Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

6 Khasiat Menakjubkan Daun Beluntas untuk Kesehatan Tubuh

Sumber : sma1-sukawati
Cukup menggugah selera jika daun beluntas diolah menjadi beragam masakan nusantara. Aroma segar dan rasa yang lezat menjadikan dedaunan ini banyak disukai oleh semua orang. Terlepas dari keistimewaan rasanya, ternyata daun beluntas menyimpan beragam nutrisi, layaknya Magnesium, Kalsium, Flavonoid, Minyak atsiri, Vitamin A dan C, serta kandungan senyawa lainnya. Dari situlah daun beluntas cukup menuai banyak manfaat untuk menunjang kesehatan tubuh kita. Seperti dilansir pada laman alamsehat.com ( retrieved 15/10/2017 ), berikut manfaat menakjubkan jika kita rajin konsumsi daun beluntas : 

1. Membantu menguatkan tulang gigi
Senyawa alami berupa kalsium dan fosfor cukup berperan penting untuk menutrisi gigi, sehingga menjadikan gigi semakin kuat dan sehat. Untuk penerapannya bisa mengunyah daun beluntas secara langsung, lalu bisa membuang sisa ampasnya.
 
2. Sebagai obat batuk alami
Caranya : Minumlah segelas rebusan daun beluntas selagi masih hangat, maka akan membantu meringankan batuk serta melegakan tenggorokan.
 
3. Sebagai obat hipertensi / darah tinggi
Untuk mengatasi darah tinggi dengan daun beluntas, minumlah air rebusan daun beluntas 3 cangkir per hari, maka secara bertahap tekanan darah tinggi akan bisa diturunkan.
 
4. Membantu memperkuat tulang
Daun beluntas mengandung kalsium, magnesium serta fosfor, yang mana senyawa ini akan menyuplai nutrisi tulang. Dengan begitu kekuatan tulang akan terjaga, sehingga mampu mencegah tubuh dari pengeroposan tulang ( osteoporosis ). Anda bisa mengonsumsi daun beluntas dalam bentuk masakan urap – urap / kulupan, bothok maupun jenis masakan lainnya.
 
5. Menyembuhkan pegal linu
Caranya : Minumlah air hasil rebusan daun beluntas, yaitu 2 gelas sedang per hari. Secara berangsur serangan pegal linu yang kerap diakibatkan kecapekan bisa ditanggulangi secara efektif.
 
6. Mencegah pertumbuhan bakteri
Dengan rajin mengonsumsi daun beluntas dalam bentuk masakan misalnya, maka keberadaan bakteri dalam tubuh akan bisa diminimalisir, sehingga tubuh tak mudah terserang penyakit.

Sumber referensi 1 : alamsehat.com/manfaat-daun-beluntas/
Sumber referensi 2 : tanobat.com/beluntas-ciri-ciri-tanaman-serta-khasiat-dan-manfaatnya.html