Trik Bikin Kerajinan Menarik dari Botol Kaca atau Plastik Bekas

(Gambar: evermine)
Jika Anda memiliki banyak botol kaca bekas maupun botol plastik transparan, mending jangan dibuang. Bagi yang nggak punya, mungkin ada baiknya dapat mengumpulkannya mulai sekarang. Mengapa..? Barang bekas itu bisa dikreasikan hingga mampu memiliki daya tarik tinggi. Menghias rumah supaya lebih menarik tidak harus menggunakan barang berbanderol. Botol kaca bekas sudah cukup memadai guna mempercantik pemandangan rumah. Selain mengisi waktu libur atau akhir pekan, mungkin bisa sekaligus berkreasi sambil menikmati waktu yang seru bersama keluarga.

Dari sekian opsi yang bisa dicoba, jadikanlah botol plastik / botol kaca bekas itu lebih berwarna. Lantas bagaimana caranya…? Kombinasikan dengan bahan lain yang sekiranya mudah didapatkan. Sehingga barang bekas tersebut berubah jadi botol kaca / plastik pajangan di rumah idaman Anda. Perhatikan langkah - langkahnya :

- Alat dan bahan

1. Botol kaca atau plastik bekas ( warna bening, bentuk sesuai selera ) 
2. Pasir secukupnya
3. Pewarna makanan
4. Air hangat
5. Kantong plastik
6. Corong plastik
7. Ember / wadah lainnya

- Cara membuatnya :
 
Gambar: diynetwork
Poin utama dalam membuat kerajinan dari botol kaca bekas, yaitu mewarnai pasir sesuai selera. Tapi dalam mewarnainya tidak perlu mengecatnya satu persatu. Ikuti cara berikut :

1. Sediakan beberapa wadah ( jumlah wadah disesuaikan dengan banyaknya varian warna yang ingin dibuat )

2. Lapisi wadah bagian dalam dengan kantong plastik 

3. Masukkan sejumlah pasir sesuai kebutuhan 

4. Kalau ingin berencana membuat kerajinan dengan banyak kreasi, lebih baik perbanyak jumlah pasir. Memiliki banyak sisa pasir akan lebih baik sebagai persediaan

5. Selanjutnya menuangkan pewarna makanan ke dalam wadah, lalu campurkan juga air hangat 

6. Ikatlah ujung kantong plastik agar air serta pasir di dalamnya tidak tumpah, lalu diamkan selama semalaman 

7. Sebelum mengeluarkan pasir dari dalam plastik, pastikan zat pewarna sudah melekat pada pasir

8. Tuangkan kembali pasir tadi ke wadah,  sendirikanlah pasir berdasarkan golongan warna masing-masing

9. Jemur sebentar untuk memastikan pasir benar - benar kering, barulah masukkan pasir berwarna itu ke dalam botol kaca / plastik transparan

Gunakan corong untuk memasukkannya ke dalam botol atau gelas kaca maupun plastik. Kalau bibir botol dirasa terlalu kecil sehingga tidak memungkinkan menggunakan corong tersebut, lakukan secara langsung menggunakan tangan. 
 
Gambar: etsy
Mulailah berkreasi dengan memadukan warna bervariasi, sehingga tampilannya lebih menarik. Boleh – boleh saja sedikit memberi kreasi gambar wajah tokoh tertentu atau hanya sekadar menulis nama orang idola Anda. Untuk opsi paling mudah, cukup membuat kerajinan botol kaca bekas tersebut berupa tampilan degradasi warna berlapis - lapis bak pelangi.
 
Gambar: uk.pinterest.com/jsmarties
 
Gambar: diynetwork
Kini Anda telah menghias botol kaca bekas menjadi tampilan menarik, unik serta lebih menawan. Selain memanfaatkan botol kaca bekas / botol plastik transparan, ada pilihan cara untuk membuat kerajinan rumah yang tak kalah seru. Misalnya menuangkan pasir warna dalam gelas kaca, kemudian meletakkannya pada dinding rumah yang tidak terlalu tinggi. Kreasikan warna sesuka hati, lalu letakkan lilin atau bunga hiasan di atasnya. Nampaknya juga cukup menarik jika diletakkan di meja tamu bukan…? 
Ditulis Oleh : Arbamedia.com  / Herry. W
Referensi : diynetwork.com, evermine.com

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel