Cara Paling Mudah Usir Gatal-gatal Pada Tenggorokan Anda

foto : istimewa
Gatal pada tenggorokan umumnya bukanlah merupakan penyakit yang serius. Biasanya gatal pada tenggorokan terjadi bersamaan ketika si penderita mengalami batuk, peradangan yang disebabkan oleh hal-hal tertentu seperti alergi, flu dan faktor cuaca.

Namun dalam beberapa kasus, rasa gatal yang timbul di tenggorakan ini merupakan gejala dari Tonsilitis atau radang amandel, infeksi streptococcus, bahkan infeksi virus ebola. Namun jangan khawatir, umumnya gatal pada tenggorokan disebabkan oleh infeksi virus yang biasanya akan sembuh sendiri dalam waktu 5 sampai 7 hari.

Jika kamu ingin terbebas dari rasa gatal pada tenggorokan, atau paling tidak mencegahnya sebelum terjadi, kamu bisa memanfaatkan beberapa bahan alami berikut ini untuk mengatasinya:

1. Susu dan kunyit
Meminum segelas susu yang dicampur dengan kunyit setiap malam sebelum tidur, maka ketika mengalami gatal pada tenggorokan akan efektif untuk mengatasinya. Karena campuran kedua bahan tersebut mampu memberikan efek ketenangan terhadap tenggorokan yang gatal.

2. Madu
Siapa yang tak kenal dengan madu. Madu adalah obat yang telah disediakan oleh alam yang sudah terkenal dengan banyaknya manfaat yang akan didapat. Mengonsumsi madu satu sendok makan setiap harinya, akan membantu mengatasi rasa gatal dan iritasi pada tenggorokan. Atau dengan cara lain, yaitu dengan mencampurkan satu sendok madu, parutan jahe, perasan air lemon pada segelas teh hangat.

3. Cuka sari apel
Cuka sari apel bisa didapatkan di toko-toko obat terdekat, campurkan satu sendok makan cuka sari apel dan madu, aduk hingga rata dan kemudian minum setiap hari secara rutin.

4. Air putih
Pada keadaan tubuh dehidrasi, maka tenggorokan akan kehilangan air dan lendir sebagai pelumas, yang mengakibatkan tenggorokan terasa kering dan gatal. Pada saat cuaca dingin atau ketika sedang flu, mungkin tubuh akan kehilangan cairan melalui keringat saat demam. Oleh karena itu, setidaknya meminum delapan gelas air tiap hari sangat penting dan bermanfaat untuk mengusir lendir penyebab tenggorokan gatal. (alo)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel