5 Tips Merawat Rambut Berhijab Agar Tetap Nyaman

image : globalist
Menggunakan busana Hijab merupakan sebuah keharusan bagi kaum muslim sesuai tata aturan dalam syariat Islam. Bahkan sudah menjadi sebuah tren masa kini, perusahaan jilbab banyak mengeluarkan desain jilbab yang baru. Guna mempercantik penampilan, tentunya para produsen hijab juga berkompetisi demi meraih desain yang menawan dan elegan. Pasti sudah banyak di antara kita menggunakan busana dengan desain Hijab yang memiliki banyak model. Namun perlu Anda tahu, beberapa model dari Hijab itu sendiri sebenarnya juga dapat mempengaruhi tingkat kesuburan rambut kepala.

Sebuah riset mengatakan, bahwa seseorang yang memiliki kebiasaan berhijab, maka akan memiliki risiko lebih rentan terhadap masalah yang dapat membuat rambut lepek, memancing timbulnya ketombe, serta dapat menimbulkan bau tak sedap akibat keringat. Hal ini dapat terjadi karena sirkulasi / peredaran oksigen yang dibutuhkan oleh rambut menjadi berkurang. Sehingga kulit kepala cenderung merasa pengap karena minimnya udara yang masuk. Nah, Berikut ini beragam tips yang dapat kita gunakan untuk mencegah terjadinya masalah pada rambut yang berhijab.

1. Lakukan Keramas Menggunakan Air Hangat
Menggunakan air hangat untuk keramas sangat membantu merawat kulit kepala secara alami. Karena saat menggunakan air hangat untuk keramas, maka pori pori kulit kepala akan terbuka, dan saat itu pula kita tuangkan sampo dengan nutrisi yang dimilikinya. Lalu usapkan sampo ke kepala hingga merata, saat pori-pori kulit kepala terbuka maka nutrisi di dalam sampo akan mudah masuk pada akar rambut. Setelah itu gunakan air dingin untuk membilas rambut agar rambut tetap dalam keadaan segar.

2. Pakai Sampo yang Sejuk
Kondisi rambut saat menggunakan jilbab memang sedikit tersiksa, mulai dari rontok, lepek, berbau tak sedap, bahkan rambut patah. Hal tersebut bisa saja disebabkan karena penggunaan kerudung yang kurang tepat, atau kesalahan dalam perawatan rambut. Bagi Anda yang memiliki masalah seperti ini, ada baiknya memilih sampo berbahan dari daun mint yang dapat menyejukkan kulit kepala.

3. Lepaslah Hijab Saat di Rumah
Mungkin sudah kerap dialami oleh wanita berhijab, yang mana jika terlalu lama menggunakan kerudung maka kulit kepala terutama pada bagian rambut akan terasa pengap, karena tidak memiliki sirkulasi udara dengan baik. Hal ini tak menutup kemungkinan dapat memicu timbulnya ketombe. Oleh sebab itu sesekali lepaslah hijab saat di rumah untuk merileksasikan rambut serta memperbaiki sirkulasi udara pada rambut.

4. Gunakan Kerudung yang Dapat Menyerap Keringat
Selalu gunakan kerudung berbahan dasar dari kain yang mudah menyerap keringat. Sehingga jika Anda mengalami kegerahan keringat, maka dapat selalu terserap kain kerudung secara maksimal. Demikian juga akan membantu dalam mengurangi gatal-gatal dan bau rambut yang tak sedap.

5. Jangan Menyiksa Rambut
Mengikat rambut terlalu kencang ternyata juga dapat memicu kerusakan pada rambut kepala. Biasanya hal ini sering dilakukan oleh wanita yang memiliki rambut panjang. Cara yang baik untuk dilakukan agar rambut tetap sehat saat berkerudung, yaitu selalu tata rambut dengan model Ponytail dan Cepolan longgar. Selain itu usahakan selalu mengubah belahan rambut untuk menghindari masalah kerontokan.
By : Adi. k  /  Arbamedia
Sumber : femina.co.id

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel