Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Makanan Terbaik Untuk Turunkan Kolesterol Jahat

Seperti apa cara yang tepat untuk menurunkan kolesterol jahat ?, Kolesterol jahat yang tinggi dalam tubuh memang harus segera ditanggulangi, Agar tidak menimbulkan beberapa penyakit serius yang membuat kondisi kesehatan dalam tubuh terancam. Banyak risiko penyakit yang disebabkan oleh tingginya kolesterol dalam tubuh, Diantaranya gagal ginjal, serangan jantung, stroke, gangguan vitalitas pria dan lainnya. Menggunakan cara alami memang perlu anda terapkan untuk mengatasinya, Jika badan anda mulai kurang sehat karena kolesterol tinggi.

Sebelumnya perlu anda ketahui, Bahwa kolesterol merupakan lemak yang diproduksi oleh hati yang berperan penting bagi kesehatan tubuh. Namun, Jika kandungan kolesterol dalam tubuh terlalu berlebihan itu juga tidak baik. Karena jika terlalu banyak kolesterol dalam aliran darah yang kemudian tersimpan di arteri, Akan menimbulkan beberapa penyumbatan arteri yang mengakibatkan timbulnya beberapa penyakakit serius.

Oleh karena itu, Perlu adanya tindakan penurunan kolesterol segera mungkin, Agar keseimbangan kolesterol dalam tubuh bisa terjaga dengan baik, Sehingga tidak menimbulkan kolesterol jahat dalam tubuh. Inilah lima makanan terbaik untuk menurunkan kolesterol jahat secara alami, Seperti dilansir pada laman health site :

1. Kacang-kacangan (
Almond, Pistachios, Hazelnut, Walnut )
Mengkonsumsi kacang-kacangan memang salah satu cara yang cukup efektif untuk menurunkan kolesterol jahat dalam tubuh. Kacang-kacangan tersebut seperti Almond, Pistachios, Hazelnut, Walnut yang semuanya itu mengandung asam lemak tak jenuh, Yang dapat menyehatkan pembuluh darah anda. Hendaknya anda mengkonsumsi kacang-kacangan tersebut dalam kondisi mentah tanpa ada campuran gula atau garam. Karena gula dan garam hanya akan menambahkan kalori pada kacang tersebut. Dan bila anda memiliki kolesterol yang tinggi, Hendaknya mengkonsumsi kacang-kacangan dengan jumlah yang wajar dan jangan terlalu berlebihan.

2. Ikan
Ikan juga termasuk mekanan yang baik untuk menurunkan kolesterol jahat dalam tubuh anda. Jenis ikan tersebut diantaranya adalah ikan Makarel, Salmon, Sarden, Herring, dan Halibut yang terkenal dengan kandungan Omega-3, berfungsi untuk menurunkan kolesterol jahat dan melindungi kesehatan pada jantung. Dengan cara merebus dan memanggang jenis ikan tersebut untuk dikonsumsi, Memang cara yang sangat dianjurkan. Dan jangan menggoreng ikan tersebut jika ingin menurunkan kolesterol jahat dalam tubuh. Karena hal itu hanya akan menambah jumlah lemak buruk bagi tubuh.

3. Bawang putih
Bawang putih yang dikenal sebagai rempah-rempah ini, Ternyata juga termasuk salah satu jenis bahan makanan yang bisa menurunkan kolesterol jahat dalam tubuh dengan baik. Karena zat sulfur yang menjadi antioksidan bisa melebarkan area pembuluh darah dalam tubuh. Dan bawang putih tersebut bisa anda konsumsi dalam kondisi mentah, Dengan cara mencampurkan pada makanan yang  dihidangkan untuk menurunkan kolesterol jahat dalam tubuh. Sehingga secara tidak langsung, Anda bisa mengambil khasiat dari bawang putih tersebut.

4. Bawang merah
Kandungan quercetin dalam bawang merah ini juga bisa membantu untuk menurunkan kolesterol jahat dalam tubuh anda. Karena quercetin ini dikenal sebagai antioksidan kuat yang mampu meningkatkan jumlah kolesterol baik dan menurunkan jumlah kolesterol jahat dalam tubuh. Oleh sebab itu, mengkonsumsi bawang merah memang bagus untuk menurunkan kolesterol jahat yang bisa membahayakan bagi kesehatan tubuh. Dalam proses penurunan kolesterol jahat, Maka anda bisa mengkonsumsi bawang merah mentah, Dan bisa anda jadikan sebagai salad atau jus.

5. Oat
Bila kolesterol dalam tubuh meningkat, Anda bisa menurunkannya dengan mengkonsumsi Oat. Hal itu dikarenakan Oat mengandung serat dan beta glukan yang bisa membantu anda untuk menunkan kolesterol jahat dalam tubuh. Selain itu, Pada serat Oat yang tinggi juga bisa bermanfaat untuk mengurangi tingkat penyerapan kolesterol dari makanan yang anda konsumsi. Sehingga Oat memang salah satu makanan yang efektif untuk menurunkan kolesterol jahat dalam tubuh anda.