Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Ini Akibatnya Jika Membiarkan Kerikil Nyangkut Di Ban Mobil

image: cellomomcars.com
Dalam merawat mobil pribadi yang anda miliki, Tentunya tidak hanya sekedar mencuci dan membersihkannya bukan….?. Namun setidaknya anda juga perlu memperhatikan mengenai beberapa hal yang harus anda lakukan dalam menjaga kendaraan anda, Agar tidak mengalami gangguan, terutama pada saat mengendarainya. Dan bagi kebanyakan orang terkadang masih kurang memperhatikan akan terdapatnya kerikil yang terselip pada patern atau kembangan ban. Bahkan hal demikian biasa dianggap permasalahan yang sepele, sehingga mereka menganggap bahwa terselipnya kerikil ini tidak menimbulkan masalah serius terhadap mobil tersebut. 

Akan tetapi perlu anda ketahui, Bahwa meskipun hanya kerikil saja yang terselip pada bagian patern atau kembangan ban mobil, Ternyata bisa mengakibatkan mobil mengalami gangguan yang cukup menghambat saat berkendara. Dan bagi anda yang seringkali membersihkan kerikil yang terselip di ban mobil ini, Maka hal demikian memang merupakan tindakan yang tepat untuk menjaga mobil yang anda miliki agar selalu dalam kondisi baik. 

Namun bagi anda yang kurang memperhatikan kebersihan di sekitar area ban mobil terhadap kerikil yang biasanya terselip , Maka  segeralah mengambil tindakan untuk membersihkan atau mencungkilnya. Bila tidak, Maka mobil yang anda miliki bisa mengalami permasalahan.

Lantas, Apa akibatnya bila sering membiarkan kerikil tersebut terselip di sekitar area ban mobil…? Nah, Berdasarkan apa yang telah diungkapkan oleh Andry Adam, yakni seorang Sales Manager PT Goodyear Indonesia, Menunjukkan bahwa jika sampai kerikil terus dibiarkan menempel pada alur kembangan ban, maka kerikil yang terselip tersebut bisa melubangi dan menembus ban mobil. Sehingga kondisi ban mobil anda bisa bocor.

Selain itu, Jika anda tidak rutin untuk membersihkan kerikil yang biasanya terdapat pada patern atau kembangan ban mobil tersebut, Hal demikian akan berdampak terhadap ketahanan dari pelapis karet pada velg. Sehingga akan menjadikan umur dari pelapis karet pada velg mobil tidak bisa bertahan lama, Alias cepat rusak.

Di sisi lain, Andry pun juga menunjukkan, Bahwa dampak yang ditimbulkan oleh keberadaan kerikil yang terselip ini, Memang tidak secara langsung. Namun lambat laun akan bisa menjadikan ban mobil mengalami bocor halus. Bahkan tekanan angin pada ban, lama kelamaan juga akan berkurang. Sehingga dari situ, Anda perlu untuk memperhatikan akan kebersihan di sekitar area ban mobil tersebut terhadap kerikil yang sering terselip.

Dengan adanya hal tersebut, Maka setidaknya anda bisa selalu mengontrol terhadap ban mobil secara keseluruhan. Sementara, Jika anda menemukan kerikil yang terselip pada patern atau kembangan ban mobil tersebut, Maka hendaknya anda bisa segera mencongkelnya. Dengan begitu, Kondisi ban mobil anda bisa bertahan lama atau awet.