Posisi Tidur Sehat Ini Ampuh Atasi Gejala Penyakit Kronis

image: guardyourhealth.com
Tidur yang cukup memang sangat penting demi menunjang kebugaran vitalitas tubuh. Dan pastinya anda sudah mengetahui apa saja manfaat lain jika tubuh memiliki waktu istirahat memadai. Begitu pula sebaliknya, bilamana tubuh kekurangan waktu tidur, maka dampak bahayanya juga tak bisa diremehkan begitu saja bukan...?

Terlepas dari situ semua, bahwa posisi tidur ternyata juga sangat menentukan akan kesehatan tubuh anda. Karena jika anda memiliki posisi tidur dengan baik, di situ akan memberikan manfaat bagi kesehatan tubuh. Bahkan ada beberapa teknik khusus dalam mengatur posisi tidur yang mampu mengatasi beberapa kondisi kronis pada tubuh. 

Biasanya mengenai posisi tidur ini kerap kali diabaikan oleh sebagian kalangan. Padahal jika diperhatikan secara cermat, ada juga jenis posisi tidur yang justru membuat tubuh merasa sakit dan tidak nyaman. Layaknya posisi tidur dengan tengkurap, yakni secara medis tak dianjurkan. Karena posisi tidur sambil tengkurap bisa membuat tubuh terus bergerak dan tidak nyaman. Selain itu, posisi tersebut juga dapat menyebabkan sakit punggung, leher, serta menambah kerutan di wajah.

Bahkan berdasarkan hasil studi yang telah dilakukan di University Of Queensland oleh Dr. Damian Hoy, menunjukkan bahwa terjadinya nyeri punggung merupakan penyebab nomor satu dari terjadinya kecacatan di seluruh dunia. Permasalahan semacam ini merupakan gejala penyakit kronis, yang disebabkan oleh posisi tidur kurang tepat.

Lantas, Bagaimana posisi tidur yang baik dan mampu menyehatkan tubuh, serta menanggulangi beberapa gejala penyakit kronis...?

1. Posisi Tidur Untuk Mengatasi Sakit di Bagian Punggung
Mengalami nyeri punggung tentunya kurang mengenakkan. Bahkan kondisi ini bisa lebih parah jika tidak segera ditanggulangi. Tidak selalu menggunakan teknik pengobatan yang ada untuk mengatasinya. Namun untuk membuat rasa sakit di punggung menjadi mereda, anda juga bisa mengetahui posisi tidur yang tepat. Cobalah untuk menggunakan bantal tipis saat hendak tidur, atau dapat pula meletakkan bantal di antara kedua lutut anda. Selain itu, Anda juga bisa memposisikan tidur menyamping dengan posisi lutut sedikit ditekuk agar posisi punggung tetap dalam keadaan lurus. 

Dengan cara tidur seperti itu, akan membuat posisi pinggul lurus dan meringankan tekanan terhadap tulang punggung bagian bawah. Lakukan secara rutin, hingga sampai nyeri bagian punggung dapat diredakan secara alami.

image: globalspine.net
2. Posisi Tidur Untuk Mengatasi Asam Lambung dan Perut Mulas
Cukup dikenal dengan istilah ‘’Gastroesophageal Reflux Disease’’ mengenai terjadinya asam lambung ini. Yang mana kondisi penyakit tersebut mampu menjalar pada permasalahan yang cukup kronis. Seperti memicu kerusakan lambung, tenggorokan, sinus, bilamana tak  segera diatasi. Bahkan di saat tubuh terkena asam lambung, tentu memperhatikan setiap makanan yang dikonsumsi itu sudah seharusnya. Oleh karena itu, anda juga bisa mengatasinya dengan mengatur posisi tidur secara tepat dan benar.

Cara agar permasalahan semacam ini dapat diatasi, yakni dengan mengubah posisi tidur anda menjadi miring. Dengan begitu, gravitasi tubuh akan membantu menjaga kesehatan organ lambung, agar tetap bekerja dengan lebih baik. Selain itu, posisi tidur miring juga mampu meningkatkan sistem kerja Limfatik, untuk membersihkan racun berbahaya dan mengatur kadar asam dalam perut. Sehingga jika anda sedang terkena asam lambung atau perut terasa mulas, bisa meredakannya dengan cara mengubah posisi tidur miring ini. 

Bagaimana dengan posisi tidur terlentang untuk menanggulangi asam lambung...?

Itu juga ada baiknya bila untuk pencegahan naiknya asam lambung. Sementara dengan sambil memposisikan wajah ke atas, maka tidak sampai menyebabkan munculnya kulit keriput di bagian wajah anda. Namun posisi tidur terlentang ini juga dapat memicu terjadinya dengkuran saat tidur.

3. Posisi Tidur Untuk Mengatasi Nyeri Leher
Tidur yang baik saat mengalami nyeri leher, anda bisa memposisikan tidur sambil terlentang, atau juga bisa menggunakan sarung leher agar posisi tingkat leher tidak sampai tegang layaknya tubuh sedang membungkuk. Selain itu, untuk mengatasi nyeri leher agar tidak semakin parah, maka posisi tidur miring juga menjadi salah satu solusinya.

4. Posisi Tidur Untuk Mengatasi Insomnia
Merasa sulit tidur merupakan suatu hal yang tidak nyaman bukan..?, Apalagi bila insomnia ini terus dibiarkan, maka dalam jangka panjang justru dapat menjalar pada gangguan tubuh lebih parah. Oleh karena itu, menanggulangi terjadinya insomnia sejak dini, merupakan langkah tepat yang perlu diterapkan.

Dengan cara mengubah posisi tidur miring / ke samping, maka juga mampu mengurangi kemunculan insomnia. Namun di sisi lain, tidur miring ini juga memiliki efek negatif, yakni dapat memicu munculnya kerutan di bagian wajah. Akan tetapi dari berbagai penelitian telah menunjukkan, bahwa tidur menyamping banyak sekali dampak positifnya bagi kesehatan tubuh anda.
Artikel Terkait

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar