Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Fakta Tentang Drone, Kini Mulai Dikembangkan Dalam Berbagai Bidang

Pesawat kecil tanpa awak yang biasa diterbangkan atau disebut dengan istilah Drone atau UAV (Unmanned Aerial Vehicle), ternyata memiliki kegunaan yang luar biasa dalam membantu manusia di berbagai bidang. Namun bentuk dari Drone kini tidak hanya didesain seperti pesawat saja, akan tetapi Drone juga sudah mulai dikembangkan dengan menggunakan jalur darat. Karena bentuknya yang unik, keren dan bervariasi, menjadikan Drone semakin marak dikalangan masyarakat termasuk di tanah air indonesia. Dengan hanya menggunakan remote control sebagai alat untuk mengendalikannya, Drone digunakan dalam berbagai kepentingan yang ada dalam kehidupan manusia. Teknologi baru ini sudah memiliki beberapa komunitas khususnya di tanah air, yang salah satunya adalah AR Drone Indonesia sebagai komunitas Drone yang paling aktif. 

Drone jika dilihat sekilas memang seperti mainan yang bisa terbang, akan tetapi kegunaannya lebih dari itu. Karena Drone bisa meringankan beban pekerjaaan manusia dalam membantu di berbagai situasi sulit yang memungkinkan manusia terlalu berat atau berisiko tinggi dalam melakukan pekerjaan tersebut. Oleh karena itu, Drone sudah diakuisisi oleh Negara-negara maju dan berkembang di dunia akan kegunaan yang begitu kompleks, sehingga membuat Negara juga merasa diuntungkan dalam berbagai bidang. Inilah fakta dari Drone yang mulai dibutuhkan manusia dalam berbagai bidang.
1. Drone sebagai alat pengantar barang
image : Viva.co.id

Drone menggantikan tugas pelayan direstoran untuk mengantarkan makanan yang dipesan oleh konsumen. Hal demikian sudah diterapkan oleh sebuah restoran yang ada di Singapura sebagai pelayan mengantar makanan dengan jumlah yang tidak sedikit dengan drone terbarunya yang bernama Project Wing. Begitu juga dengan amazon yang sudah menggunakan pengiriman barang via  Drone sebagai asumsi untuk mempermudah pegiriman barang. Secara tidak langsung model pengiriman via Drone seperti ini, selain mempermudah pengiriman juga bisa digunakan sebagai hiburan penarik pengunjung atau pembeli.
2. Drone sebagai angkatan militer
image : Dailymail.co.uk

Teknologi Drone sudah mulai dikembangkan oleh para peneliti Amerika Serikat dalam bentuk tank yang diberi nama Ripshaw. Drone tank tersebut tidak lagi menggunakan sopir karena semua sistem kinerja yang ada di dalamnya sudah dikendalikan oleh sistem remote. Dengan menggunakan Drone tersebut, Amerika Serikat akan memperkuat pertahanan militer mereka melalui jalur darat. Walaupun masih tahap uji coba, Drone tank tersebut mampu melaju hingga 1 kilometer dalam berbagai rintangan yang ada.
3. Drone digunakan untuk kesehatan
image : psfk.com

Untuk menolong pasien yang terkena serangan jantung, hendaknya harus segera ditangani. Oleh karena itu Alec Moment dari Delf University, Belanda, Berhasil menciptakan Drone Ambulance yang sudah dilengkapi dengan peralatan defibrillator (stimulator detak jantung) yang berfungsi untuk menolong pasien serangan jantung sebagai pengganti Ambulan. Drone ini bisa melaju dengan kecepatan 100 KM per jam. Jadi sangat efektif untuk menangani pasien serangan jantung dengan segera.
4. Drone sebagai pemantau bencana alam
image ilustration : Trust.org

Pada saat terjadi bencana Typoon haiyan di Filipina, Drone dapat membantu para relawan untuk mengetahui medan bencana yang ada di sekitar kejadian. Sehingga dengan bantuan drone sebagai pemantau bencana ini, bisa diketahui jumlah korban mencapai 6000 orang dengan kondisi hancur berantakan. Sungguh  sulit sekali bagi para relawan untuk mencari korban-korban yang masih belum ditemukan dan sulit dalam pemetaan lokasi, jika tanpa bantuan drone tersebut.
5. Drone sebagai alat fotografi
image : Xswmag.nl

Ketika anda ingin mengambil gambar dari sudut pandang yang berdeda, Drone juga bisa digunakan sebagai medianya. Karena dengan menggunakan kamampuan Drone yang bisa mencapai sudut-sudut pandang tertentu, anda bisa lebih leluasa mengambil gambar dengan sesuka hati.

Setidaknya hal demikian bisa dijadikan kabar bagi kita bahwa perkembangan Drone saat ini berkembang pesat untuk digunakan dalam berbagai kebutuhan.