Trik Membuat Lampu Hias Berbahan Pembuka Minuman Kaleng

Gambar: theideaking
Minuman kaleng dengan merek apapun pasti cukup untuk menghilangkan rasa dahaga serta mencari kesegaran. Setiap minuman kaleng tentu disertai pembuka minuman sebagai penutupnya sebelum dikonsumsi. Tapi tidak jarang, kalau pembuka minuman kaleng itu sering dibuang begitu saja. Padahal tanpa disadari, ternyata benda kecil itu bisa digunakan untuk membuat lampu hias rumah yang menarik. 

Jika Anda tidak percaya, Anda boleh mulai mengumpulkan penutup kaleng tersebut sambil menunggu memiliki stok yang cukup guna dijadikan penghias lampu di rumah. Kalau tidak cukup bersabar, cobalah untuk mengambil pembuka kaleng bekas di tempat – tempat biasanya banyak kalangan sering membiarkannya. Ketika jumlahnya sudah memenuhi syarat, kini Anda tinggal mempersiapkan beberapa alat pelengkap guna mempercepat proses pembuatan lampu hias, seperti :  

a. Tang pemotong berujung runcing / memiliki ujung lebih lebar untuk merekatkan kawat atau besi
b. Obeng
c. Besi berbentuk lingkaran dengan tiga besi penyangga ( Lihat Gambar ) 
Gambar: theideaking
Simak Cara pembuatannya Sebagai berikut :

1. Tekuk Pembuka Kaleng
Agar pembuka kaleng dapat menempel pada besi, pertama kali sebaiknya tekuklah pembuka kaleng.  Gunakan tang untuk memberikan sedikit tekukan pada bagian tengah pembuka kaleng. Pastikan anda sudah memastikan garis tengah yang sejajar sebelum menekuknya. Jangan lupa untuk memperhatikan kedua lubang pembuka kaleng, usahakan semua lubang terbentuk dengan baik. Gunakan tang untuk membentuk lubang tersebut menjadi lebih rapi. 
Gambar: instructables
2. Merekatkan Pembuka Kaleng Pada Besi
Kini Anda bisa mulai menempelkan pembuka kaleng pada bagian permukaan lingkaran besi secara sejajar. Gunakanlah tang untuk merekatkan pembuka kaleng itu sehingga dapat menempel dengan kuat.  Kalau dirasa masih kurang rapat, maka perlu bantuan obeng untuk memastikannya. ( perhatikan Gambar )
Gambar: theideaking
Gambar: theideaking
Mulailah mengaitkan pembuka kaleng yang sudah terpasang pada lingkaran besi dengan pembuka kaleng lainnya, kemudian teruskan ke bawah hingga mencapai panjang yang diinginkan. Lalu bagaimana cara mengaitkannya…? Potonglah bagian salah satu lubang pada pembuka kaleng supaya mereka dapat dikaitkan dengan pembuka kaleng yang terpasang. ( perhatikan gambar )
Gambar: instructables
Gambar: theideaking

Gambar: theideaking
Gambar: theideaking
Ketika proses pengaitan pembuka kaleng telah mencapai panjang sesuai keinginan, siapkan besi melingkar lain sebagai pengakhir rangkaian agar tidak terurai dan terlihat lebih simetris dengan bentuk lingkaran di ujung lain. Rekatkanlah besi pengakhir tadi menggunakan pembuka kaleng yang masih tersisa sebagai kancingnya. Pasangkanlah kancing secara melingkar ke seluruh lingkaran hingga semua rangkaian tercapai.

Gambar: theideaking

Gambar: theideaking
Sebagai finishing dalam membuat hiasan lampu, Anda boleh mewarnai atau sekadar membiarkan rangkaian pembuka kaleng bekas tadi, sehingga memperoleh kesan metal pada efek pencahayaan lampu hias yang akan dipasang. Sekarang cobalah mulai memasangkan lampu di tengah rangkaian tadi, lalu lihatlah hasilnya. Selamat mencoba
Ditulis Oleh : Arbamedia  /  Herry. W
Referensi: theideaking.blogspot.co.id, instructables.com

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel