Ragam Jenis Olahraga Untuk Kesehatan Jantung Anda

( sumber - Istimewa )
Jantung adalah organ tubuh pertama yang penting bagi keberlangsungan makhluk hidup. Jadi jantung yang tidak sehat tentunya akan mempengaruhi kualitas hidup seseorang. Di negara Indonesia penyakit jantung merupakan penyebab kematian kedua setelah gangguan Stroke. 

Serangan jantung umumnya disebabkan oleh gaya hidup tak seimbang dan pola makan yang tidak baik. Nah untuk menguatkan performa jantung dan mencegah beragam gangguan penyakit jantung, kita dapat melakukan olahraga fisik seperti berikut :

1. Aerobic
Aerobic adalah jenis olahraga yang selama waktu latihannya memerlukan asupan oksigen yang banyak. Sehingga demikian akan terbiasa melatih jantung untuk berdetak lebih teratur dan aktif. Olahraga Aerobic bisa meliputi lari, mendaki gunung dan berenang.

Silakan pilih salah satu olahraga yang sesuai dengan kapasitas tubuh kamu sendiri. Jika kamu sedang dalam keadaan pemulihan dari serangan jantung, Zumba dan senam Aerobic dengan intensitas Low Impact adalah pilihan utama yang tepat untuk dilakukan.

2. Jalan cepat
Berjalan adalah aktivitas manusia sehari-hari yang secara alami mampu menguatkan otot - otot jantung. Berjalan kaki lebih cepat atau biasa dilakukan dengan lari - lari ringan, mampu membantu mendongkrak kinerja jantung lebih cepat. Sehingga aktivitas tersebut dapat melatih ketangkasan jantung saat bekerja setiap hari.

3. Berenang
Berenang termasuk olahraga yang sangat menyenangkan, dan ternyata olahraga jenis ini juga cocok untuk kesehatan jantung. Disarankan untuk menambah lintasan setiap kali berenang, serta bisa dengan gaya yang berbeda agar kamu tidak bosan. Misal hari ini menggunakan gaya bebas, maka hari selanjutnya bisa beralih menggunakan gaya dada. 

Tetapi gaya yang dianjurkan adalah gaya bebas dengan tangan menggenggam. Hal ini akan membantu tubuh kamu untuk bekerja lebih keras dalam berenang, sebab tidak adanya bantuan dari dayungan tangan.

4. Bersepeda 
Bersepeda adalah jenis olahraga selanjutnya yang dapat membantu menguatkan organ jantung. Sebuah penelitian dari Inggris mengatakan, Bahwa menempuh jarak total 32 km dengan bersepeda selama seminggu, dapat mengurangi risiko penyakit jantung koroner. Olahraga bersepeda ini menggunakan otot-otot besar di tungkai, yang akan mendongkrak otot jantung bekerja lebih aktif, hingga membantu menguatkan otot jantung. 

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel