Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Jenis Buah Ini Mampu Mengatasi Batuk Gatal Dan Kering


image: healthnagari.com

Setiap tubuh manusia memiliki sistem kekebalan, yang berperan untuk mencegah masuknya bakteri ke dalam tubuh atau gangguan dari luar tubuh, Layaknya batuk. Batuk adalah respon alami yang disebabkan karena adanya lendir di tenggorokan,  dan juga disebabkan karena iritasi. Sementara batuk ringan pada umumnya bisa sembuh dengan sendirinya selama maksimal tiga Minggu, tanpa harus diberi obat-obatan tertentu. 

Ada banyak faktor penyebab batuk, kebanyakan pemicu terjadinya batuk gatal dan kering adalah alergi atau iritasi. Sebenarnya, Penyakit batuk bisa disembuhkan dengan obat-obatan alternatif yang telah tersedia di pasaran. Namun selain itu banyak juga cara alami untuk menghilangkan batuk gatal dan kering, yakni dengan memanfaatkan beberapa jenis buah-buahan yang cukup mudah anda dapatkan.

Di bawah ini adalah beberapa buah-buahan yang bisa digunakan sebagai bahan alami untuk mengobati sakit batuk gatal dan kering.

1. Buah Jeruk
Buah jeruk, Merupakan buah yang sangat terkenal di semua kalangan masyarakat sebagai buah pemasok vitamin C terbanyak.  Vitamin C pada buah jeruk sangat efektif untuk mencegah terjadinya radang di tenggorokan dan gatal sebab alergi. Karena kandungan vitamin C pada buah jeruk sangat berperan sebagai antioksidan yang kuat. Nah.., cara memanfaatkan buah jeruk untuk mengobati batuk tidaklah sulit. Kita bisa mengonsumsi buah jeruk secara langsung, atau juga bisa disajikan dalam satu gelas jus yang dicampur dengan madu.

2. Jeruk Nipis
Kandungan vitamin C yang terdapat pada buah jeruk nipis cukup tingggi, bahkan vitamin C nya lebih banyak dibandingkan jeruk biasa. Selain itu, kandungan flavonoid juga terdapat di dalam buah jeruk nipis. Manfaat senyawa flavonoid bersifat menghilangkan lendir di tenggorokan, dan melegakan pernafasan. Jeruk nipis juga bisa mengatasi mual mual yang diakibatkan oleh batuk secara terus menerus. 

Cara menggunakan jeruk nipis sebagai obat batuk sangat sederhana. Kita hanya memanfaatkan air dari jeruk nipis yang dicampur dengan madu, dan langsung bisa diminum ramuan tersebut selama tiga kali dalam sehari. Dengan begitu gangguan batuk akan segera mereda.

3. Buah Tomat
Di dalam buah tomat mengandung Vitamin C yang tidak sedikit. Vitamin C dalam buah tomat berperan sebagai antioksidan, yang bisa memerangi virus atau infeksi pada tenggorokan yang mengalami batuk. Banyak orang yang mengatakan, bahwa buah tomat bisa menyembuhkan batuk dengan cepat, karena buah ini mampu memberi pasokan vitamin ke tubuh kita secara menyeluruh. Cara mengonsumsi buah tomat untuk pengobatan batuk tidaklah sulit. Yang perlu kita lakukan adalah memilih jenis tomat yang sudah matang sempurna, dan langsung bisa di makan,  tapi jangan lupa cuci dulu buah tomat hingga bersih.

4. Buah Nanas
Buah nanas juga cukup efektif untuk membantu menyembuhkan batuk, karena di dalam buah nanas mengandung Bromelain, yang berperan untuk mengurangi lendir dalam tenggorokan. Selain itu juga dapat membantu mengurangi risiko infeksi pada saluran pernafasan. Cara mengonsumsi buah nanas sebagai obat batuk sangat mudah, yakni kita bisa mengonsumsi buah nanas secara langsung, atau bisa dibuat jus.

5. Buah Blueberry
Buah blueberry memang sangat dikenal sebagai buah yang mengandung senyawa antioksidan tinggi. Buah blueberry mempunyai khasiat yang luar biasa, yaitu selain untuk pengobatan jantung, ternyata buah blueberry juga bisa digunakan sebagai buah-buahan untuk menangkal dan menghambat sel kanker di dalam tubuh. Selain itu, blueberry juga banyak dikonsumsi sebagai buah untuk menyembuhkan penyakit batuk kering. Hal tersebut karena buah ini cukup membantu mencegah iritasi di tenggorokan, dan menyembuhkan gatal gatal pada tenggorokan. Cara menerapkan juga sama seperti buah-buahan yang lainnya, yaitu digunakan sebagai jus atau dikonsumsi secara langsung. 

Nah.. dengan menerapkan beberapa cara di atas dalam menanggulangi batuk gatal dan kering, Maka gangguan batuk tersebut akan segera mereda. Sehingga aktivitas anda bisa berjalan dengan lancar kembali.

Baca Juga : Trik Unik Ini Ampuh Redakan Batuk Hanya Dalam 10 Menit