Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Inilah Bahan Alami Yang Efektif Mengatasi Bintil Kuku

Picture : pinterest.com
Bintil kuku merupakan potongan kulit yang tumbuh di dekat kuku, biasanya memiliki bentuk seperti bekas robekan kulit kuku, Segitiga kecil dan bertekstur tajam. Kerap kali hal ini disebut dengan Hangnail dalam bahasa inggrisnya. Dalam istilah Jawa persoalan semacam ini juga bisa disebut Siwilan / Siwilen.  Lantas, seberapa penting masalah bintil kuku bagi tubuh anda…?, Perawatan kuku memang termasuk perkara penting dalam menunjang keindahan penampilan tubuh. Namun pada saat Si kuku mengalami masalah, tentu anda tidak lagi memiliki kuku indah bukan…?

Layaknya bintil kuku yang bisa terjadi kapan saja dan tak diduga, bisa meresahkan bagi sebagian orang, terlebih kepada setiap orang yang memang lebih sensitif dalam merawat kuku -kuku mereka. Sebenarnya bintil kuku ini tak memiliki hubungan dengan permasalahan kuku anda, namun keberadaannya yang selalu terselip di sekitar kuku kerap memicu rasa sakit. Bahkan dengan bentuknya yang tajam membuat orang geram untuk segera mencabut hingga memotongnya. 

Memotong bintil pada kuku juga tidak boleh sembarangan. Sebab hal itu akan membuat infeksi serius dan merusak keindahan sekitar kuku jika sampai salah menanganinya. Oleh sebab itu perhatikan cara yang benar sebelum menerapkan langkah pencabutan bintil pada kuku Anda. 

Bahan alami untuk mengatasi bintil kuku juga telah tersaji jika anda berkenan menggunakannya sebagai metode aman. Jadi, adanya persoalan hangnail ini bisa diselesaikan dengan lebih efektif tanpa menimbulkan masalah di kemudian hari. Sebelumnya anda harus mengetahui apa saja sebab-sebab bintil kuku tersebut muncul dan bagaimana tingkat keparahannya.

Paling umum bintil kuku disebabkan oleh kulit kering pada sekitar dinding kuku. Yang mana keadaan ini kerap terjadi diakibatkan minimnya tingkat kelembaban kulit itu sendiri. Selain itu, bagi orang yang sering menggigit jari jemari mereka juga cukup rentan mengalami bintil pada kuku. Bahkan akibat paparan bahan kimia tertentu juga menjadi salah satu penyebabnya.

Lambat laun bintil kuku akan mengalami tingkat keparahan, serta menyakitkan jika tidak segera diatasi. Selain itu dapat menimbulkan pembengkakan dan kemerah-merahan di sekitar area kuku akibat terinfeksi bakteri maupun jamur. Beraneka bahan alami yang dapat digunakan untuk mengatasi hangnail yakni sebagai berikut :

1. Aloe Vera & kunyit
Lidah buaya tentu mempunyai performa bagus dalam menyembuhkan dan mencegah timbulnya bintil pada kuku. Karena di dalam tanaman Aloe vera ini memang dicukupi oleh sifat pelembab, efek penenang, sehingga mampu melunakkan hangnail secara alami. Bahkan efek penyembuhannya akan lebih sempurna bila Aloe vera dikombinasikan dengan kunyit, sebab kemampuannya sudah tak diragukan lagi dalam menyehatkan kulit sekitar kuku.

Efek baik kedua bahan tersebut layak digunakan, mengingat kecenderungan bintil kuku yang bertekstur keras dan tajam akan mampu dilunakkan. Sehingga bagi anda yang khawatir untuk mencabut hangnail secara langsung, maka dapat menggunakan bahan alami tersebut untuk mempercepat proses penanggulangannya.

Cara menggunakannya : Sediakan gel lidah buaya secukupnya dan satu sendok teh bubuk kunyit. Campurkanlah kedua bahan ke dalam satu wadah kecil, kemudian oleskan pada bagian area kulit kuku yang terkena hangnail. Berikan pijatan lembut pada setiap area kuku, terlebih saat mengoleskan ramuan buatan tadi.

Cobalah menerapkannya secara rutin dalam beberapa hari, hingga sampai bintil kuku dapat disingkirkan secara alami.  Anda juga bisa mencabut atau memotong hangnail ketika kondisinya sudah cukup lunak setelah dioleskan ramuan kunyit dan lidah buaya tersebut. Lebih baik mencabutnya dengan menggunakan alat pemotong kuku maupun sejenisnya, agar proses pencabutan lebih mudah dan tak menimbulkan infeksi serius pada kulit kuku.

2. Alpukat & Minyak Kelapa
Sifat Emolien pada buah alpukat mampu mencegah terjadinya kulit kering. Karena Alpukat sendiri dapat menjalankan fungsinya sebagai bahan Oklusif alami yang membantu kulit agar tetap lembab. Seperti yang diketahui bahwa bintil kuku juga kerap disebabkan oleh kondisi kulit kering di sekitar area kuku.

Alpukat juga mengandung bahan Higroskopis, sehingga Epidermis kulit mampu menyerap dan menyimpan air. Hal demikian merupakan pelembab kulit secara langsung dan dikenal dengan sebutan Humektan. 

Untuk mengatasi bintil kuku, anda bisa memanfaatkan kandungan Vitamin E dari buah Alpukat untuk diolah sendiri sebagai ramuan alami. Mengapa perlu memilihnya….?, Karena buah Alpukat telah dikenal menyimpan berbagai kegunaan cukup ramah bagi kulit berkat kandungan Lemak, Minyak, dan Vitamin di dalamnya. Dikombinasikan dengan minyak kelapa, sehingga cukup membantu mempercepat proses penyembuhan bintil kuku, serta peranannya juga sangat penting di dunia kecantikan.

Lantas Bagaimana Cara Mengolah dan Menggunakannya...?

a. Sediakan satu buah Alpukat matang
b. Ambil daging buahnya, letakkan ke dalam mangkuk
c. Masukkan ke dalam mangkuk 2 sendok makan minyak kelapa
d. Tumbuk kedua bahan sampai halus dan menjadi pasta
e. Bahan siap digunakan

Oleskan ramuan yang sudah dibuat tadi pada kulit berbintil sekitar kuku secara merata. Sebaiknya mengoleskannya di waktu malam hari, kemudian diamkan, dan bersihkan seusai bangun tidur. Lakukan cara demikian selama beberapa hari, Maka anda akan melihat peningkatan kelembaban kulit pada kuku, serta bintil kuku menjadi melunak sehingga lebih gampang untuk mengelupas atau mencabutnya.

3. Kacang Almond & Kuning Telur
Kacang Almond diperkaya dengan kandungan cukup lemak Esensial dan Vitamin E sebagai penghadang terjadinya bintil kuku yang menyakitkan. Dengan bantuan lemak Esensial ini, maka secara tidak langsung kulit akan mendapatkan pelembab secara alami. Sehingga bintil kuku yang terselip di sekitar kulit kuku bisa melunak dan mudah diangkat. Kombinasikan dengan kuning telur dalam pembuatan ramuan alami ini.

Cara mengolah serta penggunaan bahan :

Sediakan satu genggam kacang Almond dan rendam dalam waktu semalam. Kemudian kupaslah kulitnya, tumbuk Almond sampai lembut. Tuangkan ke dalam mangkuk kecil, setelah itu campurkan kuning telur secukupnya, barulah mengaduknya sampai merata. Jika anda ingin hasil yang lebih baik, boleh-boleh saja menambahkan sedikit madu.

Seusai ramuan itu dibuat, anda bisa langsung mengoleskannya pada area kuku dan kulit pada jari-jari tangan atau kaki. Terapkan cara ini setiap malam, bungkus area jari-jari kuku yang sudah dioleskan ramuan tadi dengan kain. Kemudian bilas dengan air keesokan harinya.

4. Garam Epsom
Apa itu garam Epsom…? Garam ini terbentuk dari mineral alami yang terkandung dalam air. Dikatakan sebagai garam Epsom karena istilah ‘’Epsom’’ diambil dari nama kota yang ada di Inggris. Banyak sekali kegunaannya bagi tubuh manusia, termasuk mampu menghaluskan kulit tubuh secara alami. 

Tak hanya itu saja, garam Epsom juga dikenal memiliki sifat Anti-inflamasi, kemudian sifat Analgesik di dalamnya juga berguna meredakan rasa nyeri akibat terjadinya bintil kuku yang mulai terinfeksi. 

Jadi, jika anda berminat mengatasi bintil kuku dengan bahan alami ini, siapkan satu sendok garam Epsom ke dalam mangkuk, kemudian larutkan dengan air hangat. Gunakan air garam tersebut untuk merendam kuku yang terdapat hangnail selama 5 – 10 menit. Kemudian angkatlah sambil memijat lembut kuku, setelah itu bersihkan kuku dengan kain.
Picture: huffingtonpost.com
5. Madu
Pelembab kulit alami seperti madu, juga menjadi bahan yang efektif dalam mengatasi bintil kuku. Madu memiliki kemampuan cukup beragam bagi kulit tubuh. Pada saat kulit di dekat kuku telah terselip bintil kuku yang bertekstur keras dan tajam, madu mampu melunakkannya. Sehingga keberadaan bintil kuku mampu diangkat lebih mudah, serta memperkecil kemungkinan terjadinya infeksi berkepanjangan.

Oleh sebab itu, Anda dapat mengoleskan madu di sekitar area kulit kuku secara merata, kemudian diamkan selama 3 samai 4 jam agar kelenturan kulit kuku serta kelembabannya terjaga dengan baik, Selanjutnya bersihkan kuku anda. Terapkan cara ini selama beberapa kali sampai bintil kuku melunak dan mudah dihilangkan.

6. Minyak Vitamin E
Minyak Vitamin E merupakan bahan alami yang mampu mengusir bintil kuku dengan mudah dan aman. Karena kemampuannya melembutkan dan melembabkan pada sekitar area kuku. Tak sebatas menyehatkannya saja, namun bintil kuku juga lebih mudah dihilangkan secara alami.

Cara pencegahan bintil kuku bisa anda terapkan dengan mengoleskan setetes minyak Vitamin E sebelum tidur selama beberapa hari sekali. Diamkan sampai semua unsur minyak Vitamin E terserap ke dalam kulit secara menyeluruh. Namun jika ingin mendapatkan hasil lebih cepat dalam mengatasi hangnail, maka padukan minyak Vitamin E dan minyak zaitun secara bersamaan.

Buatlah ramuan tersebut untuk dioleskan pada kulit kuku yang terkena hangnail, diamkan semalaman, barulah membersihkan pada pagi harinya.

7. Yoghurt
Kandungan Probiotik pada yoghurt, juga diyakini merupakan Anti-inflamasi cukup ampuh untuk mengusir rasa sakit yang diakibatkan bintil kuku. Selain itu, tingkat kelembaban kulit akan lebih baik jika menggunakan yoghurt sebagai bahan perawatan kulit kuku. 

Cara Menggunakannya : Oleskan yoghurt ke bagian kulit kuku secara merata, diamkan selama beberapa jam, barulah membilas dengan air sampai bersih. Jangan lupa untuk menerapkan cara ini secara rutin dan berkala.

8. Tanah Liat Putih
Sungguh tidak terbatas jumlah bahan alam yang tersedia dan diambil kegunaannya demi memenuhi kebutuhan manusia. Termasuk dapat dimanfaatkan untuk merawat kesehatan kulit kuku bermasalah. 

Tanah liat putih, apa yang anda pikirkan tentang bahan alami satu ini…?, Tanah liat putih ditemukan dalam bentuk sekunder. Bahan alami ini juga kerap disebut Fire Clays atau tanah liat tahan api.  Kerap kali tanah liat putih digunakan sebagai bahan pembuatan kosmetik.
Sehingga tidak salah keberadaannya dalam mengatasi bintil kuku yang menyakitkan. Bahan alami ini mampu membuat hangnail mengelupas dengan sendirinya, namun penggunaannya harus dibarengi prosedur yang tepat agar tak sampai menimbulkan efek negatif bagi kesehatan kulit kuku.

Bagaimana Cara Mengolah Tanah Liat Putih yang Tepat..?

1. Masukkan satu sendok teh tanah liat putih ke dalam mangkuk
2. Campurkan minyak zaitun ke dalamnya dan beberapa tetes minyak Lavender.
3. Aduk bahan sampai menjadi pasta 

Oleskan pasta tersebut pada bagian kulit kuku yang terdapat hangnail. Sambil memijat lembut balurkan pasta hingga merata. Biarkan sampai 20 menit kemudian baru mencucinya dengan air hingga bersih. Lakukan cara tersebut selama 2 kali dalam seminggu sampai bintil kuku / hangnail dapat disingkirkan secara menyeluruh.