Cara yang Benar Membersihkan Barang Berbahan Kulit

(Gambar: pakfootwear)
Kebanyakan kita mungkin memiliki beberapa benda, perabot, maupun aksesoris berbahan kulit, yang terkadang membutuhkan treatment khusus dalam merawatnya. Itu semua bertujuan agar dapat digunakan lebih lama / awet demi menghemat pengeluaran, bahkan menjaga benda kesayangan agar terhindar dari hal yang tidak diinginkan. 

Terdapat beberapa barang di sekitar kita seperti jaket, tas, sepatu, atau bahkan jok mobil mungkin sebagian memiliki bahan dasar kulit. Kesan mewah serta kenyamanan yang ditawarkan, terkadang membawa polemik tersendiri ketika harus merawat barang berbahan kulit agar tetap memukau.

Jangan cemas, karena ada teknik tersendiri bagaimana cara tepat untuk membersihkan barang – barang kulit tersebut dari kotoran, simak beberapa poin berikut ini:

1. Tas Kulit
Gambar: manleyfashion
Bagi kaum hawa, menenteng tas kulit saat bepergian seolah sudah menjadi kebiasaan favorit. Apalagi jika koleksi tas kulit berjumlah banyak, biasanya mereka memiliki beberapa tas kesayangan paling disukai. Lalu bagaimana agar tas kesayangan itu lebih awet, sehingga mampu menemani hari-hari Anda lebih lama..? lakukan perawatan berikut ini:

a. Membersihkan tas minimal sekali dalam seminggu
Merawat tas tidak berarti harus melakukan over protektif. Perawatan seminggu sekali menggunakan campuran air hangat ditambah sabun cair, cukup efektif dalam menjaga tas kulit agar terlihat lebih awet dan menarik.

b. Perhatikan permukaan tas kulit
Hal ini mungkin harus diperhatikan, karena permukaan kulit pada tas merupakan bagian sangat sensitif dan mudah sekali rusak. Maka, saat membersihkan barang favorit ini, lakukan dengan perlahan sehingga permukaan kulit tas tidak sampai rusak.

c. Bersihkan seketika untuk noda membandel
Ketika Anda mendapati noda sulit hilang seperti tinta misalnya, segera bersihkan menggunakan tisu atau kain. Karena ketika noda tinta sudah mengering akan lebih sulit untuk dibersihkan.

d. Hindari menenteng tas dengan lengan
Terutama saat Anda menggunakan sejenis body lotion. Di mana unsur kimiawi pada body lotion, bisa membuat telinga tas mengalami kerusakan sehingga terlihat usang.

2. Sepatu Kulit
Gambar: principlesystems
a. Cuci tali sepatu
Jika sepatu kulit memiliki tali, maka cara membersihkannya yakni melepaskan tali itu, kemudian cuci dengan sabun serta menyikatnya. Kalau ingin membersihkan tali sepatu kulit menggunakan mesin cuci, cukup gunakanlah mesin cuci tanpa perlu disikat.

b. Gunakan kain lembut
Tidak disarankan menggunakan kain kasar ketika membersihkan bagian permukaan sepatu. Gunakan kain benar – benar halus, sehingga tidak sampai merusak permukaan sepatu kulit. Pastikan tidak menggosoknya terlalu keras, karena bisa merusak permukaan sepatu tersebut.

c. Tambahkan sabun
Kalau hendak menggunakan sabun, pastikan tidak menyikat sepatu atau memasukannya ke dalam mesin cuci. Pakai saja kain lap, kemudian rendam kain dalam campuran air hangat dan sabun cair untuk membersihkan sepatu. Jika sudah, gunakan kain kering guna membersihkan sisa sabun yang melekat.

d. Gunakan lemon jika diperlukan
Terlebih jika terdapat noda membandel yang sulit dihilangkan. Cobalah memanfaatkan campuran odol / pasta gigi & air lemon. Usapkan pada noda membandel, diamkan selama 30 menit lalu bersihkan dengan kain. Jika masih belum hilang, cukup lapisi sepatu kulit menggunakan semir berwarna sama dengan sepatu, sehingga noda tak terlihat lagi.

3. Jaket Kulit
Gambar: heavy
a. Pasta gigi
Membersihkan jaket berbahan kulit, usahakan tidak mencucinya dengan detergen. Gunakan pasta gigi (bukan berbentuk gel), lalu oleskan pada bagian bernoda. Gosok secara lembut menggunakan jari anda. Jika noda telah hilang, bersihkan sisa pasta gigi tadi dengan kain halus.

b. Pembersih kuku
Alternatif lain guna membersihkan barang berbahan kulit ini, yaitu menggunakan pembersih kuku. Demikian itu dapat digunakan kalau jaket terkena noda yang sulit dibersihkan, semacam tinta atau sejenisnya. Jangan menuangkan cairan secara langsung ke jaket. Manfaatkan kain, lalu celupkan salah satu ujungnya ke dalam cairan pembersih kuku. Gosokkan kain tadi pada daerah jaket yang kotor secara perlahan, sampai noda benar – benar hilang.

4. Jok Mobil Berbahan Kulit
Gambar: designpaulchampagne
Dalam membersihkan jok mobil yang kotor, maka penerapan serta penggunaan bahan sama seperti saat membersihkan jaket kulit. Ingat, lakukan semua langkah tersebut penuh hati – hati, karena barang berbahan kulit cukup rentan mengalami kerusakan. Semoga bermanfaat.
Ditulis Oleh :  Arbamedia.com  / Herry. W 
Referensi :  cosmopolitan.com, diynetwork.com

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel