15 Makanan Sehat Untuk Jantung dan Kecerdasan Otak

image: aqua4balance.com
Kesehatan jantung dan memori otak melemah sudah menjadi permasalahan yang harus segera diatasi dengan tepat, terutama pada zaman masa kini. Dimana kedua permasalahan tersebut cukup marak dan menjadi momok bagi kalangan masyarakat. Maka dari itu kita perlu menanggulanginya dengan cara yang tepat pula. Jantung dan otak merupakan organ penting bagi manusia. Keduanya pastinya sangat berpengaruh sekali terhadap rutinitas tubuh dalam setiap waktu. Apalagi kesehatan jantung dan otak itu sendiri akan rentan sekali terganggu jika kita tidak dapat menjaganya dengan baik.

Untuk menjadikan jantung sehat dan kecerdasan otak bekerja secara maksimal, ada beberapa makanan yang perlu dikonsumsi setiap hari. Bahkan beberapa jenis makanan tersebut, memiliki kandungan cukup efektif berguna meningkatkan kualitas jantung dan memori pada otak. 

Inilah daftar jenis makanan untuk menunjang kesehatan jantung dan otak :

1. Biji labu
Agar memiliki jantung kuat dan daya ingat pada otak meningkat, selain memperhatikan gaya hidup sehat, tentunya asupan makanan juga sangat dibutuhkan bukan..? Biji labu memang menjadi makanan pilihan untuk memenuhi asupan pada otak dan jantung. Karena mengandung zat seng dan asam lemak omega 3, keduanya dapat bermanfaat menurunkan kolesterol hingga mengasah kecerdasan otak. Efek positif selanjutnya tentu akan meningkatkan konsentrasi serta kejernihan dalam berpikir. Jadi, tidak hanya buah labunya saja yang memiliki manfaat untuk kesehatan tubuh, namun bijinya pun juga menyimpan rahasia luar biasa untuk otak dan kesehatan jantung.

2. Cokelat Hitam
Beda halnya cokelat biasa, Cokelat hitam ( Dark chocolate ) sangat kaya antioksidan dan kandungan anti-inflamasi. Senyawa tersebut berperan menurunkan tekanan darah serta memperbaiki aliran darah pada otak dan jantung. Mungkin dapat kita temukan beraneka jenis cokelat dijual di pasaran, tapi tidak semuanya memberikan keuntungan yang sama. Cara mudah untuk mengenalinya dapat melihat warna cokelat tersebut. Semakin gelap cokelat itu, maka manfaatnya pun akan semakin banyak untuk otak dan kesehatan jantung. Karena demikian merupakan pertanda bahwa betapa banyak jumlah senyawa baik yang tersimpan.

Menurut hasil studi dalam Jurnal Heart telah ditemukan ketika orang dewasa gemar mengonsumsi cokelat tiga kali dalam sebulan, mampu memperkecil kemungkinan untuk terkena atrial fibrillation ( Afib ) sebanyak 10 - 20 persen dibandingkan mereka yang hanya memakan cokelat sebulan sekali. Afib termasuk satu penyebab detak jantung tidak bisa berdenyut secara teratur. Gejala yang ditimbulkan diantaranya, dada terasa sakit, sesak nafas, kepala pusing, kelelahan, kebingungan dan palpilasi, dimana jantung seakan – akan berhenti berdetak.

3. Kurma
Pada dasarnya kurma telah lama menjadi sumber makanan kaya akan kandungan fosfor. Sehingga bisa dikonsumsi untuk menyehatkan jantung dan meningkatkan fungsi otak agar dapat bekerja maksimal. Peranan fosfor memang cukup dikenal membantu meningkatkan kualitas memori pada otak, serta mengatur detak jantung dalam tubuh ke titik reguler. Tapi kelebihan fosfor juga tidak baik untuk kesehatan. Bagi orang yang kekurangan fosfor dalam tubuh mereka, maka ini dapat dijadikan makanan pilihan untuk mengisi sela waktu, sekaligus membuat kesehatan jantung dan otak lebih terjaga.

4. Asparagus
Asparagus merupakan makanan baik untuk otak dan membuat jantung kita tetap sehat, maka jangan lewatkan untuk  memakannya setiap hari.  Tidak jauh beda dengan sayuran hijau lainnya, mereka didukung dengan sifat anti penuaan. Tentu ini sangat bagus untuk meminimalisir adanya kerusakan otak. Kandungan folat yang dihasilkan asparagus dapat bekerja sama dengan vitamin B12 untuk mencegah munculnya gangguan kognitif. Ditemukan dalam sebuah penelitian berasal dari Tufts University, bahwa orang tua yang memiliki cukup asupan folat dan vitamin B12, mampu tampil lebih bagus perihal tes kecepatan respon otak dan fleksibelitas mental.

Untuk Vitamin B12 sendiri dapat mudah ditemukan pada makanan seperti ikan, unggas, daging, dan susu. Ketiganya dapat dipadukan dengan asparagus diolah menjadi makanan sehat untuk otak seperti sup maupun jenis masakan lain. Lantas bagaimana peran Asparagus jadi makanan untuk kesehatan jantung anda…? mereka memberikan efek perlindungan bagi tubuh terhadap adanya serangan jantung.

Karena terdapatnya kandungan vitamin B beserta folat dengan jumlah mumpuni, akan membantu menurunkan kadar homosistein. Jika kadar homosistein terus dibiarkan meningkat, akibatnya memicu pembentukan plak di arteri, pada akhirnya akan merusak dinding pembuluh darah. Tak hanya itu alasan asparagus berperan sebagai makanan untuk kesehatan jantung maupun otak. Mereka juga diperkaya glutathione yang berfungsi sebagai suplai oksigen untuk otak, kemudian bersama – sama melindungi kesehatan jantung.

5. Apel
Kandungan antioksidan buah apel cukup tinggi. Layaknya quercetin, sangat berguna dalam menguatkan organ jantung sekaligus menjadi peningkat kecerdasan otak. Misalnya saja anda mengkonsumsi jenis apel merah, maka disitu terdapat kandungan antosianin, bertugas untuk mempertajam ingatan dan mencegah adanya kerusakan jantung dalam tubuh. Sehingga tidak salah kalau buah apel biasa dijadikan makanan super bagi para pasien dengan gangguan jantung. Makanan ini juga dimanfaatkan untuk menyuplai kembali terhadap memori otak yang lemah. Sehingga kesehatan jantung serta permasalahan otak bisa lebih mudah diatasi bukan…?


Gambar : healthyfoodhouse

6. Jeruk
Tubuhmu mungkin tidak secara langsung mampu meproduksi vitamin C. Maka buah jeruk terbukti kaya dengan vitamin tersebut sehingga dapat bekerja sebagai antioksidan kuat untuk kesehatan sistem kognisi. Sebagaimana ungkapan seorang penulis studi berasal dari University of Reading’s School of Psychology and Clinical Language Sciences, Dr Daniel Lamport, menunjukkan asparagus termasuk kelompok tumbuhan phytochemicals alami  yang kaya akan flavonoid.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa flavonoid ditemukan sehat untuk otak, karena mampu memperbaiki ingatan seseorang melalui jalur pensinyalan hipokampus pada otak. Sementara jeruk baik untuk kesehatan jantung dapat diketahui melalui hasil studi diterbitkan secara online pada American Journal of Clinical Nutrition, yang menemukan bahwa mengonsumsi dua cangkir jus jeruk setiap hari dalam kurun waktu satu bulan, terbukti mampu menurunkan tekanan darah diastolik, menyehatkan sistem kardiovaskular, dan meningkatkan kinerja lapisan pada pembuluh darah.

7. Ikan Salmon
Senyawa alami terdapat pada ikan Salmon yakni asam lemak omega 3, memang berguna untuk melindungi kesehatan jantung dan meningkatkan kualitas otak. Mengonsumsi jenis makanan ikan ini sangat dianjurkan  agar semua asupan pendukung bagi jantung dan otakmu bisa terpenuhi secara tepat. Ikan salmon biasa disuguhkan berupa lauk pauk, baik dipanggang, digoreng maupun digoreng, kandungan lemak sehatnya dapat dipergunakan untuk menyehatkan badan.

8. Madu
Mengonsumsi madu sangat dianjurkan di dunia kesehatan. Karena Gula alami ini mengandung vitamin B, antioksidan, kalium, dan fosfor. Mereka semua sangat baik bagi kesehatan jantung dan untuk otak sendiri dapat meningkatkan kinerjanya. Namun tak hanya itu saja, bahwa madu juga memiliki kandungan gula alami berguna untuk memasok energi ke otak.

9. Kenari
kenari menjadi sumber makanan kaya akan asam lemak omega 3, vitamin E, antioksidan, semuanya itu bisa digunakan untuk menguatkan fungsi jantung dan otak anda. Hal demikian karena semua kandungan itu, akan mengatasi semua plak saat menumpuk pada arteri. Sehingga dari situ bisa mencegah terjadinya stroke dan serangan jantung pada tubuh.

10. Brokoli
Mengenai brokoli sebagai makanan yang menyehatkan, tentunya kita tahu. Tapi Apakah mereka mampu memberikan reaksi positif untuk kesehatan jantung ? Dijelaskan dalam beberapa penelitian bahwa telah ditemukan senyawa disebut sulforaphane pada brokoli. Berdasarkan studi dilakukan oleh periset Imperial College London tersebut, menjelaskan hasilnya cukup signifikan bahwa kandungan sulforaphane memang benar – benar dapat mencegah peradangan di sekitar arteri. Sebenarnya penumpukan plak di arteri seringkali terjadi, sehingga hal itu menyebabkan adanya protein pelindung alami tubuh menjadi tidak aktif. Para peneliti meyakini bahwa sulforaphane dapat mengaktifkan kembali protein tersebut, akhirnya akan mampu mencegah peradangan yang timbul dan mencegah plak di arteri agar tidak sampai menumpuk kembali. Jadi, temuan menarik tersebut pastinya memberikan peluang bagi brokoli untuk menjadi makanan pelindung jantung bukan..?

Tidak diragukan lagi, menurut Harvard University School of Public Health, selain sulforaphane berfungsi penting dalam mencegah kerusakan pada lapisan pembuluh darah, terdapatnya vitamin B kompleks pada sayuran ini sehingga membantu mengurangi homosistein berlebih. Begitu pula untuk kesehatan otak, brokoli memiliki vitamin K berguna menguatkan kemampuan kognitif, ditambah temuan senyawa berupa Choline yang dapat menguatkan daya ingat. Para periset China pada sebuah studi terbaru diterbitkan dalam jurnal Genesis, menemukan bahwa mengonsumsi makanan mengandung  sulforaphane dapat memberikan manfaat terapeutik untuk pengobatan terhadap gangguan otak degeneratif.

11. Alpukat
Kandungan nutrisi yang terdapat pada buah alpukat ini, memang bisa anda gunakan untuk kesehatan jantung dan menguatkan memori otak anda. Yang mana mengkonsumsi alpukat akan bisa membantu untuk menstimulasi daya ingat menjadi lebih baik. Sementara Kandungan lemak tak jenuh tunggalnya akan meningkatkan kesehatan jantung dan menurunkankan tekanan darah. Dalam buku berjudul “Change Your Brain, Change Your Life”, Dr. Daniel G. Amen telah menjelaskan alpukat termasuk makanan sehat untuk otak paling utama. Kandungan folat di dalamnya dapat berkontribusi mencegah terjadinya kusut otak, yang merupakan satu faktor munculnya alzheimer.


Gambar : medicalnewstoday

12. Blue Berry
Buah enak Ini telah dinyatakan sebagai makanan anti kanker. Jadi, tidak salah kalau banyak dari kandungannya terbukti melindungi otak dari serangan stres oksidatif beserta polutan berbahaya bagi tubuh. Dari situ tentu menumbuhkan keyakinan bahwa buah blue berry sangat bermanfaat untuk mengurangi risiko gangguan dimensia layaknya alzheimer. Bukti kuat para ilmuan telah dinyatakan dalam Journal of Agricultural and Food Chemistry, bahwa mengonsumsi makanan sehat seperti : blue berry, stroberi, dan blackberry, telah memberi efek menguntungkan untuk otak, mereka terbukti membantu mencegah kehilangan ingatan terkait dengan usia.

Bahkan kita juga tak boleh melewatkan kandungan blue berry seperti serat, vitamin C, B6, potasium, dan berbagai fitonutrien di dalamnya, semua itu bagus untuk kesehatan jantung. Karena beberapa senyawa tersebut mampu menurunkan kadar kolesterol dalam darah sehingga  mengurangi risiko tubuh terkena penyakit jantung.

13. Bawang merah
Bawang merah memiliki kandungan berupa quercetin, merupakan makanan peningkat aliran darah ke otak dan jantung anda. Sehingga dari situ akan membantu kinerja jantung dan otak anda meningkat. Dengan demikian, mengkonsumsi bawang merah akan bisa menjadikan kondisi otak dan jantung bisa terjaga dengan baik dan sehat.

14. Anggur
Bagaimana cara buah anggur menyehatkan jantung dan otak..?  Buah anggur telah dikenal menjadi sumber vitamin C, B, potasium, magnesium dan mengandung serat yang baik. Maka dari itu, banyak studi mengungkap bahwa anggur dapat menyehatkan arteri dan memperlancar aliran darah. Seperti penelitian dijelaskan dalam Journal of Agricultural and Food Chemistry menemukan bagi orang dewasa yang minum jus anggur akan memiliki peningkatan memori sehingga dapat memperkecil kemungkinan mengalami penurunan memori di masa tua. Ini artinya makan buah anggur, bermanfaat sekali untuk otak karena mampu menjaga kesehatan fungsi sistem kognitif.

Dalam studi tersebut juga menyebutkan adanya bukti konkrit tentang peranan anggur untuk otak dan kesehatan jantung. Makanan tersebut terbukti membantu fleksibelitas arteri sehingga membuat aliran darah di tubuh lebih lancar. Dari situ akan memperkecil kemungkinan tubuh untuk terkena penyakit jantung dan menyelamatkan pembuluh darah pada otak.

15. Buah Delima
Otak membutuhkan kadar antioksidan yang cukup. Tingginya jumlah antioksidan pada buah delima seperti tanin, asam ellagic, dan antosianin, dapat difungsikan sebagai sumber makanan untuk kesehatan jantung dan otak. Tapi untuk memakan langsung daging buahnya terkadang agak kesulitan.  jika merasa demikian, delima bisa disajikan menjadi jus / minuman. Hasil penelitian pada tahun 2000 telah membuktikan, bahwa mengonsumsi jus delima akan menghambat oksidasi kolesterol LDL, yang merupakan penyebab awal gangguan aterosklerosis.

Selain untuk otak, terdapat studi mengenai buah delima yang berkhasiat untuk kesehatan jantung dengan cara memperlacaran aliran darah di tubuh. Penelitian pada tahun 2005 dalam The American Journal of Cardiology, menunjukkan minum jus delima selama tiga bulan berguna meningkatkan suplai darah ke otot jantung pada pasien yang mengidap penyakit jantung koroner.Buah delima juga termasuk makanan menyehatkan otak.  Karena terdapatnya antiokidan yang tinggi, nantinya akan mencegah radikal bebas untuk merusak kesehatan komponen otak. Selain itu, Manfaat buah delima juga mampu mempertahankan keseimbangan pasokan oksigen di otak.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel