Manfaat dan Khasiat Buah Nangka yang Perlu Diketahui

image: weeklyhealthylife.com
Nangka merupakan tanaman berupa pohon besar, berasal dari negara India, dan menyebar ke berbagai belahan dunia beriklim tropis. Terutama di Indonesia, tanaman nangka paling banyak kita jumpai di daerah Kepulauan Jawa. Di Jawa, nama tanaman ini adalah ‘’Nongko’’ atau dalam bahasa Indonesia dengan sebutan Nangka. Ada tiga jenis buah nangka yang terdapat di wilayah Indonesia, antara lain nangka Bubur. Seperti namanya, nangka bubur memiliki daging yang lunak, empuk, agak berserat, beraroma menyengat, dan mudah lepas dari rumah buahnya. 

Kedua adalah nangka salak, kenapa buah ini dinamakan nangka salak?, karena buah nangka jenis ini mempunyai ciri-ciri seperti daging buah salak. Dagingnya tebal dan agak kering seperti buah salak. Dan yang terakhir nangka cempedak, nangka cempedak adalah jenis nangka paling sering kita temui, mempunyai rasa yang enak, daging tipis, dan aroma harum yang khas.

Buah nangka memang dikenal oleh seluruh warga negara Indonesia, dikarenakan buah ini memiliki kandungan gizi dan nutrisi baik untuk kesehatan tubuh. Karena itulah, kini buah nangka banyak diburu masyarakat Indonesia dan sekitarnya. Di Kepulauan Jawa sendiri, pohon buah nangka sudah banyak dibudidayakan, sehingga buah nangka banyak dijual di mana-mana dan gampang ditemukan di pedesaan serta perkotaan. Banyak orang memanfaatkan buah nangka sebagai camilan untuk mencuci mulut setelah makan. Selain untuk mencuci mulut, buah nangka juga baik digunakan untuk menu buka puasa, karena memiliki rasa yang manis dan segar. 

Perlu anda ketahui, banyak orang yang mengonsumsi buah nangka, tetapi bukan hanya dinikmati untuk camilan saja. Melainkan memanfaatkan kandungan dalam buah nangka untuk menjaga kesehatan tubuhnya. Buah nangka memiliki kandungan alamiah dalam jumlah yang tidak sedikit. Oleh karena itulah banyak orang memanfaatkan kandungan buah nangka untuk khasiat kesehatan. Berikut ini adalah kandungan pada buah nangka, seperti Kolesterol alami, Fitonutrisi, Serat, Vitamin C, Vitamin A, Potassium, Magnesium, Dan Kalsium. Pentingnya kandungan tersebut sebagai kebutuhan gizi harian kita, maka tak heran jika buah nangka memiliki berbagai manfaat untuk kesehatan tubuh manusia.

Berikut manfaat dan khasiat buah nangka untuk kesehatan tubuh :

1. Mencegah kanker
Kandungan Fitonutrien seperti Lignin dalam buah nangka mempunyai sifat anti kanker. Sehingga buah-buahan yang memiliki senyawa seperti ini, sangat penting dibutuhkan untuk memperlambat pertumbuhan sel kanker, dan mencegah perkembangan sel kanker. Mengonsumsi buah nangka dalam jumlah cukup, sangat efektif untuk mencegah maraknya sel kanker.

2. Mencegah anemia
Penyakit anemia disebabkan oleh beberapa faktor, seperti kekurangan asupan zat besi untuk dicerna di dalam tubuh. Selain itu seseorang yang menderita penyakit anemia memiliki gejala mual, nafas pendek, dan mudah capek. Hal inilah mengakibatkan aktivitas sehari-hari kita terganggu. Untuk mengatasi anemia, kita perlu memakan makanan yang mengandung zat besi seperti bayam duri, daun Tapak Liman, serta buah nangka.

3. Melancarkan pencernaan
Pada dasarnya untuk menjaga kesehatan sistem pencernaan tubuh kita, memang memerlukan serat yang cukup (tidak terlalu banyak dan tidak terlalu sedikit). Kandungan serat di dalam buah nangka memang tidak sedikit. Maka serat pada buah nangka dapat membantu menjaga kesehatan sistem pencernaan, dan juga baik dikonsumsi seseorang yang mengalami masalah sistem pencernaan.

4. Memperkuat tulang
Buah nangka memiliki kandungan kalsium, yaitu berperan untuk menjaga kesehatan tulang. Selain itu kalsium pada buah nangka juga mampu membantu kesehatan gigi kita, sehingga membuat gigi tidak mudah sakit. Mengonsumsi buah nangka secara rutin dengan jumlah cukup, sama dengan kita memperbanyak asupan kalsium yang masuk ke tubuh. Sehingga gigi dan tulang akan sehat dan kuat.

5. Menjaga kesehatan mata
Secara umum kesehatan mata perlu kita perhatikan, Karena organ mata merupakan salah satu anggota organ terpenting. Dalam menjaga kesehatan mata ada banyak hal yang harus kita terapkan, terutama adalah pola makan. Untuk menjaga agar mata kita terbebas dari penyakit atau gangguan penglihatan, disarankan untuk mengonsumsi buah-buahan yang mengandung vitamin A seperti wortel, buah nangka, dan sejenisnya.
image: happybodyformula.com
6. Buah nangka menambah energi tubuh
Kandungan energi pada buah nangka sudah dikenal banyak orang sejak dahulu. Itulah sebabnya  buah nangka laris di pasaran, dan banyak dikonsumsi oleh pekerja keras atau orang yang banyak melakukan aktivitas di luar ruangan. Mengonsumsi buah nangka pada saat lelah sangat disarankan, Karena buah nangka dapat membantu memulihkan tenaga yang hilang akibat aktivitas berat.

7. Sebagai Antioksidan
Kandungan antioksidan pada buah nangka tidaklah sedikit. Buah nangka memiliki senyawa anti-kanker, seperti Flavonoid dan vitamin C, yang merupakan sumber antioksidan. Flavonoid adalah senyawa dalam jenis antioksidan cukup hebat, sehingga senyawa ini mampu mencegah pertumbuhan sel kanker di dalam tubuh.

8. Untuk menjaga kesehatan kulit
Kulit lembut dan sehat memang menjadi impian di setiap wanita. Memiliki kulit lembut dan halus sangat berpengaruh dengan penampilan kita. Sehingga akan membuat rasa percaya diri semakin terjaga. Pada buah nangka terdapat banyak kandungan vitamin A, tak lain fungsinya ialah menjaga kesehatan mata. Selain itu vitamin A juga diperlukan tubuh untuk menjaga kesehatan kulit agar tetap lembut dan sehat. Jadi mengonsumsi buah nangka secara rutin, sama saja kita menjaga kesehatan kulit secara internal.

9. Mencegah kerusakan rambut
Selain buahnya, biji nangka juga mengandung banyak vitamin A. Mengonsumsi biji buah nangka dengan cara direbus sudah terbiasa dilakukan sejak zaman dahulu. Karena orang-orang zaman dahulu mempercayai, bahwa kandungan di dalam biji buah nangka dapat mengatasi rambut rontok dan rapuh.

10. Melawan keriput
Buah nangka mengandung vitamin A cukup tinggi. Vitamin A merupakan sumber nutrisi yang dibutuhkan untuk menjaga kesehatan mata dan juga kulit tubuh. Seseorang yang mengonsumsi buah-buahan mengandung banyak vitamin A, sangat baik untuk menjaga kesehatan tubuh, termasuk mencegah terjadinya kulit keriput.

11. Mencegah sembelit
Buah ini tergolong buah-buahan mengandung serat dalam jumlah cukup besar. Kandungan serat tinggi pada buah nangka, dapat membantu mengatasi sembelit dan mengobati luka borok pada kulit.

12. Buah nangka kaya akan zat besi
Terdapat kandungan zat besi dalam jumlah cukup pada buah nangka. Sehingga buah ini sangat bermanfaat untuk mencegah terjadinya pembekuan hemoglobin atau sel darah merah, serta mencegah anemia.

13. Mencegah penyakit jantung
Banyak orang belum mengetahui manfaat buah nangka satu ini. Buah nangka dapat mencegah terjadinya penyakit jantung berbahaya. Dikarenakan dalam buah nangka terdapat senyawa kalium, yang bisa menjaga kesehatan jantung dan mencegah datangnya penyakit jantung.

Artikel Terkait

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar