Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tujuh Manfaat Buah Kelengkeng Bagi Kesehatan

image: toplisttips.com
Kelengkeng merupakan buah yang cukup primadona di Indonesia. Buah kelengkeng juga termasuk buah musiman sehingga tidak bisa didapatkan sepanjang tahun. Kelengkeng merupakan jenis buah yang dagingnya hampir sama dengan rambutan. Namun, manfaat dan rasanya dari kedua buah tersebut berbeda. Buah kelengkeng ini cukup diminati oleh banyak kalangan. Karena rasanya yang manis dan khas sehingga membuat tubuh lebih segar ketika menyantapnya. Buah ini hanya memiliki 1 biji saja, jadi dalam mengkonsumsinya sangatlah mudah. Disamping itu kegunaan dari buah kelengkeng sangatlah banyak, yakni membantu dalam menjaga kesehatan serta mengatasi beberapa masalah kesehatan.

Di dalam buah kelengkeng mengandung beragam senyawa alami yang mampu membuat tubuh menjadi tetap sehat. Buah kelengkeng juga bisa dinikmati dalam es buah ataupun es krim, karena kelengkeng seringkali dijadikan sebagai topping dalam sajian kue ataupun es krim. Buah kelengkeng bisa dikupas dengan menggunakan tangan saja, sehingga untuk mengkonsumsinya sangatlah mudah. Khasiat buah kelengkeng dalam kehidupan sehari-hari perlu diketahui oleh setiap orang, supaya tidak menganggap sebelah mata tentang khasiat yang ada di dalam buah kelengkeng ini.

Hingga kini masih banyak kalangan yang belum mengetahui jika buah kelengkeng mampu mengatasi beberapa gangguan kesehatan. Ketahuilah, di dalam buah kelengkeng ini mengandung vitamin B12, vitamin C, riboflavin, thiamin, lipids, fosfor, potassium, sodium, protein serta berbagai senyawa alami lainnya. Dari sederet senyawa tersebut, maka anda perlu mengetahui beberapa  manfaat  dan khasiat yang ada pada buah kelengkeng berikut ini :

- Sebagai anti depresi
Buah kelengkeng ternyata mampu mengatasi masalah syaraf. Seseorang yang stres atau depresi bisa mengkonsumsi buah kelengkeng supaya syarafnya kembali normal. Hal ini karena syaraf yang tegang bisa kembali normal ketika seseorang mengkonsumsi buah kelengkeng tersebut.

- Mengatasi luka
Kandungan anti inflamasi di dalam buah kelengkeng mampu mengatasi peradangan yang terjadi di bagian luka. Selain itu kandungan polifenol di dalam buah kelengkeng, juga mampu menangkal radikal bebas di dalam tubuh, sehingga mampu mencegah terjadinya serangan penyakit.

- Melancarkan peredaran darah
Pengkonsumsian buah kelengkeng secara rutin ternyata mampu melancarkan sirkulasi darah di dalam tubuh. Kandungan zat besi di dalam buah kelengkeng inilah yang mampu membantu melancarkan peredaran darah di dalam tubuh.

- Menambah energi di dalam tubuh
Buah kelengkeng ternyata juga mampu membuat tubuh menjadi tidak lemas. Hal itu karena kandungan karbohidrat yang cukup tinggi mampu memenuhi asupan energi di dalam tubuh.

- Menjaga sistem kekebalan tubuh
Hal demikian karena buah kelengkeng ini mengandung vitamin C tinggi, yang mampu memenuhi kebutuhan antioksidan tubuh serta menjaga sistem imun dengan baik. Oleh sebab itulah, seseorang yang mengkonsumsi buah kelengkeng secara rutin bisa terhindar dari berbagai masalah kesehatan.

- Mengurangi risiko penyakit jantung
Tahukah anda, jika buah kelengkeng ini mampu mencegah penyakit jantung. Di dalam buah kelengkeng mengandung senyawa alami yang mampu mencegah terjadinya penyakit jantung. Senyawa alami tersebut akan melancarkan sirkulasi darah, sehingga risiko penyakit jantung maupun stroke akan menurun. 

- Membuat kulit awet muda
Hal ini karena di dalam buah kelengkeng mengandung zat anti-penuaan yang mampu membuat kulit menjadi lebih awet muda.

Buah kelengkeng ini juga bermanfaat bagi kesehatan tulang. Dimana kandungan kalsium di dalamnya mampu mencegah terjadinya osteoporosis. Jadi, pencegahan osteoporosis itu tidak hanya dilakukan dengan mengkonsumsi susu saja, namun juga bisa dilakukan dengan mengkonsumsi buah-buahan salah satunya kelengkeng ini. Selain itu, buah kelengkeng juga mampu menetralkan racun di dalam tubuh, sehingga funsi ginjal akan terjaga dengan baik.