Mammoth, Hewan Punah yang Siap Dihidupkan Kembali

(Gambar : Dailymail)
Mungkin sudah banyak dari kita yang mengenal atau setidaknya mendengar hewan bernama Mammoth. Sekarang ini, Mammoth dikenal sebagai tokoh animasi utama dalam film ICE AGE. Tapi Berdasarkan fakta sejarah, mereka termasuk hewan purba yang  punah dan hidup di masa Pleistosen sejak 1.6 juta tahun silam. Pastinya tak ada dari kita yang pernah hidup pada masa itu bukan…?

Makhluk terkenal dengan ukuran badan melebihi gajah, disertai gading melingkar dan berbulu tebal ini, telah terbukti dalam ranah ilmiah. Hasil studi dilakukan oleh peneliti Pennsylvania State University, menyatakan bahwa Mammoth termasuk salah satu makhluk hidup yang terakhir punah. Dalam studi tersebut menemukan sebuah fakta, bahwa Mammoth dinyatakan punah sekitar 5.600 tahun lalu, sebab kurangnya ketersediaan air segar serta perubahan kondisi lingkungan kala itu.

Lantas, bagaimana para ilmuwan mengembalikan makhluk yang telah punah ini dari alam kuburnya..? 

1. Membentuk Padang Rumput
Di Pleistocene Park, area seluas 50 hektar berada di pedalaman Arktik Siberia, sedang dikembangkan sebuah rencana untuk kembali melestarikan hewan yang pernah punah ini. Tidak hanya menghidupkan kembali hewan Mammoth, tapi proyek ini akan mencoba membangun kembali wilayah padang rumput beserta seluruh ekosistemnya. Demikian bertujuan mengurangi daya serap terhadap panas untuk mencegah mencairnya Permafrost Siberia.

Permafrost dikenal sebagai wilayah berada pada titik beku serta sangat krusial. Karena  dampaknya mampu memengaruhi iklim global, atau lebih dikenal sebagai “bom waktu”. Bagaimana bisa begitu ?, Jika bumi mulai berada dalam suhu panas sehingga menyebabkan tanah beku mulai mencair, maka karbondioksida beserta metana berjumlah besar dari Permafrost itu dapat mengancam ekosistem di bumi.
Gambar: news.wisc.edu
2. Menanam Kembali Tumbuhan
Apakah mega proyek ini merupakah satu-satunya usaha untuk menjaga tanah beku tersebut tidak mencair?, Tentu saja  tidak. Selama bertahun-tahun usaha penanaman pohon kembali, telah dilakukan di area tersebut dengan menggunakan berbagai bantuan alat modern. Namun, penebangan kerap kali menjadi masalah yang dihadapi. Dalam hal ini pengembangbiakan ratusan atau bahkan ribuan Mammoth, nantinya akan dimaksudkan untuk membantu menjaga wilayah yang ditanami pepohonan tersebut.

3. Merekayasa Gen
Gambar: Dailymail
Para ilmuwan saat ini sedang mencoba menemukan sebuah cara untuk merekayasa gen-gen dari gajah Asia. Dengan harapan, seleksi alam nantinya akan menyaring serta menghasilkan Mammoth jika gen tersebut berhasil dipadukan.

Mereka bekerjasama dengan Harvard Woolly Mammoth Revival and Revival & Restore, guna merumuskan tiga langkah utama dalam menghidupkan kembali hewan punah. Sehingga dari situ menjadikan gajah purba dapat diselamatkan kembali dari kepunahan. Berikut langkah-langkah yang direncanakan oleh para ilmuwan :

- Membentuk sirkulasi oksigen dalam darah pada suhu rendah
- Pembuatan jaringan lemak bawah kulit
- Penumbuhan bulu-bulu tebal

Tentunya kamu penasaran ingin melihat lagi hewan langka atau bahkan pernah punah ini kembali hidup di bumi. 

Satu pertanyaan terlintas, akankah kita atau anak cucu kita nantinya bisa bertemu dengan kawanan Jurassic Park..?
Ditulis Oleh : Arbamedia.com  / Herry. W
Referensi : dailymail.co.uk, eviverestore.org, news.wisc.edu

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel