Khasiat Ajaib Makan 2 Buah Pisang Sehari Selama Sebulan

(Gambar: caloriesecrets)
Pisang termasuk buah cukup terjangkau harganya. Sementara jika kita mengonsumsinya secara teratur, dapat membuahkan efek mengagumkan untuk kesehatan tubuh. Tak usah makan pisang dalam jumlah banyak, cukup dua buah pisang saja. Karena menurut rekomendasi USDA ( US Food and Drug Administration ) menyarankan, setidaknya orang dewasa bisa mengonsumsi pisang 1 setengah sampai 2 buah pisang sehari jika ingin mendapatkan manfaat potensial dari buah tersebut. 

Untuk mencari buah pisang di Nusantara juga tidaklah sulit. Karena hampir setiap hari pisang dapat ditemukan di pasaran. Kalau dibandingkan dengan buah apel, kandungan fosfor pisang bisa mencapai 3 kali lipat, mengandung lebih banyak zat besi, vitamin A, protein, serta mineral. Semua kandungan itu mampu menawarkan manfaat kesehatan, serta menangkal berbagai gangguan dalam tubuh.

Senada dengan penjelasan para ahli medis, menunjukkan bahwa makan dua buah pisang sehari secara rutin, sebanding dengan latihan berat selama 90 menit. Oleh karenanya, pisang memang menjadi buah favorit bagi para Atlet guna menunjang kebugaran tubuh mereka. 

Lantas, apa saja manfaat makan 2 buah pisang sehari selama sebulan..?

1. Meningkatkan Fungsi Otak
Setiap hari sistem otak bekerja guna menunjang aktivitas yang dilakukan tubuh. Namun otak juga sangat membutuhkan nutrisi penting agar bisa berjalan secara maksimal, kemudian terhindar dari berbagai masalah. Untuk menunjang kemampuan otak, maka cobalah makan pisang secara rutin.

Hasil penelitian yang diujikan pada 200 siswa di sekolah Twickenham, Inggris, membuktikan adanya perkembangan cukup baik terhadap kemampuan belajar siswa. Sehingga meningkatkan kemampuan mereka menyelesaikan tugas setelah diberikan konsumsi harian pisang secara teratur.

2. Menanggulangi Depresi
Kandungan Tryptophan pada pisang, termasuk jenis protein yang berfungsi menenangkan suasana hati. Tryptophan ini nantinya akan diserap oleh tubuh menjadi Serotonin, sehingga membantu mengurangi tingginya tingkat depresi yang dialami seseorang. Jadi, kalau ingin kondisi emosional lebih mudah dikendalikan, jadikanlah pisang sebagai menu harian Anda.

3. Menurunkan Tekanan Darah & Menyehatkan Jantung
Apakah pisang mampu menurunkan tekanan darah tinggi…? Menurut USDA memberikan konfirmasi secara resmi, bahwa kemampuan buah pisang dapat menurunkan tekanan darah dan mengurangi risiko tubuh terkena stroke. Hal itu juga tak jauh beda dengan hasil studi berasal dari Kasturba Medical College, yaitu makan pisang setiap hari dalam seminggu, efeknya mampu menurunkan tekanan darah hingga 10 %. Bukti efisiensi ini ditemukan karena pisang mengandung cukup potasium, guna menyeimbangkan tekanan darah dan meningkatkan kesehatan jantung.

4. Mengatasi Perut Mulas / Sakit Perut
Umumnya jika perut terasa mulas bisa disebabkan oleh tingkat keasaman perut cenderung tinggi. Sementara makan buah pisang dapat menyeimbangkan tingkat keasaman itu, karena memiliki sifat Antasid guna membantu mencegah Asam Refluks pada lambung. Sehingga meringankan rasa sakit ketika perut Anda terasa mulas.

5. Mencegah Anemia
Anemia dapat dicegah dengan makan pisang, karena memiliki zat besi yang dapat menstimulasi produksi hemoglobin dalam darah. Ketika jumlah produksi hemoglobin itu dapat distabilkan, maka risiko tubuh terkena anemia dapat diminimalisir.

Makan buah pisang juga memiliki banyak manfaat lain. Seperti menghindarkan tubuh dari berbagai penyakit kronis, karena pisang banyak mengandung karotenoid. Selain itu membantu mengatasi sembelit, meningkatkan daya imunitas, mengatur suhu tubuh serta bagus untuk menunjang program diet.

Jika menginginkan efek maksimal, sebaiknya makanlah 2 buah pisang per hari selama sebulan. Namun jika Anda enggan mengonsumsinya secara langsung, dapat diolah menjadi minuman segar layaknya jus, smoothie maupun bentuk minuman lainnya.
Ditulis Oleh : Arbamedia.com / Rah. W
Referensi : healthyfoodhouse.com, staynaturallyhealthy.com, newhealthadvisor.com

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel