9 Makanan dan Minuman untuk Kesehatan Paru-paru Anda - Arbamedia.com -->

9 Makanan dan Minuman untuk Kesehatan Paru-paru Anda


TB atau biasa dikenal dengan tuberkulosis merupakan salah satu jenis penyakit paru-paru yang memiliki gejala klasik seperti berat badan turun, batuk, badan melemah, dan keringat dingin. Jenis batuk bagi penderita ini sangat lama yaitu kurang lebih selama 21 hari. tuberkulosis adalah jenis penyakit yang dapat mengancam nyawa kita jika kondisinya sudah parah. Awal mula orang terjangkit penyakit ini yaitu dari kondisi sistem kekebalan tubuh yang tidak sempurna, sehingga tidak bisa menghalangi basil TB yang masuk ke dalam tubuh kita.

Penyakit serius ini dapat diobati dengan cara khusus yaitu dengan mengonsumsi obat-obatan antibiotik dalam kurun waktu tertentu. Nah karena pengobatan TB ini memerlukan waktu yang lama, sehingga mengakibatkan pengobatan TB secara medis menjadi penyebab tantangan berat bagi mereka yang ingin sembuh sempurna. Salah satu cara yang baik untuk membantu menyehatkan paru-paru yang pastinya juga membantu menghindarkan kondisi diri dari TB, kamu bisa mengonsumsi jenis makanan dan minuman yang mengandung antioksidan tinggi seperti berikut.

Delima
Buah delima adalah salah satu jenis buah yang dalamnya memiliki butiran merah seperti mutiara, konon katanya semenjak dari jaman dahulu buah ini banyak dikenal dan dikonsumsi sebagai makanan penambah antioksidan. Selain itu kandungan yang terkandung dalam buah delima juga berperan baik untuk membantu menjaga kesehatan paru-paru secara inside.

Apel
Buah yang banyak diminati sebagai kripik atau jus ini mengandung flavonoid, vitamin E, B, dan C. Dimana kandungan tersebut memiliki tugas sendiri-sendiri dalam tubuh. Dengan mengonsumsi buah apel secara rutin, baik itu dalam bentuk apapun maka vitamin C yang diperlukan oleh tubuh anda akan selalu terpenuhi. Hal ini sangat berkaitan erat dalam perlindungan basil TB yang membahayakan diri kita.

Anggur
Anggur terbagi menjadi beberapa jenis, anggur merah, anggur hijau, dan anggur hitam. Setiap jenis anggur memiliki rasa yang hampir mirip dan tentunya kadar kandungan yang terdapat di setiap jenis buah ini selalu berbeda. Manfaat utama dari mengonsumsi anggur segar setiap hari, yaitu dapat membantu menjaga tubuh dari serangan tuberkulosis.  

Jeruk
Salah satu buah yang diperkaya dengan vitamin C adalah buah jeruk. Jeruk memiliki beberapa jenis yaitu jeruk nipis, jeruk bali, jeruk lemon, dari semua jenis tersebut jeruk memiliki kandungan dasar yang sama yaitu vitamin C. Maka tak heran kita jika buah yang satu ini memiliki beragam manfaat yang komleks untuk menjaga kesehatan tubuh terutama untuk paru-paru.

Wortel
Kita sudah tak asing lagi dengan jenis buah yang namanya wortel. Buah yang dikelompokkan menjadi dua jenis ini (buah dan sayur) mengandung banyak sekali vitamin A yang mampu menjaga kesehatan mata dari dalam. Wortel dapat kamu jadikan camilan rutin dalam bentuk jus, sup atau jenis makanan lain yang nyaman untuk kamu konsumsi, dengan begitu kesehatan paru-paru kamu akan selaku terjaga dengan baik.

Kunyit
Salah satu tips agar kehidupan kita semakin sehat adalah dengan mengonsumsi jenis rempah atau bahan pangan lain yang mengandung zat curcumin. Zat ini berperan sebagai penolak penebaran sel kanker dalam tubuh. Dengan mengonsumsi salah satu rempah asal dalam negeri seperti kunyit dalam bentuk minuman, maka secara tidak langsung kamu akan terhindar dari risiko kanker paru-paru.

Jahe
Biasanya rempah jahe dikonsumsi bagi orang yang memiliki gejala batuk, dengan efek hangat yang didapatkan dari rempah ini maka, secara langsung tenggorokan akan terasa lega dari gangguan lendir yang menyebabkan kita batuk. Selain itu mengonsumsi jahe dalam bentuk minuman saat santai juga bisa membuat kondisi paru-paru mu menjadi semakin baik.

Buah berry
Buah berry termasuk jenis buah yang mengandung banyak lutein, karatenoid, flavonoid, zeaxanthin, yang tak lain fungsinya adalah untuk mengatasi karsinogen di paru-paru. Mengonsumsi buah ini secara rutin setiap hari sangat disarankan bagi anda yang memiliki gejala paru-paru tidak sehat.

Yogurt
Berbicara masalah kecantikan, kita tidak mungkin lepas dari jenis minuman yang satu ini, sebut saja namanya yogurt. Yogurt terbuat dari fragmentasi bakteri baik yang terkandung dan olahan beragam jenis susu. Saat ini banyak minuman yogurt yang banyak di jual di pasaran. Selain bermanfaat untuk menjaga kecantikan, minuman ini juga dapat berpengaruh besar terhadap kesehatan paru-paru yang kita miliki.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel