Waspada, 5 Kesalahan Pekerja Kantoran Ini Sebabkan Diabetes

image : theidleman.com
Menghadapi pekerjaan kantor yang menumpuk, membuat banyak pegawai harus mengatur diri agar dapat menyelesaikan tugas mereka dengan sebaik mungkin. Terkadang masalah yang dihadapi yaitu terjadinya perubahan kebiasaan rutinitas sehari-hari, dikarenakan tuntutan hasil kerja yang belum terselesaikan secara maksimal. Akibatnya secara tak sengaja mereka mengabaikan hal-hal yang seharusnya menjadi aktivitas sehat, demi menunjang hasil kerja yang sempurna.  

Tidak boleh diremehkan, menjaga kesehatan tubuh juga amat penting. Lantas, bagaimana anda bisa memperoleh hasil kerja dengan baik, sedangkan kondisi kesehatan tubuh sendiri kurang diperhatikan…?. Bahkan ada beberapa kesalahan yang masih saja dilakukan oleh kalangan pekerja kantoran. Di mana kebiasaan itu bisa menjadi penyebab munculnya penyakit diabetes.

Mungkin dampak buruknya tidak terjadi secara langsung. Namun secara bertahap kesalahan-kesalahan itu akan mengikis produktivitas kerja, karena terjadinya kadar gula darah dalam tubuh semakin meningkat. Sehingga hal itu membuat tubuh sering merasa lemas, terlebih ketika menyelesaikan tugas kerja. Akhirnya pekerjaan itu tak bisa segera diselesaikan karena tubuh terkena masalah medis.

Lantas, apa saja kesalahan yang kerap dilakukan oleh pekerja kantoran tersebut..?

1. Mengabaikan Waktu Tidur
Tidak serta-merta pekerjaan yang banyak, menjadikan anda terpaksa mengabaikan waktu tidur. Sering begadang juga tidak baik bagi kesehatan tubuh. Mungkin saja banyak garapan kantor sehingga harus masuk dalam ranah pekerjaan rumah. Boleh-boleh saja begadang, asalkan tidak terlalu sering.

Jika terus menerus anda tidak memiliki waktu cukup tidur, akibatnya mampu menurunkan kinerja metabolisme tubuh. Perkara ini cukup berdampak pada insulin tubuh, sehingga membuat kadar gula darah meningkat secara tak terduga.

2. Selalu Melewatkan Sarapan pagi
Tidak memiliki waktu tidur yang cukup, mampu menyebabkan tingkat kegelisahan cukup tinggi. Sehingga membuat diri mudah tergesa-gesa, hingga menjadikan anda sering melewatkan sarapan pagi.  Padahal sarapan pagi sebelum berangkat ke kantor cukuplah penting, agar stamina tubuh lebih baik saat bekerja.

Sering melewatkan sarapan pagi akan mengakibatkan tubuh membutuhkan banyak asupan kalori di kemudian harinya. Bilamana asupan kalori ini dikonsumsi berlebih secara terus menerus, Apakah hal itu tidak membuat kadar gula darah melonjak…?

3. Terlalu Banyak Duduk Sepanjang hari
Alangkah baiknya meluangkan waktu sejenak untuk melakukan peregangan seusai duduk lama di depan layar komputer. Menyelesaikan pekerjaan kantor memang penting, namun jangan lupa untuk mengimbangi kesehatan tubuh anda. Banyak duduk ternyata mampu memicu penyakit diabetes menyerang tubuh. Bayangkan saja jika tubuh duduk sepanjang hari, maka tubuh tak lagi memiliki gerakan yang cukup bukan…?. Sementara aktivitas fisik yang kurang seimbang, maka dapat memicu permasalahan pada insulin tubuh.

4. Tingkat Stres yang Tinggi
Jangan sampai kesibukan kerja yang belum tuntas memengaruhi tingkat stres, karena tidak hanya masalah produktivitas kerja yang terganggu. Namun kemungkinan besar saat kondisi stres ini muncul, secara tak langsung tubuh akan mencoba mengeluarkan sejumlah hormon yang berpengaruh terhadap insulin. Akibatnya hal tersebut mampu membuat kadar gula darah meninggi.

Menyisipkan waktu untuk istirahat sejenak memang dibutuhkan agar tubuh dapat terelaksasi, sehingga kondisi stres dapat dicegah.  Bagi pekerja kantoran tentu disediakan jam istirahat bukan..?, Maka gunakanlah waktu istirahat itu dengan sebaik mungkin.

5. Kurang Menjaga Konsumsi Makanan
Mungkin banyak camilan ringan disediakan dalam mengisi waktu rehat sejenak di kantor. Namun menjaga asupan makanan yang dikonsumsi tubuh juga cukup diperlukan. Hindari makanan yang terlalu banyak karbohidrat, Apalagi karbohidrat olahan bisa menjadi risiko penyakit diabetes menyerang tubuh.

Pastikan asupan makanan dalam tubuh bervarian, seperti mengonsumsi makanan dengan nutrisi dan gizi seimbang, banyak asupan air, sehingga kondisi stamina tubuh terus terjaga dengan baik saat bekerja di kantor.
Artikel Terkait