Sebelum Menyesal, Mulai Sekarang Jangan Lakukan Ini di Kamar Tidur

image : 105.net
Setiap manusia pasti akan merasa lelah setelah menjalankan berbagai aktivitas, baik aktivitas fisik maupun berpikir. Salah satu hal yang bisa kita lakukan jika tubuh merasa lelah adalah beristirahat, yang bertujuan untuk menormalkan energi yang sudah terbuang. Namun tahukah anda, tidur saat lampu menyala itu ternyata bisa berakibat fatal bagi kesehatan. Nah, berikut adalah beberapa ulasan tentang kenapa tidur di waktu lampu menyala bisa memperburuk kesehatan kita.


1. Menyebabkan gangguan tidur

Efek buruk pertama jika kamu tidur saat lampu menyala, maka kemungkinan besar tidurmu akan mengalami masalah seperti turunnya kualitas tidur, dan mata sulit terpejam. Hal ini memang sudah banyak terjadi di mana-mana dan riset mengatakan, sebagian orang mengalami gangguan insomnia jika mereka tidur dengan lampu menyala. Itu sebabnya orang banyak mematikan lampu kamar untuk menghindari masalah seperti ini.

2. Menghambat produksi hormon melatonin

Jika kamu terbiasa tidur dengan lampu menyala, maka bahaya berikutnya yang bisa saja terjadi adalah tubuh mengalami penghambatan produksi hormon melatonin. Hormon melatonin adalah salah satu jenis hormon yang dihasilkan tubuh, berfungsi untuk memerangi sel kanker ganas.

3. Rasa pegal pada mata

Salah satu penyebab mata lebih cepat rusak adalah ketika kita tidur dengan kondisi lampu menyala. Sementara kebanyakan orang tidur dengan posisi miring itu bertujuan untuk menghindari paparan cahaya yang diluncurkan oleh lampu, agar tidak masuk ke retina mata. Nah bagi kamu yang khususnya terbiasa tidur dengan posisi telentang, maka sudah pasti akan terasa silau yang bisa menyebabkan lelah pada mata.

4. Mengakibatkan depresi

Beberapa peneliti juga banyak yang mengatakan, bahwa bahaya tidur dengan lampu menyala juga bisa menyebabkan depresi yang meningkat, yang pada akhirnya otak akan terus bereaksi dan menyebabkan kamu sulit tidur.

5. Gangguan metabolisme

Gangguan metabolisme dapat terjadi pada tubuh, jika anda memiliki kebiasaan menyalakan lampu pada saat tidur. Sementara, metabolisme dalam tubuh bekerja sebagai pembantu penyerapan nutrisi yang kita konsumsi berupa makanan dan mineral. Nah jika masalah metabolisme ini terganggu, maka kemungkinan besar tubuh tidak bisa mendapatkan asupan nutrisi yang cukup. (hallsht)

Artikel Lainnya :