4 Jenis Olahraga Ini Bikin Ginjal Makin Sehat dan Awet Muda

Zumba - (sheknows)
Ginjal merupakan organ tubuh terpenting yang termasuk dalam sistem sekresi pada tubuh. Organ-organ tubuh pada dasarnya memiliki keterikatan antara satu dengan yang lain, begitu pun dengan ginjal. Saat ginjal mengalami masalah maka bagian tubuh lainnya juga akan ikut merasakan sakitnya. 

Oleh karena itu sangat penting bagi kita untuk menjaga kesehatan ginjal, guna memiliki gaya kehidupan yang lebih sehat. Berikut ini adalah beberapa jenis olahraga yang layak kamu lakukan untuk menjaga kesehatan ginjal dari dalam :

1. Brisk walk
Brisk walk adalah penjabaran dari olahraga berjalan, yaitu berjalan dengan meningkatkan intensitasnya. Berjalan dengan melangkahkan kaki lebih lebar dan cepat ini, terbilang olahraga yang menyehatkan dan tidak terlalu melelahkan seperti halnya Joging dan maraton. Untuk hasil yang maksimal anda bisa melakukan brisk walk setidaknya 40 menit setiap hari.

2. Fitnes
Seseorang yang mengidap penyakit ginjal tetap bisa menjaga kebugarannya dengan melakukan olahraga Aerobik atau Fitnes. Biasanya fitnes dilakukan untuk membentuk masa otot guna memperindah penampilan seorang pria. Selain itu, fitnes ternyata bisa menyehatkan organ ginjal. Demikian disebabkan disaat seseorang sedang melakukan fitnes, maka tubuh akan mengeluarkan banyak keringat hasil dari pembuangan garam berlebih yang menumpuk pada tubuh. Sehingga secara tak langsung akan meringankan sistem kerja ginjal.

3. Zumba
Zumba adalah olahraga yang seru, dan belakangan ini sedang banyak digandrungi oleh para penggiatnya terutama bagi para wanita. Yap! Olahraga zumba menuntut orang yang melakukannya bertujuan bergerak cepat dan lebih aktif. Zumba menghasilkan keringat yang cukup banyak, dan ini otomatis akan membantu ginjal agar tidak bekerja terlalu berat.

4. Berkebun
Selain mendapatkan manfaat baik dari matahari pagi, berkebun yang dilakukan selama 1 - 2 jam, dipercaya efektif untuk menurunkan risiko mengalami gagal ginjal sebanyak 16 %. Berkebun di sini bukan hanya untuk orang yang memiliki tanah berhektar-hektar saja. Tetapi merawat tanaman di halaman rumah pun dapat diartikan sebagai aktivitas berkebun, yang mana dapat menyehatkan organ ginjal.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel