Awas! Rambut Cepat Botak Karena 9 Hal Sepele Ini

jatimtimes
Ada banyak sekali gangguan yang terjadi pada rambut, salah satunya ialah kebotakan. Mengingat rambut adalah mahkota untuk pria maupun wanita, maka akan banyak usaha yang dilakukan untuk mengatasi kebotakan tersebut, apalagi bagi beberapa orang yang benar-benar menjaga penampilan mereka. Umumnya kebotakan sering terjadi pada pria, tetapi tidak menutup kemungkinan untuk wanita juga bisa mengalaminya.

Di era jaman kuno, masalah rambut seperti ini hanya terjadi pada seseorang yang memiliki umur di atas 50 tahun. Namun saat ini masalah tersebut telah berkembang pesat hingga banyak dialami oleh anak remaja yang memiliki umur muda.

Nah, berikut ini adalah beberapa penyebab kebotakan dini yang harus kamu ketahui.

1. Riwayat Keluarga
Jika di dalam keluarga anda ada yang mengalami kebotakan, maka anda berpotensi tinggi mengalami hal serupa. Kebotakan yang faktornya adalah riwayat keluarga, juga dapat menunjukkan pada usia berapa anda akan mengalami masalah seperti ini.

2. Hormon
Perubahan hormon yang terjadi dalam masa kehamilan, kelahiran dan mendekati menopause, bisa menjadi penyebab seseorang mengalami kebotakan sementara. Juga kelenjar tiroid yang mempengaruhi perubahan hormon pun bisa menyebabkan hal serupa.

3. Induksi Obat
Pemberian obat-obatan pada penyakit kanker, depresi, radang sendi dan jantung, mengonsumsi vitamin A secara berlebihan serta pengguna pil KB, dapat mengakibatkan seseorang mengalami kebotakan dini.

4. Kebiasaan Mencabut Rambut
Ada kondisi dimana seseorang memiliki dorongan yang kuat untuk mencabut rambut mereka. Si penderita biasanya akan mengalami kebotakan yang disebabkan paksaan mencabut rambut, hingga dapat merusak akar rambut.

5. Stres
Stres pada tingkat yang kronis akan mempengaruhi hormon dalam tubuh seseorang, sehingga tidak mendapatkan keseimbangan. Ketidakseimbangan hormon dapat menyebabkan penipisan pada rambut yang berujung ke rambut rontok hingga botak.

6. Kekurangan Nutrisi Protein
Sangat penting menyertakan protein dalam menu sehari - hari untuk menjaga kesehatan rambut. Sebab rambut terdiri dari protein yang disebut dengan Keratin. Jadi kekurangan protein sangat berpengaruh atas kesehatan rambut yang menurun, dan dalam jangka waktu tertentu dapat menimbulkan kebotakan.

7. Gejala Penyakit ALS
Gangguan penyakit ALS juga dapat menyebabkan kebotakan rambut kepala di usia dini. ALS sendiri adalah penyakit yang berkaitan dengan sel-sel saraf di otak, serta sumsum tulang belakang yang mengontrol pergerakan otot.

8. Merokok
Kandungan Nikotin telah lama digembar - gemborkan menjadi penyebab beberapa penyakit tertentu. Selain itu nikotin juga dapat mempengaruhi pertumbuhan rambut, mengurangi nutrisi, sampai menyebabkan kebotakan dengan cara mempersempit pembuluh darah.

9. Minum-minuman Beralkohol
Alkohol menyebabkan dehidrasi pada tubuh, mengganggu zat besi dan menghalangi tubuh untuk menyerap nutrisi. Sementara seperempat dari kandungan pada rambut adalah air. Maka mengonsumsi alkohol berlebihan bisa membuat rambut menjadi kering, rapuh dan kemudian rontok / botak. (hello)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel