Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

6 Cara Mudah Atasi Kebotakan Secara Alami

arbamedia.com - Mengalami fase pertumbuhan rambut yang lebih pendek, Hingga seseorang bisa mengalami kebotakan, ini memang sangat mengganggu penampilan. Lantas apa saja yang menjadi penyebabnya..?, Tentunya anda bisa mengerti bahwa terjadinya kebotakan itu bukan disebabkan karena seseorang itu terlalu pintar kan..?, Tetapi ada beberapa faktor yang mempengaruhi kebotakan terjadi, Diantaranya bisa disebabkan oleh siklus rambut normal terganggu, ketidakseimbangan hormon, infeksi yang mempengaruhi kulit kepala, gangguan mental yang dikenal dengan sebutan trikotilomania, dan masih banyak lagi penyebab lainnya. 

Banyak orang yang memilih untuk mencukur habis rambut mereka dalam mengatasi kebotakan yang dialami. Hal demikian karena kebotakan seringkali menjadi salah satu faktor yang cukup dominan, serta bisa merusak penampilan. Sehingga kebotakan tersebut bisa menjadikan diri seseorang malu dan tidak bisa tampil percaya diri ketika dilihat oleh banyak orang. Oleh karena itu, Sebagian orang biasanya memutuskan untuk cenderung membuat rambut menjadi plontos (gundul), Agar tidak terkesan botaknya.  

Sebenarnya seseorang tidak perlu membuat rambut menjadi plontos, Karena masih banyak alternatif lain yang cukup efektif untuk mengatasi kebotakan. Yakni dengan menggunakan cara alami untuk menjadikan rambut anda bisa tumbuh subur seperti sediakala. Dan inilah 6 cara yang mudah untuk mengatasi kebotakan yang bisa anda terapkan.

1. Dengan kulit apel
Kulit apel memang bisa untuk mengatasi kebotakan yang anda alami. Hal demikian karena pada kulit apel diperkaya oleh antioksidan yang dapat melancarkan peredaran darah, Sehingga bisa menjadikan pertumbuhan pada rambut menjadi lebih berkualitas. Sealin itu, Pada kulit apel juga terdapat polifenol yang berguna untuk mengurangi masalah kerontokan pada rambut anda. Dengan cara menghaluskan kulit apel terlebih dahulu, Kemudian dibuat masker pada rambut yang mengalami kebotakan, Setelah itu diamkan  selama 15 hingga 20 menit. Dan apabila sudah selesai, Maka basuhlah rambut dengan air hingga bersih. Lakukan secara rutin sampai anda bisa merasakan khasiatnya.

2. Dengan Biji kemiri
Memang kemiri cukup dikenal sejak zaman kuno sebagai obat alami untuk mengatasi kebotakan. Karena kemiri sendiri memiliki khasiat sebagai penyubur dan penghitam rambut. Dengan cara membakar terlebih dahulu biji kemiri tersebut, Kemudian menghaluskannya, Setelah itu anda bisa mengoleskan pada rambut secara keseluruhan, Yaitu dari akar sampai ujung rambut. Diamkan selama beberapa saat, Kemudian anda bisa keramas pada keesokan harinya, dan basuh rambut dengan air sampai bersih. Hendaknya anda bisa melakukannya selama 2 kali dalam seminggu, Agar bisa mendapatkan hasil yang maksimal.

3. Menggunakan Kuning Telur
Pada telur, Terdapat kuning telur yang bisa berguna untuk mengatasi kebotakan. Hal demikian karena kemampuan telur itu sendiri bisa menumbuhkan rambut, Sekaligus merawat kesehatan rambut agar tetap hitam dan berkilau. Dengan cara memisahkan kuning telur dari putih telurnya terlebih dahulu, Kemudian anda bisa mengoleskan kuning telur tersebut kepada seluruh bagian rambut hingga rata, Dan kombinasikan dengan menggunakan pijat lembut selama 10 hingga 15 menit. Lakukan cara ini secara rutin selama 4 sampai 5 kali dalam seminggu, Agar bisa mendapatkan hasil yang memuaskan.

4. Dengan santan Kelapa
Perlu anda ketahui, Bahwa di dalam santan kelapa terdapat vitamin yang cukup berguna sekali untuk menjaga kesehatan rambut. Selain itu, Santan kelapa juga dapat membantu produksi folikel pada rambut anda, Yang semuanya itu bisa menjadikan pertumbuhan rambut bisa berkembang dengan baik. Dengan cara mengoleskan santan pada kulit kepala dan rambut secara keseluruhan, Kemudian diamkan selama beberapa menit. Dan sesudah itu, Anda bisa membasuh rambut dengan air sampai bersih.

5. Menggunakan cuka
Khasiat cuka juga berguna untuk mengatasi kebotakan. Hal demikian karena pada cuka terdapat kandungan yang mampu menyehatkan rambut dan mengurangi terjadinya ketombe pada rambut. Dengan cara mengoleskan cuka pada rambut hingga merata, ini memang cara yang cukup efektif untuk mengatsi kebotakan. Sehingga membuat semua ketombe pada rambut hilang dan pertumbuhan rambut pun menjadi subur dan sehat.

6. Dengan minyak zaitun
Tahukah anda, Bahwa minyak zaitun berguna untuk mengatasi kebotakan. Alasan yang menjadikan minyak zaitun menjadi obat alami kebotakan, Karena kandungan minyak zaitun berfungsi untuk menumbuhkan rambut dan juga sekaligus bisa menyehatkan rambut anda. Dengan cara mengambil minyak zaitun sebanyak 4 tetes saja, Kemudian oleskan pada rambut secara rutin, sehingga anda akan merasakan khasiatnya.