Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Inilah Beberapa Fakta Penting Dan Unik Dari Organ Ginjal

image: ichemeblog.org
Ginjal merupakan organ vital yang menyaring darah hingga menghasilkan sejumlah hormon untuk tubuh. Jadi ginjal ini mempunyai kemampuan yang sangat luar biasa. Meskipun ukurannya kecil, organ ini mampu menyaring sejumlah zat yang tidak dibutuhkan oleh tubuh. Pada proses metabolisme, ginjal memiliki peran yang paling penting. Karena proses filtrasi hanya terjadi di dalam organ ginjal saja. Tanpa proses filtrasi yang baik, maka kesehatan tubuh seseorang menjadi terganggu dan menjadi lemah. Di setiap harinya, ginjal akan memproses 200 liter darah yang nantinya akan disaring dan menghasilkan 2 liter limbah. 
 
Uraian limbah ini akan dikeluarkan dalam bentuk urin. Jadi ketika Anda mengeluarkan urin dalam jumlah banyak ketika pagi hari, itu bisa dikatakan jika kondisi ginjal Anda sehat. Ketika fungsi ginjal terganggu maka proses penyaringan zat sisa atau toksin tidak bisa terjadi dengan baik, hingga akhirnya menumpuk di dalam tubuh. Penumpukan racun di dalam tubuh inilah yang memicu beragam manifestasi gangguan terhadap tubuh. Karena ginjal memiliki fungsi yang sangat penting, maka setiap orang diharuskan menjaga kesehatan ginjal dengan baik. Namun di balik itu semua, ternyata ginjal juga menyimpan berbagai fakta unik yang perlu anda ketahui.
 
Berikut ini adalah beberapa fakta penting dan unik tentang organ Ginjal :
 
# Tahukah Anda, Sebesar Apa Ukuran Batu Ginjal Itu ?
Setiap manusia itu mempunyai ukuran batu ginjal yang berbeda-beda. Dimana ada yang seperti pasir, namun ada juga yang berbentuk seperti mutiara. Meskipun ukurannya sangat kecil, jika batu ginjal ini bergerak bisa menyebabkan rasa sakit yang berlebihan. Batu ginjal ini bisa menjadi penyakit yang serius, bahkan bisa menyebabkan kematian. Ukuran batu ginjal memang sangat kecil, tapi bisa menyebabkan kematian bagi siapa saja.
 
# Seseorang bisa tetap hidup meskipun hanya memiliki satu ginjal
Di dalam tubuh kita, terdapat sepasang ginjal pada bagian kiri dan kanan. Fungsi keduanya tetap sama menyaring darah dan juga menghasilkan hormon yang dibutuhkan oleh tubuh. Namun, ketika seseorang hanya memiliki satu ginjal apakah bisa bertahan hidup?, ya ini merupakan kondisi yang sudah dialami oleh sejumlah orang. Hanya memiliki satu ginjal, baik bagian kiri ataupun kanan seseorang tetap bisa bertahan hidup. Bahkan ginjal ini bisa tumbuh lebih besar, sehingga tetap berfungsi layaknya dua ginjal. Jadi bisa disimpulkan, jika hidup dengan satu ginjal juga tidak memperpendek usia seseorang.
 
# Buang air kecil terlalu sering menjadi gejala dari gangguan fungsi ginjal
Suatu hal unik muncul dari organ ginjal adalah, ketika Anda terlalu sering pipis. Berkemih lebih sering menunjukkan bahwa organ ginjal sedang mengalami masalah. Jadi ketika frekuensi buang air kecil meningkat jangan anggap sepele, dan Anda harus tetap waspada dan periksakan kondisi kesehatan ginjal anda. Tidak hanya itu, ketika organ ginjal mengalami masalah, seseorang juga akan mengalami kram, nyeri pinggang, nafsu makan yang hilang, kaki bengkak, hingga gangguan kesehatan kulit yaitu gatal.
 
# Ketika organ ginjal tidak berfungsi, maka apa yang akan terjadi pada tubuh?
image: med.stanford.edu
Ketahuilah, ketika kedua ginjal tidak lagi berfungsi secara normal, maka tubuh akan penuh dengan tumpukan toksin. Sehingga seseorang divonis sebagai penderita penyakit ginjal, dan harus melakukan cangkok ginjal supaya racun di dalam tubuh bisa tersaring dan keluar berupa urin. Cuci darah dengan menggunakan alat medis harus dilakukan karena ginjal sudah tidak bekerja lagi. Anda harus mengeluarkan banyak biaya untuk menyaring limbah berbahaya di dalam tubuh. Agar terhindar dari gangguan kesehatan ginjal, maka setiap orang dianjurkan untuk menjaga kesehatannya dengan baik. Langkah awal yang harus dilakukan dalam menjaga kesehatan ginjal adalah mengonsumsi air dalam jumlah cukup.
 
# Serangan darah tinggi dan diabetes memicu penyakit ginjal
Terjadinya tekanan darah tinggi akan mengganggu sistem pembuluh di sekitar area ginjal. Ketika pembuluh darah terganggu maka kinerja ginjal akan terhambat. Sementara ketika Anda mengalami penyakit diabetes, tumpukan gula di dalam darah akan merusak fungsi organ ginjal. Dengan demikian, penderita diabetes ataupun darah tinggi, harus mengonsumsi makanan sehat supaya terhindar dari penyakit ginjal.
 
Itulah beberapa fakta penting dan menarik dari organ ginjal yang perlu Anda ketahui. Supaya Anda memiliki umur panjang dan sehat, sebaiknya lindungilah kesehatan ginjal dengan menerapkan gaya hidup sehat layaknya olahraga secara rutin dan teratur.