5 Bangunan Bambu Termewah di Belahan Dunia

(Gambar: momtastic)
Biasanya Anda kerap menemukan bambu sebagai material dari sebuah bangunan di Negeri ini. Semisal bambu untuk pembuatan pos kamling / pos ronda, warung lesehan, bahkan kandang hewan ternak. Bambu di Indonesia bukan lagi merupakan hal asing, karena menjadi saksi bisu dari perjuangan para pahlawan selama ratusan tahun silam dalam mencapai kemerdekaan.

Tapi di era modern ini bambu mulai meningkatkan derajatnya, sehingga bukan hanya sekadar tanaman biasa saja. Tapi mereka dapat diolah menjadi hiasan sebuah material, bahkan jadi bahan baku utama sebuah konstruksi bangunan. 

Sebagai bukti, beberapa negara telah berhasil mengkreasikannya menjadi sebuah arsitektur yang menawan dan juga penuh seni. Lebih gamblangnya, mari kita simak contoh negara – negara yang menggunakan bambu sebagai konstruksi bangunan tersebut.

1. Vietnam
Gambar: momtastic
Terdapat sebuah kafe terkenal dengan nama “ Water and Wind Cafe ” di wilayah Binh Duong, Vietnam. Konstruksi bangunan ini diarsiteki oleh Vo Trong Nghia. Ia menciptakan bangunan di tengah danau, dengan beberapa tatanan batu yang berfungsi menjadi jalan penghubungnya.
Konstruksi kayu yang dibuat sebagai bahan utamanya, berasal dari bambu didesain melingkar dengan ukuran diameter 15 m dan tinggi mencapai 10 m.  Kerangka utamanya terbuat dari 48 unit prefabrikasi, kemudian terdiri dari beberapa batang bambu  diikat menjadi satu.

Bangunan bambu itu benar – benar mengkiaskan suasana kolaborasi tradisional & modern, ditambah  keunikan serta kemewahan yang menyertainya. 
Gambar: archdaily
Tidak hanya itu, di Vietnam dengan arsitek yang sama, terdapat sebuah konstruksi bangunan bambu dikenal dengan sebutan “ Bird Wing ”. Alih – alih menggunakan beton, baja maupun bahan industri lainnya, sang desainer justru mempercayakan bambu sebagai unsur utama dari kerangka bangunan ini. Satu hal yang menarik, struktur bangunan benar – benar hanya menggunakan bambu dan tali, tanpa sedikit pun menggunakan bahan metal maupun kayu. 

2. Australia
Gambar: momtastic
Tak cukup berpuas diri, sang arsitek Vo Trong melanjutkan kreasinya di negeri Kanguru, Australia. Mengusung tema “ The Green Steel of the 21st Century ”, ia membuat konstruksi bangunan berbahan baku bambu, untuk menjadi sebuah tempat teduh yang menyegarkan mata, indah serta penuh artistik. Tak sekadar menyalurkan hobi dan unjuk gigi, Vo Trong Nghia ternyata ingin menunjukkan betapa rangkaian bambu bisa memiliki kekuatan menopang, sehingga tidak kalah kuat layaknya baja. 

Sebelum dibawa menuju negara seukuran benua ini, sebelumnya rangkaian bambu dirakit di Vietnam, di mana bambu begitu mudah didapatkan dengan harga relatif ekonomis. Proses pembuatan strukturnya memakan waktu tak kurang dari 3 bulan.

3. China
Gambar: momtastic
Beralih ke negeri bambu itu sendiri, China. Terdapat sebuah contoh rumah bambu dengan panel surya, berfungsi sebagai sumber energi listrik dengan memanfaatkan cahaya matahari. Bangunan rumah bambu ini awalnya dirancang oleh tim dari Tongji University, sebagai proyek dalam event European Solar Decathlon di Madrid. Bambu dipilih menjadi bahan baku utama dengan alasan mudah diperbarui. Alhasil tidak hanya mudah diperbarui saja, nyatanya bangunan dari bambu itu malah meminimalisir emisi karbondioksida. 

4. Kosta Rika
Gambar: momtastic
Melangkah jauh ke belahan dunia barat, Kosta Rika. Masih terkait dengan contoh konsep rumah bambu. Seorang arsitek bernama Benjamin Garcia Saxe, merancang sebuah rumah bambu didesain khusus, guna memungkinkan udara segar terus mengalir. Sehingga mampu menyegarkan seisi rumah, serta tetap mampu menjalankan fungsi utamanya sebagai tempat berteduh. Dalam merancang rumah bambu yang dikhususkan untuk ibunya, ia nyaris menjadikan bambu sebagai satu – satunya bahan baku utamanya. Karena dinding, pintu, atap sampai langit – langit rumah itu terbuat dari bambu, kecuali pada bagian lantai. 

5. Indonesia
Gambar: momtastic
Setelah berkeliling dunia, kini saatnya menengok contoh bangunan bambu dengan wawasan dari bumi pertiwi. Sebuah restoran berada di Jakarta, ternyata memiliki arsitek bangunan yang mampu mengundang decak kagum bagi pengunjungnya. Dengan sebuah konstruksi payung raksasa yang saling bertumpuk, tapi hanya menggunakan bahan dasar bambu. Tidak hanya sebatas pemanis untuk memikat daya tarik khalayak. Keberadaan konstruksi bangunan bambu benar – benar membuat siapa pun yang berada di bawahnya terlindungi dari terik matahari, angin maupun hujan.
 
Gambar: momtastic
Tidak hanya ibu kota Jakarta, di pulau dewata pun terdapat sebuah bangunan bertajukkan Green School, merupakan sekolah berbahan bambu cukup luar biasa. Nyaris tak seperti kelas – kelas pada umumnya. Alih – alih membuat kelas berbahan semen, besi dan batu bata, rupanya sekolah ini lebih indah dari restoran berbintang, konsepnya sungguh sempurna.

Ingin mencoba mengkreasikan ide lain dari bambu..? Semoga bacaan tersebut cukup untuk menjadi inspirasi Anda.
Ditulis Oleh : Arbamedia.com  /  Herry. W
Referensi : dezeen.com, webecoist.momtastic.com

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel