Awas, Empat Kondisi ini Picu Keinginan Merokok

arbamedia.com - Memang tak semudah membalikkan telapak tangan untuk menghentikan kebiasaan merokok bagi setiap insan. Karena hal demikian dibutuhkan tips dan juga melalui proses yang tidak singkat agar dapat berhenti merokok. Namun bila anda memiliki keinginan yang kuat untuk berhenti merokok, Pastinya tetap bisa dilakukan. Dengan cara menguatkan niat serta tekad dalam diri anda, Memang suatu hal yang utama. Pada dasarnya keinginan seseorang  untuk lebih sering merokok  dialakukan pada waktu-waktu tertentu. 

Oleh karena itu, Kecendurangan seseorang untuk menjadi perokok aktif juga dipicu oleh kondisi dan emosi yang dirasakan pada diri seseorang tersebut. Sehingga hal demikian sangat berbahaya bagi kesehatan tubuh bila merokok ini menjadi suatu kebiasaan. Dan perlunya anda untuk mengetahui tentang beberapa jenis keadaan yang dapat memicu anda untuk merokok, Agar permasalahan tersebut dapat tertanggulangi dengan tepat. Dan inilah 4 kondisi pemicu keinginan merokok yang harus anda waspadai. Berikut keterangannya :

1. Lelah
Di waktu anda mengalami kelelahan, Baik itu karena pekerjaan yang anda jalani maupun segala aktifitas lain yang mungkin menguras banyak energi anda, Maka rasa lelah ini bisa memicu anda untuk merokok. Hal demikian bisa terjadi karena di saat rasa lelah itu muncul, Mungkin dalam pikiran anda sempat terlintas bahwa dengan merokok bisa tingkatkan energi kembali. Hal demikian perlu untuk diwaspadai agar rasa lelah dalam diri anda tidak dikalahkan oleh kebiasaan merokok. Dengan cara mengatur waktu istirahat anda secara tepat serta tanamkan dalam diri anda bahwa merokok bukanlah suatu solusi untuk melawan rasa lelah dalam diri anda. Dan malah sebaliknya, bahwa merorokok justru membuat diri anda kelelahan.

2. Marah
Tahukah anda, Bahwa rasa marah dalam diri seseorang dapat memicu untuk terus merokok. Menurut salah satu mantan perokok mengatakan, Bahwa godaan yang paling berat bagi seseorang untuk menghisap rokok kembali adalah rasa marah,Yang sebaiknya hal demikian perlu anda hindari. Apabila anda dalam kondisi marah, Maka gunakan cara yang tepat untuk mengatasinya. Dengan cara anda meminum air dan mengambil nafas dalam-dalam, Memang suatu cara yang pas untuk anda terapkan. Karena hal tersebut juga baik untuk kesehatan anda selain bisa menangkal rasa marah yang datang secara tiba-tiba.

3. Lapar
Ketika anda hendak berhenti merokok, Sampai anda sudah jarang untuk melakukan kebiasaan ini, Maka akan timbul rasa lapar dan meningkatnya selera makan dalam diri anda. Sehingga hal demikian juga bisa memicu anda untuk merokok kembali. Karena akan sempat terlintas dalam pikiran anda bahwa “merokok akan mengurangi nafsu makan”. Oleh karena itu, Setidaknya anda bisa menyiasati kondisi yang seperti ini tidak terjadi, Agar kebiasaan merokok tidak terulang kembali. Dengan cara mengkonsumsi buah yang diperkaya akan serat, bisa juga anda terapkan. Karena buah yang mengandung banyak serat, Bisa menjadikan diri anda cepat kenyang. Sehingga bisa membantu anda untuk mencegah keinginan merokok.

4. Kesepian
Kepercayaan diri menurun bisa diakibatkan karena rasa kesepian muncul dalam diri seseorang. Dan hal demikian bisa memicu seseorang tersebut ingin kembali merokok. Karena dirasa tingkat energi mereka mulai melemah, Sehingga rokok lah yang menjadi acuan untuk meningkatkan energi seseorang tersebut dapat pulih kembali, Padahal itu merupakan sebuah kesalahan. Dan perlu anda ketahui bahwa hal tersebut perlu dicegah dengan cara yang lebih efektif, Agar kebiasaan merokok dalam diri anda bisa sirna. Carilah seorang sahabat yang bisa anda ajak curhat, saling tukar pengalaman, Agar bisa mengeluarkan semua permasalah yang ada. Selain itu, Melakukan meditasi juga bisa anda terapkan untuk mengatasi hal tersebut. Dan masih banyak lagi cara lain yang bisa membantu untuk mengatasi rasa kesepian dalam diri anda.
Artikel Terkait