Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Praktis Bersihkan Noda Lantai Keramik yang Membandel

(Gambar: craison)
Keramik kerap diterapkan pada bangunan modern. Dipilih sebagai salah satu material untuk melapisi beberapa permukaan rumah, semisal lantai, dinding, maupun ruang dapur. Alasan utama mengapa keramik banyak diminati karena selain mudah dibersihkan, terdapatnya varian pola keramik cukup membuatnya multifungsi. Contohnya pola keramik khusus untuk ruangan, teras, kamar mandi dan lainnya. 
 
Namun jika terdapat kotoran yang menempel di lantai, maka untuk mengangkat kotoran / noda tersebut dibutuhkan cara tersendiri, agar lebih cepat dibersihkan. 
 
Jangan panik, demi memudahkan Anda dalam merawatnya sekaligus membersihkan permukaan lantai keramik, gunakan saja bahan alami sebagai pembersihnya.
 
1. Air lemon & cuka
Air lemon dan cuka merupakan salah satu bahan yang sering kali kita jumpai di rumah. Selain fungsinya sebagai bumbu masakan, ternyata campuran dua bahan ini cukup ampuh digunakan sebagai bahan pembersih lantai.  Caranya :
 
a. Campurkan cuka beserta air lemon ke dalam air hangat
b. Masukkan campuran tadi dalam botol semprot
c. Semprotkan secara merata ke permukaan lantai
d. Gosoklah lantai keramik menggunakan kain biasa / kain pel
e. Lihat hasilnya 
 
Bilaslah kain pel sesekali jika diperlukan. Karena kain pel yang kotor justru akan meninggalkan noda kusam pada permukaan keramik, terlebih jika keramik berwarna cerah / putih.
 
2. Baking soda & air
Campuran baking soda dan air bisa menjadi solusi jika terdapat noda membandel, layaknya noda minyak maupun tinta yang membekas pada permukaan lantai keramik. Untuk membersihkan noda membandel tersebut, begini caranya :
 
a. Masukkan baking soda bersama air ke dalam botol semprot
b. Pastikan baking soda sudah tercampur rata
c. Semprotkan campuran tadi pada bagian lantai keramik bernoda
d. Diamkan selama beberapa saat
e. Lalu gosoklah menggunakan sikat cuci
f. Lihat hasilnya
 
Tidak disarankan menggosok lantai keramik menggunakan benda keras. Karena bisa saja benda keras itu akan meninggalkan goresan permukaan lantai keramik, sehingga berakibat keramik terlihat usang.
 
3. Air panas & deterjen
Kalau lantai keramik hanya dipenuhi bekas noda minuman seperti kopi maupun teh, maka cobalah menggunakan air panas dicampur dengan deterjen sebagai pembersih lantai. Yaitu cukup mengelap lantai dengan kain yang dicelupkan bahan campuran tadi. Tentunya cara ini dapat membantu membersihkan noda lantai tersebut.
 
4. Baking soda & cuka
Jika ingin membersihkan lantai keramik kamar mandi, sebaiknya manfaatkan campuran baking soda, cuka dan air. Padukan semua bahan ke dalam botol, lalu semprotkan saja ke bagian lantai yang kotor. Perpaduan bahan alami itu terbukti guna melepaskan noda - noda melekat pada permukaan keramik kamar mandi.
  
- Membersihkan keramik di ruang dapur
Gambar: builddirect
Khusus jenis keramik untuk dapur  /  ruangan dapur, mungkin noda menempel lebih banyak bukan..?, terlebih noda lama yang telah melekat. Sehingga dibutuhkan solusi tepat untuk membersihkannya. Sediakanlah :
 
a. 2 cangkir baking soda
b. ½ cangkir sabun cair
c. ½ cangkir air
d. 2 sendok makan cuka
 
Campurkan semua bahan, kemudian masukkan ke dalam wadah / botol. Gunakanlah untuk bahan pembersih dapur rumah sehari-hari.
 
Untuk alternatif lain, pastinya Anda bisa membeli produk-produk pembersih keramik yang banyak dijual di pasaran. Namun tak ada salahnya untuk mencoba membersihkan lantai keramik berasal dari racikan sendiri. Dengan begitu, ruangan keramik akan lebih bersih dan mengkilat.
Ditulis Oleh : Arbamedia.com  / Herry. W
Referensi : cleanipedia.com, diynetwork.com