Trik Pasang Lampu Selang Agar Hasilkan Efek “ Glow ’’ Pada Rumah

( Gambar: freshome )
Lampu kabel, lampu pipa, lampu selang maupun sejenisnya, merupakan bagian lampu hias yang banyak ditemukan di berbagai jenis bangunan seperti cafe, toko, warung makan, restoran, bahkan warung kopi sekalipun. Namun terkadang orang masih khawatir / enggan untuk memasang lampu ini guna menghiasi rumah. Mengapa bisa begitu ?, karena khawatir tampilan rumah bisa dianggap seperti warung atau toko.

Tapi kini tidak lagi,  lampu selang ternyata bisa menjadi  hiasan unik di rumah anda. Sehingga membuat pemandangan tempat tinggal jadi lebih menarik dan terlihat apik. Itu pun dibutuhkan sedikit kreativitas dalam menjadikan hiasan dapat dipadukan, sehingga menjadi lampu penghias rumah secara sempurna. 

Tak perlu cemas, ada teknik mudah agar lampu selang ini bisa tampil bagus di sekitar area rumah. Oleh karenanya, pastikan anda sudah mempelajari semua langkah-langkahnya secara gamblang : 

1. Tentukan bagian rumah yang ingin ditempatkan lampu
Kalau lampu selang dibuat untuk hiasan rumah, tentu peletakannya tidak harus sama seperti hiasan lampu yang kita temui di tempat lain, misalnya rumah makan maupun cafe. Sebagai opsi, mungkin bisa meletakkannya di dinding, baik dinding bagian dalam atau luar ruangan. Selain itu bisa meletakkannya di bagian dinding bawah langit-langit / plafon rumah. 

Dalam memilih tempat pemasangan lampu selang dapat didasarkan dengan intensitas cahaya. Karena kalau cahaya ruangan terlalu terang, efek  lampu selang bisa semakin berkurang. Oleh karena itu, jika ruangan sudah mempunyai pencahayaan cukup terang, maka tidak disarankan mendekor rumah menggunakan lampu kabel ini. Namun anda bisa menaruhnya di luar ruangan.

Pemilihan tempat memasang lampu selang harus tepat. Apakah bagian ruangan itu nanti menjadi pusat perhatian atau sebaliknya?, Semisal : tempat berkumpul bersama keluarga, tetangga / teman kerja, maka dinding luar ruangan harusnya menjadi tempat yang paling memungkinkan bukan…?. Pastikan tidak jauh dari sumber listrik terdekat, karena lampu selang memerlukan energi listrik sebagai daya utama.

2. Siapkan Alat dan Bahan yang diperlukan
Agar memberi efek Glow lebih maksimal, pilihlah lampu kabel berwarna tunggal.  Lampu selang warna tunggal juga lebih memberikan kesan hangat dan natural untuk rumah anda, dibandingkan menggunakan lampu kabel warna-warni.  Panjang lampu kabel bisa disesuaikan melalui luas / panjang bidang di mana lampu itu dipasang. Selanjutnya, sediakan alat / bahan pendukungnya :

a. Paku, martil & balok kayu ( panjang kisaran 10-15 cm )
Ukuran panjang paku disesuaikan ketebalan balok kayu yang digunakan. Disarankan tidak menggunakan balok kayu berukuran terlalu tebal. Mengapa..?, karena nantinya akan menyebabkan renggang terlalu lebar antara dinding dan satir penghias lampu kabel. 

b. Holder ( penahan kabel )
Sebenarnya bisa saja menggunakan tape perekat, tapi Holder standar lebih direkomendasikan. Penahan kabel ini memang diperuntukkan guna memastikan lampu kabel agar menempel secara sempurna pada permukaan dinding.

c. Papan kayu
Papan kayu menjadi sentuhan akhir, sehingga sangat dibutuhkan demi menjadikan lampu selang tampak berbeda dengan lampu selang pada tempat biasanya. Sebaiknya papan dihaluskan pada bagian permukaannya, karena akan menjadi tampilan terakhir yang cenderung terlihat. Memberikan sedikit lukisan atau menggambar pola tertentu bisa jadi menambah apiknya hiasan lampu selang tersebut.  ( Lihat Gambar )
Gambar: freshome

Tapi, kalau anda memasang lampu itu pada bagian bawah langit-langit / plafon rumah, maka                               papan kayu bisa diganti hiasan seperti hiasan di sudut langit-langit  plafon. Maka sekarang anda bisa memberikan sedikit celah untuk diletakkan lampu hias pada bagian tersebut, hingga mampu membiaskan cahaya yang memesona, yaitu efek Glow.

3. Sekarang, coba simak proses instalasinya

Untuk membedakan cara memasang lampu selang / kabel pada permukaan dinding dan untuk langit-langit ( plafon rumah ), Perhatikan langkah – langkahnya :

- Memasang Lampu Selang agar memberi efek Glow pada dinding rumah
 
Gambar: freshome
 
Gambar: freshome
 
Gambar: freshome

Aturlah sketsa atau ilustrasikan bagian dinding yang akan dihiasi. Itu semua bertujuan agar arah serta alur lampu kabel yang akan terpasang lebih mudah ditentukan. Jika sudah, mulai rekatkan dengan cara memasangkan Holder pada bagian lampu kabel agar terpasang sempurna. Usahakan penahan kabel mampu merekat dengan baik.

Selanjutnya letakkan balok kayu berukuran 10-15 cm tadi di sela-sela kabel. Balok kayu dipasang berfungsi sebagai penahan / dudukan papan penutup, yang akan meng-cover lampu kabel sehingga menghadirkan efek Glow.

Pastikan balok kayu tadi merekat kuat agar mampu menahan beban papan kayu yang akan dipasangkan. Lebih mudahnya, gunakan paku beserta martil untuk merekatkannya . Jangan memasang paku pada pinggiran balok, tapi tancapkanlah paku pada balok agar menempel kuat di dinding.

Jika Anda tidak suka menggunakan papan kayu bermotif, cukup memberi tambahan plitur pada permukaan papan kayu. Namun jika berminat memilih papan kayu berupa gambar motif tertentu, pastikan motif dibuat setelah memasangnya secara sempurna.

Cara memasangnya dilakukan dengan teknik selang seling. Gambaran sempurnanya sama persis ketika Anda memasang tumpukan bata saat membangun rumah atau tembok. Selain untuk menguatkan papan, demikian itu secara tidak langsung akan menimbulkan  tampilan gaya tersendiri.

Usahakan  lampu selang / lampu kabel itu ditutup oleh papan kayu sampai tak tampak lagi dari luar. Pastikan sumber energi listrik telah terpasang dan lampu siap dinyalakan.

- Cara pasang lampu selang agar menimbulkan efek Glow untuk langit-langit / plafon rumah
Gambar: ronhazelton
Untuk menciptakan efek Glow pada langit-langit / plafon, caranya :  Hanya sedikit renggangkan hiasan pada bagian pojok plafon yang terpasang. Kemudian letakkan lampu selang mengelilingi plafon. Usahakan ketika memasang lampu tidak  tampak saat dilihat dari bawah.
Gambar: ronhazelton
Memilih lampu selang LED berwarna kontras akan memberikan efek Glow lebih jelas, dibanding warna selaras dengan langit-langit rumah. Utamakan keselamatan anda saat memasang lampu selang tersebut. Selamat berkreasi..!
Ditulis Oleh : Arbamedia.com  /  Herry. W
Referensi : ronhazelton.com, freshome.com

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel