Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Ampuh Menghilangkan Komedo Secara Alami, Mudah Diterapkan

image: newhealthadvisor.com
Komedo memang menjadi permasalahan umum yang menimpa banyak kalangan. Secara tak disangka permukaan kulit terdapat benjolan kecil yang kurang nyaman dipandang. Kondisi yang semacam ini memang dikarenakan oleh pori-pori mengalami penyumbatan, serta terbagi menjadi dua jenis yang perlu diperhatikan. Pertama, Adanya sebagian pori kulit terbuka, pada akhirnya menyebabkan komedo berwarna gelap atau dikenal istilah komedo kepala hitam.

Sedangkan pori-pori tersumbat secara keseluruhan menjadi aspek kedua dari munculnya komedo itu sendiri. Akhirnya bisa mengakibatkan benjolan di kulit, disebut komedo berkepala putih. Sebenarnya banyak treatment untuk menghilangkan permasalahan satu ini, bahkan mampu menghilangkan komedo secara tuntas.

Di antaranya terapi laser dan cahaya sebagai penghilang komedo, berkunjung ke dokter spesialis dermatolog, konsultasi permasalahan kulit, serta mengonsumsi obat resep untuk menanganinya. Akan tetapi semua cara tersebut juga harus disertai biaya tidak sedikit pula.

Namun janganlah khawatir, Bahwa selain menggunakan treatment khusus, ada beberapa cara bisa anda terapkan untuk menghilangkan komedo secara alami. Nah.. Sebelum menerapkannya, Tentu perlu memperhatikan penyebab-penyebab komedo bisa menyerang wajah.

# Penyebab Komedo Menyerang Wajah :
Komedo muncul tidak hanya di wajah saja, akan tetapi di bagian bahu, lengan, dada, punggung, serta bagian lainnya. Biasanya munculnya komedo secara umum bisa disebabkan oleh kelenjar Sebaceous (kelenjar penghasil minyak pada tubuh) yang memproduksi minyak secara berlebihan. Hingga pada akhirnya menjadikan minyak menumpuk serta pori-pori menjadi tersumbat, serta adanya sebagian atau seluruh permukaan kulit tertutup oleh sel-sel mati. Alhasil, membentuk kantung-kantung kecil yang dinamakan komedo.

Berikut Cara Menghilangkan Komedo Secara Alami :

# Menggunakan Buah-buahan Untuk Menghilangkan Komedo Membandel di Wajah atau Hidung :

1. Buah Lemon

image: organicfacts.net
Lemon memang diperkaya ragam kandungan senyawa alami. Berdasarkan apa yang telah tercantum pada Database Nutrisi USDA National, menunjukkan bahwa di dalam buah lemon mentah mengandung zat thiamin, riboflavin, vitamin B6, kalsium, vitamin C, zat besi, fosfor, magnesium, mangan, serta asam pontenat. Serta semuanya itu tentu dapat menunjang dunia kecantikan, Termasuk efektif menghilangkan komedo. Sehingga bisa mengolah lemon ini berbagai macam cara sebagai berikut :

A. Kombinasi Lemon + Putih Telur
Cara membuat masker lemon dalam menghilangkan komedo, Sediakan saja putih telur dalam satu wadah kecil. Kemudian berikan tetesan air lemon secukupnya, lalu mengaduknya hingga merata. Setelah masker tersebut selesai dibuat, selanjutnya oleskan masker lemon di wajah serta jangan lupa terapkan juga di bagian hidung hingga rata. Diamkan hingga mengering, dan tariklah masker secara perlahan jika sudah selesai digunakan menghilangkan komedo. Lalu bilaslah seluruh bagian wajah hingga bersih.

B. Mencampur Lemon + Air Mawar
Komedo membandel..? Sediakan saja wadah kecil, kemudian tuangkan beberapa tetes air mawar dan perasan air lemon ke dalam wadah tersebut. Setelah itu, aduk terlebih dahulu hingga merata. Selanjutnya ambillah kapas lalu celupkan ke dalam wadah yang berisi ramuan yang sudah dipadukan tadi. Kemudian angkat kapas dan terapkan di area komedo, baik itu di wajah  maupun di hidung secara perlahan. Diamkan selama lima menit atau hingga mengering, kemudian basuhlah wajah hingga bersih. Lakukan cara tersebut secara teratur agar lebih efektif menghilangkan komedo.

C. Manfaatkan Lemon Sebagai Scrub
Menggunakan lemon sebagai scrub di area komedo, hal demikian juga bisa anda terapkan. Namun untuk menggunakan cara tersebut, basuhlah terlebih dahulu wajah dengan air hangat. Kemudian belah lemon menjadi dua, selanjutnya gosokkan irisan lemon tersebut di area komedo secara perlahan. Diamkan selama beberapa menit lalu bilaslah hingga bersih. Supaya mendapat hasil memuaskan saat menghilangkan komedo, terapkanlah secara teratur sehari dua kali.

D. Lemon Dipadukan Madu
Menghilangkan komedo memakai Lemon dipadukan Madu ini memang cukup membantu, Bahkan kedua bahan alami ini mampu mengecilkan pori-pori di wajah. Caranya, Belah lemon menjadi dua bagian, selanjutnya meneteskan madu di area permukaan lemon yang sudah diiris. Kemudian anda langsung bisa menggosokkannya di wajah secara lembut. Selanjutnya diamkan selama beberapa menit, lantas basuh wajah sampai bersih, maka secara bertahap akan mampu menghilangkan komedo di wajah anda..

2. Cara Mudah Menghilangkan Komedo Dengan Pepaya

image: curejoy.com
Kandungan enzim Papain pada buah pepaya, memang cukup dikenal manjur untuk membantu mengangkat sel-sel kulit mati. Sehingga memang cukup tepat ketika buah ini digunakan untuk menghilangkan komedo secara alami. Selain itu, pepaya juga mampu mengatasi wajah berjerawat yang kerap sekali ditimpa oleh sebagian besar kalangan.  Lantas, bagaimana cara menerapkan pepaya dalam urusan komedo …?

A. Membuat Pepaya Sebagai Masker penghilang komedo
Langkah pertama melembutkan buah pepaya dengan cara diblender hingga lembut. Jangan lupa menambahkan sedikit air agar proses pelembutan pepaya bisa lebih cepat. Setelah masker pepaya ini sudah jadi atau lembut, anda bisa langsung menerapkannya pada komedo di hidung maupun bagian wajah lainnya. Diamkan selama beberapa saat, kemudian bilaslah muka dengan air dingin hingga bersih. Anda pun bisa menerapkan cara tersebut di pagi hari secara rutin dan teratur, hingga komedo menghilang.

B. Menambahkan Masker Pepaya, Madu dan Susu
Agar bisa mencapai hasil lebih maksimal untuk menghilangkan komedo, anda juga bisa mencampurkan madu dan susu sebagai bahan pelengkap pembuatan masker pepaya tersebut. Sehingga komedo membandel bisa dihilangkan lebih efektif.

Cara Penerapan : Tuangkan dua sendok teh madu dan susu di saat buah pepaya dihaluskan. Kemudian terapkan di wajah yang terdapat komedo, selanjutnya diamkan selama 30 menit. Setelah itu bilas hingga bersih, Lakukan secara rutin.

3. Menghilangkan Komedo Dengan Tomat

image: stylecraze.com
Jika diulas semakin mendalam, Bahwa kandungan pada buah tomat ini cukup luar biasa menghilangkan komedo. Di antaranya mengandung asam alami yang berguna membantu mengecilkan pori-pori, dan Antioksidan yang bermanfaat menjaga kesehatan. Sehingga tidak salah jika tomat memang bisa menghilangkan komedo. Selain itu permasalahan jerawat serta wajah berminyak pun juga dapat ditanggulangi secara efektif. Oleh karena itu, Ada cara efektif menghilangkan komedo membandel dengan buah tomat.

Buatlah Masker Tomat
Tertarik menghilangkan komedo pakai masker tomat..?, Terlebih dahulu sediakan satu buah tomat organik, kemudian cucilah tomat tersebut. Selanjutnya bisa memblender tomat tersebut dan usahakanlah tidak terlalu halus, atau bisa sedikit kasar. Kemudian tuangkan tomat yang sudah dihaluskan tadi ke dalam satu wadah kecil. Setelah proses pembuatan masker tomat selesai, barulah bisa menerapkannya pada wajah yang disertai komedo.

Ingatlah, di saat mengoleskan masker tomat ke wajah, sebaiknya jangan sampai terkena mata dan mulut. Diamkan dalam kurun waktu 30 menit, kemudian bilas pakai air hangat. Jika tipe kulit kering, gunakanlah pelembab untuk mengimbanginya. Terapkan secara teratur hingga mampu menghilangkan komedo secara tuntas.

4. Menghilangkan Komedo Dengan Alpukat
Terpaut pada kandungan nutrisi dan lemak sehat di buah alpukat, Memang cukup manjur untuk menangani permasalahan komedo. Di antaranya kandungan vitamin E, Betakaroten berperan sebagai Antioksidan, magnesium, kalium dan kadar HDL, semuanya itu membantu untuk menghilangkan komedo secara alami. Untuk mengolah buah enak ini, ada beberapa metode pilihan sebagai berikut :

A. Alpukat Sebagai Scrub Atau Masker Penghilang Komedo
Anda juga bisa menggunakan buah Alpukat sebagai scrub alami untuk menghilangkan komedo. Tumbuk atau haluskan saja daging buah alpukat secukupnya. Dan ingat dalam menumbuk buah ini jangan sampai terlalu halus, usahakan sedikit agak kasar atau masih memiliki butiran-butiran kecil. Kemudian tuangkan ke dalam mangkuk, barulah bisa menerapkan di wajah / hidung yang terdapat komedo dengan gerakan memutar. Diamkan beberapa menit, bilas pakai air hangat jika sudah selesai.

B. Kombinasi Alpukat + Madu ( Cara ini sederhana, Namun ampuh Menghilangkan Komedo )
Proses pembuatan kombinasi kedua bahan ini juga sangat mudah diterapkan. Siapkan satu buah alpukat dan ambil daging buahnya, kemudian haluskan dan tuangkan ke dalam mangkuk, serta tambahkan madu murni secukupnya saja. Jika masker sudah siap, bersihkan wajah anda dengan air hangat terlebih dahulu, barulah menerapkan masker alpukat tersebut di wajah secara perlahan sampai merata. Diamkan selama 15 menit dan bersihkan wajah dengan air hingga bersih jika sudah selesai. Terapkanlah cara ini secara rutin dalam seminggu agar mendapatkan hasil maksimal dalam menghilangkan komedo.

C. Mengombinasikan Alpukat, Telur + Susu, Cara ini Patut Anda Terapkan Agar Komedo Cepat hilang...!!!
Memadukan buah alpukat dengan telur dan susu, Akan membantu kinerja buah satu ini bisa berfungsi secara maksimal dalam menghilangkan komedo. Dan cara pembuatannya pun juga cukup gampang. Sediakan Alpukat yang sudah di haluskan, kemudian tuangkan ke dalam telur yang sudah dikocok hingga berbusa dalam satu mangkuk. Lalu tambahkanlah susu secukupnya saja, barulah menerapkan masker kombinasi tersebut di bagian wajah yang disertai komedo. Terapkan cara tersebut secara teratur hingga komedo dapat dibersihkan dengan cepat.

5. Menghilangkan Komedo Dengan Bengkuang
Siapa tak mengenal manfaat buah bengkuang yang berdaging putih ini..?. Tentu banyak sekali produk kosmetik yang tak mau lepas untuk menjadikan buah ini sebagai bahan dasar perawatan wajah. Oleh karena itu, Anda pun bisa menggunakan bahan tersebut secara manual untuk menghilangkan komedo dengan alami.

Kandungan vitamin C sebagai Antioksidan maupun sari pati buah ini, Cukup berguna menuntaskan berbagai permasalahan wajah. Layaknya menjadikannya semakin cerah, bebas jerawat, serta terhindar dari penuaan dini. Nah.. Cara pembuatan bahan pembersih komedo dengan buah ini sebagai berikut :

A. Bengkuang + Jeruk Nipis Sebagai Masker Wajah Serta Menghilangkan Komedo
Sediakan satu buah bengkuang yang sudah dikupas kulitnya, kemudian potong-potong menjadi beberapa bagian. Lalu blender hingga halus, serta tambahkan tetesan air jeruk nipis di dalamnya. Jika semua bahan sudah dihaluskan, anda bisa menuangkan ke dalam satu mangkuk. Barulah membuatnya sebagai masker, lalu memoleskan di bagian komedo atau wajah secara merata. Diamkan beberapa saat lalu bilas dengan air jika sudah selesai. Lakukan cara tersebut secara teratur.

B. Menambahkan Bengkuang Bersama Tepung Beras
Agar mendapatkan hasil lebih maksimal dalam menghilangkan komedo di wajah, Tambahkan juga satu sampai dua sendok tepung beras ke dalam masker bengkuang tersebut, lalu tambah sedikit air untuk mengatur tingkat kekentalan. Poleskan campuran masker tersebut di bagian wajah atau area komedo, dengan diiringi pijatan secara perlahan selama 10 menit. Setelah itu diamkan sebentar lalu bersihkan dengan air biasa.

6. Menghilangkan Komedo Menggunakan Stroberi
Terdapatnya kandungan Alpha Hydroxy Acids atau AHA di buah stroberi, akan memberikan khasiat untuk menangkal sel kulit mati, maupun mengatur produksi minyak di wajah anda. Bahkan di dalam buah ini juga diperkaya dengan Salisilat, yang mampu berperan menghilangkan komedo, serta membersihkan pori-pori terhadap noda membelit. Sementara cara mengolah buah ini juga tidak sulit, berikut tutorialnya :

A. Membuat Stroberi Untuk Masker Wajah Sekaligus Menghilangkan Komedo
Caranya : Siapkan saja dua buah stroberi dan tumbuk dengan kondisi sedikit kasar atau tidak terlalu halus. Kemudian tuangkan dalam mangkuk, Lalu menerapkannya di wajah yang terdapat komedo. Diamkan selama beberapa menit untuk meraih hasil maksimal.

B. Campurkan Stroberi, Madu + Air Lemon
Dalam membuat kombinasi masker alami penghilang komedo, haluskanlah secara bersamaan dua buah stroberi, madu, dan air lemon. Kemudian taruhlah dalam satu wadah dan terapkan di wajah secara merata. Ingat, jangan lupa untuk memberikan sedikit pijatan lembut ketika mengoleskan masker kombinasi tersebut. Diamkan sejenak dan bilas wajah dengan air hangat secukupnya.

C. Kombinasi Stroberi, Air Mawar + Minyak Zaitun
Dengan memanfaatkan stroberi dipadukan dengan kedua bahan ini, memang dapat menghilangkan komedo lebih cepat. Caranya sediakan dua buah stroberi, kemudian tambahkan air mawar dan minyak zaitun untuk dihaluskan atau diblender. Selanjutnya tuangkan ke dalam mangkuk lalu terapkan di wajah / area komedo.

7. Menghilangkan Komedo Memakai Belimbing Wuluh 

image: flickr.com
Kerap kali jenis belimbing yang satu ini dijadikan sebagai bumbu penyedap pada masakan. Namun kandungan asam di dalamnya menjadikan buah yang satu ini cukup manjur dalam perawatan wajah. Salah satunya pada permasalahan komedo, akan bisa ditanggulangi dengan memanfaatkan buah segar ini.

Cara menggunakannya : Sediakan terlebih dahulu sekitar 5 buah belimbing wuluh yang sudah matang, Kemudian tumbuklah atau blender hingga halus. Setelah itu tuangkan dalam satu wadah. Untuk menerapkan belimbing wuluh di wajah, cucilah muka kemudian barulah anda oleskan di wajah ( area komedo ) sebagai masker secara merata. Berilah pijatan lembut di saat membalurkannya, Diamkan selama 12 menit lalu bilas wajah dengan air hangat.

Ingat, sebaiknya menggunakan pelembab setelah pemakaian masker belimbing wuluh tersebut. Hal demikian bertujuan agar kondisi wajah tidak sampai mengering. Sehingga kondisinya tetap segar, bersih, serta komedo pun juga dapat dihilangkan secara efektif.

# Cara Menghilangkan Komedo Dengan Daun-daunan :
 
1. Lidah Buaya
Tanaman ini kerap disapa khas dengan sebutan Aloe Vera. Di mana pada daun lidah buaya memang memiliki jenis dedaunan tebal yang cukup menggema khasiatnya. Kandungan yang terdapat di daun ini sangat diperkaya dengan sifat Anti-bakteri, berguna untuk menangkal infeksi di kulit.

Sehingga tidak salah jika menggunakannya dalam menghilangkan komedo di permukaan wajah. Selain itu, Lidah buaya juga terdapat kandungan vitamin E dan A, yang mampu mengatasi sel kulit mati, sekaligus menjadikannya lebih cerah. Lidah buaya juga mengeluarkan begitu banyak lendir yang berbau khas, yang tak disangka mampu berkhasiat sebagai penghilang komedo. Berikut cara menerapkannya :

A. Jadikan Lidah Buaya Sebagai Masker Wajah Alami Penghilang Komedo
Anda bisa langsung menggunakan daun lidah buaya ini pada daging atau lendirnya sebagai masker wajah. Namun terlebih dahulu anda harus mencuci muka sebelum menggunakannya. Oleskan secara merata di area terdapat komedo, terapkan cara ini sebanyak dua kali sehari secara teratur.

B. Masker Lidah Buaya Dikombinasikan Mentimun + Oat
Kombinasi ramuan ini juga cukup manjur menghilangkan komedo. Cara mengaplikasikan : Terlebih dahulu menghaluskan irisan mentimun, dan campurkan juga gel lidah buaya secukupnya. Blender kedua bahan hingga menjadi pasta, kemudian tambahkan Oat Meal, serta campur adonan dengan sebaik mungkin. Setelah itu tuangkan ke dalam mangkuk, terapkan Scrub yang dibuat tadi di wajah hingga merata. Selingi dengan gerakan melingkar serta pijatan lembut. Diamkan 10 menit, Lalu bilas dengan air sampai bersih.

C. Gel Lidah Buaya + Pasta Gigi
Ambil gel lidah buaya untuk dituangkan dalam mangkuk kecil. Selanjutnya mencampurkan gel tersebut dengan pasta gigi sampai rata. Setelah itu terapkan masker campuran tersebut di wajah yang terdapat komedo secara perlahan. Diamkan selama beberapa menit, hingga mengeluarkan efek sedikit hangat. Setelah itu bisa membilasnya dengan air hangat.

2. Memanfaatkan Daun Jambu Biji Untuk Menghilangkan Komedo Pada Wajah
Bagaimanapun bentuknya, Daun jambu biji ini memang cukup dikenal dengan kandungan Antioksidan, Anti bakteri, Anti-inflamasi, serta Analgesik di dalamnya. Yakni akan berguna sekali untuk membuat wajah bisa terbebas dari permasalahan, terlebih lagi munculnya komedo.

Cara Menggunakan Daun Jambu Biji Sebagai Masker Wajah Pembersih Komedo
Siapkan saja beberapa lembar daun jambu biji, kemudian haluskan dengan menambahkan sedikit air, Agar kekentalannya bisa terukur. Jika daun hijau ini sudah dihaluskan sampai bertekstur lembut, tuangkan dalam wadah dan oleskan sebagai masker di wajah. Terapkan pada wajah terdapat komedo, dengan teknik memutar serta sedikit pijatan lembut. Diamkan selama beberapa menit lalu bilas dengan air. Agar bisa mendapatkan hasil maksimal, maka penerapannya harus rutin, sampai komedo dapat dibersihkan secara menyeluruh.

3. Cara Menghilangkan Komedo Pakai Daun Pandan
Pada daun pandan juga memiliki kandungan yang tidak kalah dari jenis dedaunan lainnya. Daun pandan diperkaya dengan Antioksidan yang cukup kuat, beserta senyawa alami lainnya, berguna dalam menyehatkan kulit tubuh. Salah satunya dijadikan ramuan alami dalam menghilangkan komedo.

A. Membuat Daun Pandan Untuk Masker Wajah
Sediakan air perasan daun pandan secukupnya, kemudian kombinasikan buah pisang, satu sendok teh madu, seperempat sendok teh minyak zaitun, lalu sertakan air perasan jeruk nipis secukupnya. Olah adonan tersebut hingga tercampur rata, setelah itu barulah anda menjadikan masker alami untuk memutihkan kulit, menghilangkan bercak hitam serta komedo di wajah. Cara tersebut memang cukup ampuh untuk menghilangkan komedo dengan cepat dan lebih efektif. Lakukan secara rutin dan teratur selama 3 kali sehari dalam seminggu.

B. Scrub Wajah Daun pandan Sebagai Pembersih Komedo
Untuk permasalahan komedo di bagian hidung, gunakan air daun pandan, jeruk nipis dan madu, kemudian campurkan semua bahan dalam satu mangkuk. Aduk-aduk hingga merata, kemudian oleskan scrub secara perlahan, serta beri pijatan lembut. Diamkan selama beberapa saat, kemudian basuhlah dengan air dan rasakan khasiatnya.

4. Cara Menghilangkan Komedo di Wajah Memanfaatkan Daun Kemangi
Siapa yang belum mengenal jenis daun kemangi yang telah menyebar di Nusantara ini. Dengan menggunakan daun ini, akan mampu menghilangkan sumbatan pada pori-pori wajah. Selain itu, sifat Anti bakteri yang dikandung daun kemangi juga mampu menjaga kesehatan kulit tubuh. Dengan begitu, kemangi bisa dimanfaatkan dalam menghilangkan komedo secara alami. Cara memanfaatkannya :

A. Menempelkan Langsung Daun Kemangi di Wajah ( Area komedo )
Ambil beberapa helai daun kemangi secukupnya, kemudian basahi bagian sisi daun dengan air bersih. Selanjutnya tempelkan pada bagian kulit yang komedo. Tunggu selama kurang lebih 6 - 10 menit hingga daun tersebut terlepas sendiri.

B. Mengolah Kemangi Sebagai Air Rebusan Pembersih Komedo
Agar meraih hasil sempurna, Anda bisa mengolah daun kemangi menjadi air rebusan. Siapkan saja kemangi secukupnya namun cucilah terlebih dahulu. Kemudian rebus dengan air sampai mendidih, lalu diamkan selama beberapa menit hingga ramuan daun kemangi berbaur dan siap digunakan. Setelah itu tuangkan dan ambil kapas untuk dicelupkan pada rebusan daun kemangi. Lalu oleskan pada bagian kulit yang terselip komedo, tunggu hingga mengering. Barulah dapat membilasnya dengan air sampai bersih.

C. Daun Kemangi Sebagai Masker Wajah Penghilang Komedo
Jika tertarik menghilangkan komedo dengan daun kemangi, Sediakan daun kemangi segar secukupnya, kemudian anda bisa menumbuk atau memblendernya. Setelah daun ini dihaluskan, oleskan masker daun kemangi pada bagian kulit wajah hingga merata. Diamkan selama beberapa menit agar kandungan daun kemangi mampu diserap oleh pori-pori kulit. Setelah itu membilasnya dengan air hangat sampai bersih. Terapkan cara tersebut selama beberapa hari, sampai komedo di kulit wajah bisa dihilangkan secara efektif.

5. Menghilangkan Komedo Dengan Daun Sirih

Kandungan Minyak Atsiri yang terdapat pada daun sirih memang cukup berkhasiat untuk kulit tubuh anda. Termasuk permasalahan komedo membandel, akan mampu dibersihkan dengan bahan alami satu ini. Lantas bagaimana caranya ..?

Mengolah Daun Sirih Menjadi Air Rebusan Pembersih Komedo
Daun ini ternyata juga ampuh menghilangkan komedo. Caranya : Siapkan saja beberapa lembar daun sirih, kemudian cuci dengan air hingga bersih. Rebuslah dengan menggunakan 3 gelas air, biarkan hingga tersisa 2 gelas. Tutup rapat ketika merebusnya. Setelah proses perebusan usai, tuangkan dalam satu wadah atau baskom. Kemudian gunakanlah air rebusan daun sirih untuk membilas kulit wajah yang terdapat komedo, Terapkan selama 3 kali sehari secara rutin.

# Cara Menghilangkan Komedo Dengan Bahan Alami Lainnya  : 

1. Menghilangkan Komedo Dengan Putih Telur
Penggunaan putih telur tidak hanya tenar untuk memenuhi asupan yang dibutuhkan oleh tubuh saja. Namun juga cukup populer dalam menghilangkan komedo secara alami. Nah.. caranya sebagai berikut :

A. Putih Telur Sebagai Masker Wajah ( Jenis Bahan Alami ini Mampu Menghilangkan Komedo Dengan Cepat )
Sediakan putih telur dalam satu mangkuk kecil. Kemudian balurkan secara perlahan pada seluruh area wajah dengan merata, jangan lupa untuk mengoleskannya pada bagian yang terdapat komedo. Diamkanlah selama 15 menit agar mampu mengering. Setelah itu bilas wajah dengan air biasa. Lakukan cara tersebut secara rutin hingga kondisi kulit di tubuh terasa lebih kencang, serta keberadaan komedo juga dapat dihilangkan secara maksimal.

B. Kombinasi Putih Telur + Madu
Untuk mengombinasikan putih telur dengan madu, maka anda dapat mencampurkannya menjadi satu ke dalam mangkuk. Kemudian aduklah hingga merata, pastikan bahwa ramuan sudah benar-benar tercampur. Setelah itu oleskan adonan yang sudah dibuat pada bagian kulit yang diselimuti komedo. Diamkan selama beberapa menit sampai mengering, Barulah anda bisa membilasnya dengar air setelah selesai menerapkannya.

C. Campuran Putih Telur + Gel Lidah Buaya ( Kombinasi Untuk Menghilangkan Komedo Membandel )
Campurkan gel lidah buaya ke dalam putih telur yang sudah anda sajikan dalam satu wadah. Jangan lupa untuk mengaduk kedua bahan sampai benar-benar merata. Setelah itu, Anda bisa menerapkan adonan yang dibuat pada bagian kulit yang terdapat komedo. Tunggulah selama 10 menit, Kemudian bersihkan dengan air hangat agar komedo dapat dihilangkan secara maksimal.

2. Minyak Pohon Teh ( Ampuh Menghilangkan Komedo di wajah maupun Hidung )
Perlu anda tahu, Bahwa keberadaan sifat Antiseptik yang terkandung pada minyak yang terbuat dari pohon teh, memang bisa digunakan untuk menghilangkan komedo di hidung secara alami. Selain itu, minyak ajaib ini juga dikenal manjur untuk menghindarkan kulit tubuh dari noda atau bercak.

Cara penggunaannya : Anda bisa mengoleskan minyak pohon teh ini pada area wajah, terlebih lagi di bagian hidung yang kerap diserang komedo. Ingat untuk memberikan sedikit pijatan lembut, agar komedo lebih mudah dihilangkan. Lakukan trik tersebut secara rutin serta teratur.

3. Memanfaatkan Uap Air Panas
Penggunaan uap air mendidih juga mampu membuat pori-pori kulit di wajah terbuka, sehingga  munculnya komedo ini bisa lebih mudah untuk dihilangkan. Selain itu, cara ini juga mampu mencegah kulit agar terhindar dari berbagai macam noda. Namun agar mampu mendapat hasil yang maksimal, setidaknya bisa mengondisikan bagian kepala tertutup dengan kain atau handuk. Hal itu bertujuan agar uap air panas tersebut mampu terserap secara maksimal pada bagian kulit wajah yang terselip komedo.

4. Menghilangkan Komedo Dengan Baking Soda
Memang pada baking soda ini terdapat senyawa yang memiliki efek memutihkan kulit. Namun untuk menggunakan baking soda sebagai pembersih komedo, anda bisa lebih memperhatikan langkah-langkahnya.

Pertama,  Tuangkan baking soda dan air secukupnya dalam satu mangkuk kecil. Kemudian aduk rata hingga menjadi pasta. Oleskan pasta baking soda pada area kulit disertai komedo, Diamkan selama beberapa menit hingga mengering, lalu bilas dengan air secukupnya.

5. Kayu Manis Sebagai Scrub ( Efektif Menghilangkan Komedo )
Kayu manis memang cukup berkhasiat dalam hal perawatan kulit. Terlebih lagi untuk menghilangkan komedo di bagian pori-pori kulit. Untuk menggunakannya, Anda bisa mencampurkan satu sendok teh kayu manis dengan satu sendok teh madu murni. Kemudian aduk hingga kedua bahan tercampur rata. Setelah itu terapkan pada kulit di wajah maupun di hidung. Selanjutnya diamkan selama 10 menit, agar ramuan tadi dapat diserap oleh pori-pori kulit secara maksimal. Barulah anda dapat membilasnya dengan air hangat. Setelah beberapa hari, maka komedo akan tersingkirkan.

6. Memanfaatkan Kulit Jeruk
Tahukah anda bahwa kulit jeruk memang banyak kandungan vitamin C di dalamnya. Oleh karena itu anda bisa memanfaatkannya untuk menyehatkan kulit, Layaknya menghilangkan komedo di wajah.

Cara pembuatannya untuk menghilangkan komedo : Sediakan beberapa kulit jeruk secukupnya dan bersihkan dengan air. Setelah itu melumat atau menumbuknya sampai halus. Tambahkan sedikit air untuk mengatur kadar kekentalannya. Tuangkan dalam mangkuk, barulah bisa mengoleskannya pada bagian kulit wajah atau hidung yang terdapat komedo. Lalu diamkan selama beberapa menit hingga mengering, lalu bilas bersih.

7. Garam Dapur
Terdapatnya kandungan Natrium pada garam memang mampu untuk menjadikan pori-pori terbuka, dan menekan noda di kulit untuk keluar. Oleh karena itulah, bahan dapur ini juga mampu membantu untuk menghilangkan komedo secara alami.

Memanfaatkan air garam sebagai penanganan komedo di wajah, memang bisa anda terapkan. Balurlah area komedo secara rutin dan teratur, hingga komedo dapat dibersihkan secara keseluruhan. Perlu diingat, bahwa dalam membalurkan air garam ini di bagian kulit, Hendaknya menyelingi pijatan lembut.

8. Cara Menghilangkan Komedo Dengan Ampas Kopi, Langsung diterapkan Pada wajah
Pada ampas kopi ini memang menyimpan khasiat dalam perawatan wajah. Salah satunya untuk menghilangkan komedo di hidung atau wajah. Cara menggunakannya, uapilah wajah dengan uap air panas dahulu, Barulah membalurkan ampas kopi basah di area terdapat komedo. Kemudian mendiamkannya selama beberapa menit, hingga semua minyak serta noda di kulit mampu terangkat secara maksimal. Nah.... Menghilangkan komedo dengan menerapkan treatment tersebut, maka komedo mampu dihilangkan secara sempurna. 

Itulah segudang cara menghilangkan komedo secara alami, serta mudah anda terapkan kapan saja. Jika dibutuhkan perawatan wajah terkait masalah komedo sulit dihilangkan, maka konsultasikanlah ke dokter spesialis kecantikan / spesialis kulit, agar nantinya mendapatkan penjelasan lebih gamblang.