Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

10 Fakta Unik ‘Kentut’ Yang Perlu Anda Ketahui

image : 1000awesomethings.com
Kentut adalah bagian dari anugerah yang harus kita syukuri. Kenapa ?, Karena kentutlah gas - gas yang tidak lagi dibutuhkan oleh tubuh bisa terbuang. Ini berarti menandakan bahwa sistem pencernaan kita berjalan dengan lancar dan berfungsi dengan baik. Bisa anda bayangkan jika kentut sampai tidak bisa keluar, Maka tubuh kita akan mengalami hal buruk yang mengakibatkan  beberapa penyakit terutama pada sistem pencernaan seperti lambung. Kentut juga sering dijadikan bahan tertawaan dan candaan oleh anak - anak, remaja, bahkan bisa menjadi bahan ejekan yang membuat si pelaku kentut tidak nyaman.

Oleh karena itu kita harus hati - hati jika hendak mau mengeluarkan gas yang satu ini, Karena jika salah target malah akan menyebabkan hubungan yang tidak harmonis kepada orang - orang di sekitar kita. Ketika kita hendak mau kentut, hendaknya  segera menjauh dari orang - orang di sekitar kita, Agar tidak mengganggu mereka yang sedang beraktifitas. Jika bicara tentang gas yang satu ini, tahukah anda jika kentut punya 10 fakta unik yang mungkin belum Anda ketahui ?, Berikut keterangannya :

1. Kentut bisa mengindikasikan masalah pada usus dan lambung
Gas kentut yang keluar memang membuat tubuh kita sehat. Akan tetapi jika kentut berlebihan bisa menyebabkan  penyakit lambung dan usus, maka dari itu kentut bisa menjadi tanda untuk mengetahui masalah pada usus dan lambung anda.

2. Kentut yang tak berbau
Kentut yang tak berbau memang semua orang pernah mengalaminya. Dan fakta dari kentut yang tak berbau tersebut disebabkan karena seseorang menelan udara ke dalam sistem pencernaan.

3. Kentut yang berbau 

Kentut yang berbau dikarenakan seseorang makan - makanan yang banyak mengandung sulfat. Biasanya makanan yang mengandung sulfat, terdapat pada brokoli, almond dan kembang kol serta zat sulfur. Selain itu kentut yang berbau juga disebabkan oleh mercaptans yang banyak terdapat pada daging - dagingan dan susu.

4. Berapa kali kentut dikeluarkan oleh seseorang ?
Tahukah anda  bahwa rata-rata orang  mengeluarkan kentut sebanyak 10 kali bahkan lebih dalam kurun waktu sehari.

5. Berapa Banyak gas kentut yang dikeluarkan pada umumnya ?
Hampir setiap orang bisa mengeluarkan hingga 2 liter gas kentut dalam waktu 24 jam. Mungkin hal demikian belum terlintas dalam pikiran Anda untuk mengukur sendiri, seberapa banyak gas kentut yang anda keluarkan setiap harinya.

6. Pria lebih sering mengeluarkan kentut dibandingkan kaum wanita
Mengapa pria itu lebih sering kentut dibandingkan wanita..?, Karena Seorang pria lebih cepat dalam mengkonsumsi makanan dibandingkan wanita.

7. Sering mengunyah permen karet dapat menyebabkan kentut
Berdasarkan penelitian American College of Gastroenterology, mengunyah permen karet atau menghisapnya, akan membuat seseorang lebih sering mengeluarkan gas kentut dibandingkan orang yang tidak mengunyah permen karet sama sekali. Sehingga hal demikian menjadi fakta bahwa orang yang suka permen karet akan lebih sering mengeluarkan gas kentut.

8. Gas kentut bisa terbakar
Kenapa gas kentut bisa terbakar….?, Ya, gas kentut bisa terbakar karena mengandung metana dan hydrogen yang apabila disodorkan dengan korek api, maka akan menyalakan api warna biru. Mungkin anda pernah melihat hal ini dilakukan oleh orang - orang atau teman yang ada di sekitar, ini memang benar - benar bisa terjadi.

9. Gas kentut bisa berbunyi
Seseorang yang memiliki lubang anus besar biasanya tidak bersuara saat mengeluarkan gas kentut. Dan sebaliknya, Bahwa orang yang memiliki lubang anus kecil, akan bersuara keras ketika mengeluarkan gas kentut. Sekarang anda pasti sudah tahu tentang penyebab orang yang mengeluarkan bunyi gas kentut dengan suara keras dan tidak.

10. Kuatnya anda menahan kentut dipengaruhi oleh otot sphincter
Tahukah anda bahwa seberapa kuat kita bisa menahan gas kentut yang akan keluar.  Hal demikian tergantung dari seberapa kuat otot sphincter kita yang terdapat di dalam anus. 

Itulah fakta - fakta unik dari gas kentut yang perlu anda ketahui. Jadi bisa disimpulkan bahwa kentut bisa  menjadi  tanda untuk mengetahui  sistem pencernaan kita berjalan dengan baik, akan tetapi jika kentut berlebihan dan berbau tajam juga bisa mengidentifikasikan masalah yang terjadi pada sistem pencernaan kita.