Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

8 Manfaat Buah Kesemek yang Luar Biasa Bagi Tubuh

image: juicing-for-health.com
Buah yang berasal dari Tiongkok ini memang sudah lama dikenal oleh rakyat Tiongkok. Buah kesemek memiliki segudang senyawa alami serta baik untuk menjaga kesehatan tubuh kita. Sebelum masuk ke Indonesia, buah tersebut memang menjadi salah satu buah-buahan populer di negara Jepang. Warga masyarakat Jepang sendiri juga sudah banyak yang mengonsumsinya, salah satunya dimanfaatkan sebagai pengobatan tradisional.

Sementara pohon buah kesemek sendiri tak hanya bisa ditanam di ladang saja, melainkan juga cocok ditanam pada halaman rumah kita. Karena pohon buah yang memiliki daun lebat dan tingginya mencapai 10 meter, membuat halaman rumah kita akan terlihat lebih sejuk dan rindang.

Buah dengan ragam manfaat ini, ternyata juga memiliki kandungan senyawa alami dan nutrisi yang cukup bervarian macamnya. Sehingga buah ini juga disarankan sebagai camilan sehat setiap hari. Buah kesemek mengandung senyawa alami seperti fruktosa, glukosa, Vitamin A, kalium, likopen, phytochemical lutein, betakaroten, serat polifenol, zat tanin, serta mengandung karbohidrat hingga 19,6 %. Maka tak heran jika buah kesemek cukup membantu dalam mencukupi asupan nutrisi tubuh kita.

Inilah manfaat serta khasiat buah kesemek untuk kesehatan tubuh  :

1. Menjaga kesehatan jantung
Buah kesemek diperkaya dengan kandungan polifenol. Buah yang memiliki ukuran mungil ini, ternyata juga tidak kalah penting manfaatnya dengan buah-buahan yang memiliki harga jual tinggi. Contohnya seperti buah naga dan buah anggur. Sementara manfaat polifenol adalah untuk menetralisir kadar kolesterol jahat yang ada dalam tubuh kita. Maka dengan senyawa itu kita akan terbebas dari penyakit jantung koroner.

2. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh
Meningkatkan sistem kekebalan tubuh sangatlah penting untuk kita jalani. Nah, untuk mendapatkan sistem kekebalan tubuh yang maksimal, tentunya kita disarankan mengonsumsi buah-buahan dengan kandungan antioksidan tinggi. Seperti halnya buah naga, buah jeruk, dan buah kesemek. Buah kesemek memiliki senyawa polifenol dan juga vitamin C. Vitamin C tersebut merupakan salah satu sumber antioksidan yang tinggi, dan penting untuk dibutuhkan tubuh kita, begitu pun juga dengan senyawa polifenol.
image: ediblelandscaping.com
3. Melancarkan proses metabolisme
Selain memiliki manfaat untuk menambah sistem kekebalan tubuh, buah kesemek juga mengandung serat dalam kadar cukup tinggi. Manfaat serat sendiri juga sangat baik untuk menjaga sistem pencernaan kita. Mengonsumsi buah kesemek secara rutin juga sangat disarankan bagi kita yang memiliki gangguan pencernaan. Buah ini dapat dikonsumsi dengan cara dimakan langsung, dan juga diminum dalam bentuk jus. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, hindari memakan buah kesemek dengan cara dibikin manisan atau selai buah.

4. Anti tumor
Manfaat buah kesemek sebagai anti-tumor memang belum diketahui oleh banyak orang. Meskipun banyak orang yang belum mengerti, buah yang memiliki harga jual terjangkau dan ada di mana-mana ini, memang tidak bisa kita remehkan manfaatnya. Studi biologi dari Indonesia telah menguji kandungan yang ada dalam buah kesemek. Dan hasilnya sangat luar biasa. Buah yang memiliki rasa asam ini, ternyata juga memiliki senyawa Likopen tinggi, sehingga tak hanya mampu untuk mencegah penyakit tumor saja, melainkan juga dapat mencegah penyakit kanker yang dapat membahayakan diri kita.

5. Menstabilkan tekanan darah
Senyawa alami yang terdapat di dalam buah kesemek, juga memiliki sifat sebagai senyawa untuk menstabilkan tekanan darah. Dengan senyawa tersebut, buah ini sangat bermanfaat untuk seseorang yang mengalami gejala hipertensi, atau tekanan darah tinggi. Untuk menghindari masalah hipertensi, sebaiknya penderita gejala darah tinggi disarankan mengonsumsi buah kesemek setiap hari.

6. Mencegah penyakit kanker
Buah yang memiliki rasa manis dan asam ini, ternyata mempunyai kandungan likopen yang tersembunyi di dalamnya. Senyawa likopen mempunyai peran sangat penting dalam tubuh kita. Karena senyawa ini memiliki sifat sebagai antioksidan yang kuat terhadap serangan penyakit berbahaya. Sehingga dengan senyawa likopen, tubuh kita akan menjadi kebal terhadap serangan kanker jahat.

7. Memperlambat penuaan dini
Usia muda adalah salah satu usia yang sudah pasti kita lewati. Setiap orang dalam waktu seumur hidupnya, tentunya pernah mengalami masa-masa muda. Namun di saat kita berusia muda, tidak selalu wajah dan tubuh kita terlihat lebih segar dari pada orang yang memiliki usia lebih tua. Banyak sekali orang berusia muda, namun memiliki kekurangan seperti munculnya gangguan kesehatan, akhirnya menjadikan penampilan terlihat lebih tua, atau biasa disebut penuaan dini.

Untuk mengatasi hal tersebut, memang kita memerlukan beberapa hal untuk kita terapkan. Salah satunya adalah menjaga asupan makanan, dan juga menjaga kesehatan lingkungan dengan baik. Namun bagi anda yang memiliki masalah seperti di atas, janganlah terlalu panik, anda bisa memanfaatkan buah kesemek sebagai makanan atau camilan untuk menjaga kesehatan tubuh kita. Selain itu buah kesemek juga dapat mencegah terjadinya proses penuaan dini, sehingga tubuh kita akan terlihat lebih muda dan juga menawan.

8. Untuk diabetes
Seseorang yang mengalami gejala penyakit diabetes, tentunya orang tersebut memiliki kadar gula darah yang tinggi. Beberapa penelitian mengatakan, seseorang yang mengalami penyakit seperti ini bisa dikarenakan asupan Betakaroten nya kurang baik. Pada akhirnya kadar gula dalam darah tidak bisa terkontrol dengan baik, akibatnya penyakit diabetes akan datang dan menyerang.

Untuk menghindari hal tersebut, tentunya salah satu hal penting adalah menjaga asupan beta-karoten di dalam tubuh kita. Dengan mengonsumsi buah kesemek ini secara rutin, maka kebutuhan nutrisi beta-karoten pada tubuh akan tetap terjaga dengan stabil. Karena buah kesemek sudah diuji oleh studi pakar biologi, bahwa kandungan beta-karoten yang terdapat di dalamnya mampu memenuhi kebutuhan harian tubuh.