Jangan Buang Kulit Bawang, Manfaatnya Luar Biasa

(Gambar: positivemed)
Kulit bawang kerap dibuang karena dirasa tidak dibutuhkan. Baik bawang merah maupun bawang putih, kulit keduanya memang terlihat kering, seakan – akan tak dapat dimakan. Sehingga sebagian besar orang cenderung membuangnya ke tempat sampah. Jangan salah, sebenarnya bukan hanya daging bawangnya saja yang bisa digunakan bumbu penyedap masakan, memenuhi asupan gizi dan nutrisi, serta obat alami ragam penyakit. Bagian kulitnya juga tidak kalah mujarab kalau Anda berkenan mengolahnya. 
 
Menurut mantan pimpinan The Food and Health Forum at the Royal Society of Medicine, bernama Dr Marilyn Glenville, menjelaskan mengenai adanya keuntungan kulit bawang putih yang sering diabaikan. Padahal secara tak sengaja mengandung senyawa alami penting untuk kesehatan tubuh. Selaras dengan hasil penelitian di Jepang, bahwa kulit bawang putih terbukti mengandung sebanyak enam senyawa alami bagi kesehatan tubuh.
 
Manfaat kulit bawang merah juga tidak jauh berbeda. Dibandingkan daging buahnya, keberadaan kulitnya diperkaya kandungan Quercetin lebih tinggi. Demikian itu merupakan Antioksidan kuat yang dikenal membantu permasalahan tubuh. Sebuah studi dalam Plant Foods for Human Nutrition menyebutkan, adanya warna kulit tampak merah kecokelatan pada bawang tak hanya menunjukkan tingginya jumlah Quercetin, tapi mereka juga memiliki sifat Anti-karsinogenik.
 
Lalu, apa  saja manfaat kulit bawang untuk kesehatan tubuh…?
 
1. Menjaga Kesehatan Jantung
Kulit bawang ternyata dapat berperan penting untuk melindungi organ Jantung. Seperti diungkapkan oleh Dr Marilyn, jika Anda mengupas kulit bawang putih, berarti sama saja menghilangkan Antioksidan berupa Phenylpropanoid. Padahal senyawa itu berguna untuk melindungi organ Jantung. 
 
Sedangkan kalau kulit bawang merah, juga diperkaya oleh senyawa Fenolik di dalamnya untuk mencegah terjadinya penyakit Jantung koroner. Jadi jika ingin menuai manfaatnya, cobalah untuk mencampurkan kulit bawang ke dalam masakan.
 
2. Sebagai Obat Anti Penuaan Dini
Terutama pada manfaat kulit bawang putih, Dr Marilyn menjelaskan bahwa Phenylpropanoid kulit bawang putih tidak sekadar menunjang kesehatan jantung. Melainkan mampu memberikan efek anti penuaan bagi tubuh. 
Gambar: asmartmouth
Munculnya penuaan dini bisa saja disebabkan oleh faktor konsumsi makanan tidak sehat, sehingga berdampak pada kesehatan kulit. Untuk mengatasi permasalahan tersebut, cobalah mengatur kembali pola makan, banyak minum air putih dan menerapkan gaya hidup sehat. Boleh – boleh saja sedikit menambahkan kulit bawang merah ke dalam makanan harian, guna melindungi kulit dari bahaya radikal bebas. 
 
3. Menurunkan Tekanan Darah Tinggi
Tekanan darah tinggi bisa juga dihindari dengan cara mengonsumsi kulit bawang merah. Berdasarkan keterangan Weight Loss Resources menunjukkan, kandungan Qurcetin tidak semata – mata menjadi pewarna alami / pigmen  kulit bawang merah saja. Mereka memiliki efek Anti-inflamasi serta membantu menurunkan tekanan darah.
 
4. Mencegah Penyakit Stroke
Jumlah Quercetin dalam kulit bawang merah juga dapat mencegah munculnya plak di arteri. Kalau sampai plak di arteri tubuh terus menumpuk, pastinya dapat menimbulkan penyakit stroke bukan…?. Oleh karenanya ketika kulit bawang merah dikonsumsi secara rutin, maka mampu meminimalisir penumpukan plak satu ini. Sebaiknya kulit bawang merah bisa dimasukkan ke dalam sup, atau mencampurkannya pada masakan tertentu sebelum disajikan. 
 
5. Membantu Program Diet
Kulit bawang merah maupun putih, keduanya sama sama bagus untuk diet. Kandungan tinggi serat kulit bawang, mampu membantu melancarkan penurunan berat badan. Hasil studi dalam Plant Foods for Human Nutrition menjelaskan, bahwa kulit bawang memiliki banyak kandungan serat tidak larut. Baik jenis serat larut atau tidak, semuanya mampu dicerna oleh tubuh. Bedanya, serat larut cenderung menghilangkan limbah usus besar, kemudian menjaga pH usus agar tetap normal. Sedangkan serat tak larut berguna menjaga kondisi tubuh secara reguler, serta mengoptimalkan gerakan usus.
 
Gemar mengonsumsi kulit bawang juga akan memberikan manfaat lain, yaitu mengurangi risiko penyakit kanker usus, diabetes tipe 2, masalah pencernaan, meningkatkan sistem kekebalan tubuh, maupun menurunkan jumlah  kolesterol jahat dalam tubuh. Sementara kulit dari bumbu dapur ini dapat diolah menjadi minuman segar, layaknya teh untuk menemani waktu luang Anda.
Ditulis Oleh : Arbamedia.com  / Ar. M
Referensi : raisingnaturalkids.com, positivemed.com, dailymail.co.uk, sciencedaily.com


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel