Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Waspada! Setelah Makan Langsung Merokok Akan Berakibat Fatal Dalam Tubuh

Sumber : viva
Merokok merupakan kegiatan buruk yang umum dilakukan di mana saja dan kapan saja. Bahkan dengan merokok, konon dianggap bisa memberikan kenikmatan tersendiri yang dirasakan bagi si perokok. Merokok sering dilakukan di sembarang tempat, bahkan kawasan yang telah dilarang pun dijadikan tempat merokok oleh orang yang melanggarnya.

Sementara di sisi lain, sering kali kita temui orang yang merokok setelah makan. Padahal tanpa disadari, merokok setelah makan bisa lebih berbahaya dibandingkan dengan waktu – waktu lainnya. Penelitian yang dilakukan oleh apoteker dari Nigeria bernama Lanre Alege dari Universitas Ilorin Teaching Hospital, telah menunjukkan bahwa merokok setelah makan lebih berbahaya 10 kali lipat dibandingkan dengan waktu merokok lainnya.

Bisa dibayangkan bukan, betapa bahaya dan mengerikan jika dalam satu waktu saja si perokok mendapatkan nikotin 10 kali lipat dibanding waktu biasanya. Nah, dampak seperti apa sih yang diakibatkan merokok setelah makan ? Berikut penjelasannya seperti dilansir pada laman tribunnews.com (20/10/2017) :
 
- Mengakibatkan Gangguan Pencernaan Usus
Dampak yang bisa membahayakan tubuh merokok setelah makan adalah terjadinya gangguan pada sistem pencernaan di usus. Sistem pencernaan akan mengalami hambatan akibat akumulasi nikotin di dalam oksigen yang diedarkan dalam darah. Dengan hal tersebut, maka bisa mengakibatkan terjadinya kanker paru - paru dan juga kanker usus. Tentunya sangat berbahaya akibat yang ditimbulkan dari merokok setelah makan.
 
- Peredaran Darah pada Pencernaan Meningkat Tajam
Berbagai zat yang terkandung di dalam rokok akan meningkat tajam apabila merokok setelah makan. Karena, zat-zat di dalam rokok akan mudah terserap di dalam darah. Tentu hal tersebut juga sangat berdampak buruk bagi organ – organ tubuh lain. Zat berbahaya yang terkandung di dalam rokok akan mengganggu berbagai fungsi organ di dalam tubuh, misalnya saja penyakit ginjal, bahaya jantung koroner dan sariawan usus.

Nah, itulah beberapa penjelasan mengenai dampak buruk yang diakibatkan merokok setelah makan. Setelah mengetahui bahayanya, ada baiknya tidak merokok setelah makan, bahkan lebih baik berhenti untuk merokok. Sayangi tubuh kita dan bersikap dewasalah dalam merawat apa yang kita miliki. Jangan sampai kebiasaan buruk membuat diri Anda merugi dan menyesal di kemudian hari.

Sumber referensi : 
- makassar.tribunnews.com/2015/11/28/dampak-buruk-merokok-usai-makan
- lifestyle.okezone.com/read/2017/05/02/481/1681152/bahaya-jangan-biasakan-merokok-setelah-makan