Cara Agar Cireng Gurih Dan Tak Gampang Meletus Saat Digoreng

image: indoindians.com
Rasa gurihnya memang tak kalah dengan jajanan Nusantara lainnya, sebut saja Cireng. Jenis gorengan ini ternyata mampu menarik perhatian bagi seluruh kalangan, baik untuk dikonsumsi anak-anak, maupun orang dewasa tak sabar menikmatinya. Begitu penasaran saat melihat gorengan ini disajikan, karena dengan bahan-bahan simpel, Cireng mampu disuguhkan dengan rasa yang cukup menggoda lidah.

Oleh karena itu, sudah sepantasnya bila anda juga tak sabar untuk membuatnya sendiri di rumah bukan...?. Namun saat jajanan ini diolah dan digoreng di atas wajan penggorengan, secara tak terduga Cireng mengeluarkan letusan panas dan mengenai  kulit tubuh, serta lengket sekali di wajan. Sehingga kerap menjadikan anda kapok membuat dan menggoreng Cireng sendiri.

Namun sekarang anda tak usah bingung untuk membuat jajanan enak ini. Karena ada resep jitu agar bisa membuat Cireng yang gurih, lezat, dan tak sampai meletus saat digoreng. 

Dan berikut ini langkah-langkah untuk mengolah Cireng yang perlu anda terapkan :

1. Siapkan Bahan-bahannya :
 
a. Tepung Kanji 250 gram
b. Santan yang dicampurkan air mendidih  200 ml
c. Bawang Putih 4 siung
d. Bubuk merica  1 Sdm
e. Daun bawang
f.  Garam
g. Tepung Terigu Secukupnya

2. Cara Mengolah Adonan Jadi Cireng Mentah :
 
a.  Pertama kali siapkan baskom, dan masukkan tepung kanji ke dalamnya.

b. Tambahkan merica bubuk, garam secukupnya, bila perlu penyedap rasa dan aduklah hingga merata.

c. Irislah bawang putih yang disediakan, kemudian masukkan ke dalam wadah bersama santan, aduklah dan barulah mencampurkannya ke dalam baskom yang berisi tepung kanji tadi. Usahakan santan sudah dicampurkan air mendidih, sehingga semua bahan lebih mudah bercampur jadi satu.

d.  Aduk-aduk adonan sampai merata dengan sendok. Dari situ adonan akan tampak kurang  air, namun jangan dulu ditambah air agar adonan tidak terlalu lembek.

e. Setelah adonan sudah diaduk merata, anda bisa langsung memasukkan irisan daun bawang secukupnya saja.

f. Lalu barulah anda bisa membentuk adonan menjadi Cireng mentah dengan menambahkan tepung terigu.

g. Tepung terigu ini akan membantu mempermudah pembentukan Cireng mentah, dan membuatnya tidak sampai melekat saat digoreng.

3. Perhatikan Cara Menggoreng Cireng Agar Tak Sampai Meletus

a. Cara pertama yakni : Usahakan minyak terlebih dahulu dipanaskan. Setelah minyak goreng panas, baru kecilkan api sedikit, kemudian masukkan Cireng di wajan penggorengan.

b. Cara kedua yakni : Sediakan wajan penggorengan ukuran besar, tuangkan minyak goreng, dan masukkan Cireng. Setelah itu, barulah anda dapat menyalakan api dan gorenglah Cireng sampai matang.

c. Cara yang ketiga : Celupkan semua Cireng mentah ke dalam minyak goreng dingin terlebih dahulu. Siapkan wajan dan masukkan minyak goreng, nyalakan kompor, dan tunggu hingga minyak panas. Barulah anda dapat meletakkan Cireng tadi di wajan penggorengan. Gorenglah Cireng sampai benar-benar matang, baru sajikan. 

Tambahan : Dalam menggoreng jajanan ini memang harus dibutuhkan kesabaran, serta tepat dalam mengukur suhu panas minyak goreng. Agar Cireng memiliki hasil maksimal dan lebih sehat dikonsumsi, maka gunakanlah minyak goreng baru. Selamat mencobanya.....!!!
Artikel Terkait