terkait